60 Cara Memulai Bisnis Online

Siapa yang tidak tergiur untuk membuka wirausaha? Terlebih lagi, di zaman sekarang ini rasanya semakin sulit mendapatkan pekerjaan. Sudah melamar kerja sana sini, panggilan kerja pun tak kunjung datang. Bagi yang memiliki modal, mereka bisa saja langsung membuka bisnis. Bagaimana dengan yang belum memiliki modal?

Wirausaha tidak melulu membutuhkan modal banyak, terkadang ilmu yang kita pelajari, hobi, dan dari barang yang kita miliki sekarang pun bisa menjadi modal. Dengan membuka usaha sendiri, selain kamu mendapat keuntungan, bisa saja kamu akan membuka peluang pekerjaan bagi yang membutuhkan.

Selain itu, kamu tidak perlu merasa under pressure karena diri kamu lah yang menjadi owner dan bos dalam usaha tersebut. Namun, jika kamu sudah memiliki partner bekerja, sudah sepatutnya kamu tidak bersikap semena-mena kepada mereka.

Kompetisi dalam membangun usaha zaman sekarang ini pun semakin pesat, mengingat sudah ada kemajuan teknologi yang mempermudah koneksi antara penjual dengan pemilik jasa. Seperti yang sudah kita ketahui, sudah banyak marketplace yang mempermudah transaksi jual beli, ada juga yang menawarkan jasanya lewat akun sosial media, dan lain sebagainya.

Kemajuan teknologi sekarang ini mempermudah setiap orang mempromosikan jasa maupun barang dagangannya dalam bisnis online. Nah, apakah kamu tertarik membuka peluang bisnis ini tapi masih bingung ingin membuka bisnis apa? Berikut adalah cara bisnis online bagi pemula dengan modal rendah.

Peluang Bisnis Online Bagi Pemula

  1. Wedding Organizer (WO)

Untuk menjadi seorang Wedding Organizer, kamu harus memiliki koneksi yang cukup luas. Karena tugas sebagai WO sangatlah kompleks, mulai dari pemesanan catering, penyewaan gedung, dan lain-lain.

 

  1. Make-Up Artist (MUA)

Jika kamu memiliki hobi dan bakat dalam make up, mungkin bisnis satu ini cukup menjanjikan. Karena kamu sudah lihai dalam memadukan kosmetik, tidak ada salahnya untuk mencoba jasa rias pengantin, riasan untuk wisuda, atau untuk acara lainnya. Kamu bisa mempromosikan jasamu ini lewat media sosial dan tawarkan ke beberapa temanmu untuk menjadi model saat latihan.

  1. Admin Media Sosial

Kamu juga bisa menjadi seorang admin media sosial karena saat ini cukup banyak juga perusahaan membutuhkan seorang yang kreatif, unik, mengikuti tren, dan selalu update untuk memasarkan atau membranding produk mereka.

 

  1. Jasa Pembuatan Logo

Banyak juga lho perusahaan, komunitas, atau suatu organisasi yang mencari jasa pembuatan logo ini. Kamu dapat membuat logo sesuai orderan mereka. Keuntungannya adalah semakin perusahaan yang menjadi klienmu cukup memiliki nama, kamu dapat meninggikan harga yang ditawarkan.

 

  1. Jasa Penerjemah

Dari mahasiswa, masyarakat umum, bahkan perusahaan pun membutuhkan seorang yang mampu berbahasa asing sebagai penerjemah dalam bisnisnya. Dengan mengikuti akun freelancer, kamu akan mendapatkan klien dari sana dan biasanya yang akan kamu terjemahkan adalah berupa proposal, naskah, dan dokumen penting lainnya.

 

  1. Animator

Saat ini memang cukup banyak perusahaan yang mencari animator, namun sainganmu tentu banyak. Tidak ada salahnya kamu mencoba peluang bisnis online mu sendiri dengan membuka jasa pembuatan animasi.

 

Tidak semua orang dapat membuat animasi, jadi beruntunglah kamu yang memiliki bakat dan skill dalam bidang ini. Animasi yang dibuat biasanya digunakan untuk video profil maupun iklan singkat. Untuk memulainya, kamu bisa mengikuti grup freelance terlebih dahulu. Atau kamu dapat membuat portfolio dan mengumpulkannya di dalam website atau media sosial milik kamu.

 

  1. Mendesain Kaos

Bisnis online dalam bidang fashion pun tak kalah saing. Banyak orang yang membuka jasa untuk desain kaos dan biasanya mereka pun juga akan membuka jasa sablon kaos.

 

  1. Marketing Media Sosial

Tidak hanya perusahaan, melainkan juga beberapa online shop terkadang memiliki kebingungan bagaimana cara memasarkan produknya agar tepat sasaran dan dapat ditemukan oleh khalayak.

 

  1. Pembuatan Video dan Foto

Baik fotografer maupun videografer biasanya berawal dari hobi yang kemudian dikembangkan menjadi paid hobby. Dengan membuat portfolio kamu di media sosial dan memasarkannya ke khalayak, akan sangat membantu untuk mendapatkan klien. Atau kamu bisa menawarkan jasamu kepada tetangga atau kerabat yang akan mengadakan acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya.

 

  1. Pembuatan Artikel

Terdapat beberapa agensi yang menawarkan jasa untuk penulisan artikel. Artikel berguna bagi perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Untuk membuat agensi ini, kamu perlu mengumpulkan orang-orang yang berbakat menulis. Ketika mendapatkan orderan untuk menulis, kamu bisa membagi tugas menulis ke penulis-penulis di dalam agensimu.

 

Atau jika kamu ingin berdiri sendiri, kamu dapat menjadi freelancer dengan bergabung dalam situs pekerja lepas atau suatu komunitas. Dari sana, biasanya kamu akan mendapatkan proyek dan klien baru.

 

  1. Selebgram

Hanya bermodalkan hp, data internet, dan kreativitas, kamu dapat menjadi selebgram lho. Kamu dapat mengunggah foto atau video kreativitas kamu yang unik sehingga jumlah follower dan engagement akun akan naik. Lebih beruntung lagi jika kamu mendapatkan endorsement, karena dari sinilah kamu akan mendapatkan bayaran.

 

  1. Jasa SEO (Search Engine Optimize)

Tugas seorang SEO adalah mengoptimasi suatu website agar masuk di halaman pertama atau peringkat teratas di pencarian mesin pencari. Kamu dapat menawarkan jasamu mengingat dalam kemajuan teknologi sekarang ini sudah banyak perusahaan yang memasarkan produknya di website.

 

  1. Reseller dan Dropshipper

Jika kamu tidak memiliki modal untuk membuka usaha, kamu bisa memulainya menjadi seorang dropshipper atau reseller. Karena kamu tidak diharuskan membeli barang itu terlebih dahulu. Kamu hanya perlu melakukan orderan ketika ada pesanan masuk, dan barang tersebut akan dikirim ke alamat pembeli.

 

  1. Kursus Online

Untuk membuka kursus online ini, tentu kamu harus menguasai suatu bidang terlebih dahulu. Misal kamu akan membuka kursus online bahasa asing, sudah tentu kamu pun sudah menguasai bahasa itu terlebih dahulu. Dengan jumlah peserta yang mendaftar sebagai member kursus, kamu pun akan mendapatkan bayaran.

 

  1. Artwork

Dengan menjual artwork, kamu dapat menjual logo, wallpaper, atau sketsa milik kamu dengan mengunggah fotonya di salah satu marketplace atau ke dalam social media kamu. Jika ada yang tertarik dengan artwork yang kamu buat, calon pembeli akan menghubungi kamu langsung untuk melakukan transaksi.

 

  1. Jasa Konsultasi

Kamu bercita-cita ingin menjadi seorang konsultan? Tidak perlu harus memiliki kantor ko’ karena kamu dapat memulainya secara online dari rumah. Tentukan jasa konsultasi apa yang akan kamu buka, kamu dapat melayani konsultasi melalui video call di beberapa aplikasi.

 

  1. Menjual Pulsa

Kemajuan teknologi pun tidak menyurutkan jumlah orang yang menjual pulsa. Tentu pulsa menjadi salah satu hal terpenting jika kamu memiliki sebuah gadget. Selain pulsa smartphone, kamu juga bisa menjual pulsa untuk token listrik.

 

  1. Copywriter

Apabila kamu memiliki kemampuan untuk menyusun kata-kata menarik, membuka jasa copywriter ini akan cocok untukmu. Banyak perusahaan yang mencari copywriter agar orang tertarik untuk memakai produk mereka. Jika kamu berminat melamar pekerjaan di perusahaan dengan posisi ini, ada baiknya jika kamu berlatih menulis dan membuat portfolio mu sendiri di blog atau platform lainnya.

 

  1. Blogger

Bisnis satu ini pun cukup menjanjikan. Jika situsmu memiliki pengunjung yang cukup banyak, kamu dapat mendaftarkan blog ke Google Adsense. Dari sana lah kamu akan mendapatkan bayaran dengan bermodalkan internet dan gadget saja. Kamu dapat memulai blog untuk konten yang disukai, misal traveling, kuliner, tips, dan sebagainya.

 

  1. Online Shop

Tidak hanya sekadar menjadi reseller atau dropshipper, mungkin lambat laun kamu akan tertarik untuk memulai usaha online ini. Menjual barang secara online pun sekarang semakin marak dan kamu dapat meraup keuntungan yang cukup besar. Untuk mempermudah calon pembeli menemukan online shop mu, kamu bisa memanfaatkan marketplace.

 

  1. Pembuatan Website

Jika kamu dapat membangun suatu website, kamu bisa membuka jasa pembuatan website ini melalui akun media sosial kamu dan tentunya kamu harus menyertakan portfolio agar calon klienmu yakin untuk memakai jasamu.

 

  1. Affiliate Marketing

Kamu hanya perlu bekerja sama dengan pemilik produk, jadi produk yang akan kamu tawarkan ke orang lain bukanlah produkmu sendiri. Kamu akan mendapatkan komisi jika ada pembeli yang tertarik untuk membelinya di kamu.

 

  1. Freelancer

Pekerja lepas memang sudah marak di kalangan masyarakat, baik mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Pasalnya, pekerjaan ini tidak terikat dengan waktu dan tempat. Kamu dapat menyelesaikan pekerjaan di mana pun dan kapanpun. Sebagai seorang freelancer, kamu dapat mengambil pekerjaan lepas seperti menulis artikel, sebagai penerjemah, entry data, dan lainnya.

 

  1. Youtuber

Kamu dapat memulainya dengan bermodalkan smartphone dan data internet. Jika kamu memiliki bakat untuk mengedit video, lebih bagus lagi jika kamu melakukan editing video sebelum diunggah ke Youtube Channel kamu. Kamu dapat memulainya dengan membuat video sederhana saja.

Status sebagai youtuber ini cukup banyak diminati oleh orang-orang, yang terpenting adalah kamu membuat video yang unik, kreatif, dan konsisten.

 

  1. Jasa Potong Rambut

Kamu senang menata rambut seseorang dan menyukai fashion rambut? Mungkin bakatmu dapat disalurkan melalui jasa potong rambut. Jika kamu memiliki tempat yang dapat kamu gunakan untuk membuka usaha ini, kamu dapat memulainya sekarang. Siapa tahu ke depannya bisnismu akan berkembang menjadi barber shop ternama.

 

  1. Berjualan Makanan Ringan

Siapa yang tidak suka cemilan? Tentu banyak orang yang menyukai cemilan dan ini dapat menjadi alasan kenapa kamu harus membuka usaha makanan ringan? Selain mencari supplier makanannya, kamu pun dapat membuatnya sendiri. Dengan begitu, kamu pun dapat membuat brand home made kamu.

 

  1. Katering

Tidak hanya menjual makanan ringan, jika kamu tertarik untuk membuat kuliner lain, kamu dapat membangun usaha katering. Tentu banyak juga yang membutuhkan katering ketika akan mengadakan acara-acara tertentu. Kamu juga dapat bekerja sama dengan suatu perusahaan atau instansi untuk membuatkan makan siang bagi para karyawannya.

 

  1. Menjual Tema Blog

Masing-masing platform sebenarnya sudah memiliki tema bawaannya sendiri. Namun, ada juga yang merasa kurang puas dengan hasil tema tersebut. Kamu dapat memanfaatkan momen ini dengan menjual tema blog yang kamu buat. Kamu perlu memerhatikan optimasi SEO nya dan fungsinya agar tetap terlihat menarik.

 

  1. Jual Beli Barang Antik

Semakin antik barangnya, harganya juga makin tinggi lho. Masih banyak orang yang cukup antusias dengan barang antik dan mereka ingin mengoleksinya.

 

  1. Bisnis Tur Wisata

Kamu dapat menawarkan paket tur destinasi Indonesia untuk wisatawan luar negeri maupun dalam negeri.

 

  1. Menjahit Pakaian

Banyak juga yang lebih memilih untuk menjahit bajunya daripada harus membeli, entah karena ukurannya atau style nya yang kurang sesuai. Jika kamu memiliki bakat menjahit dan memiliki mesin jahit, kamu dapat membuka bisnis menjahit pakaian di rumahmu. Kamu juga dapat mempromosikannya di akun media sosial kamu dengan menampilkan beberapa hasil jahitan yang kamu buat.

 

  1. Sewa Perlengkapan Bayi

Dari mulai tempat tidur box, stroller, hingga mainannya pun bisa disewakan. Mengingat barang-barang tersebut hanya dipakai saat anak berusia tertentu. Membuka usaha ini pun cukup menjanjikan. Asalkan barang yang kamu sewakan pun tetap terjaga kualitasnya.

 

  1. Usaha Percetakan

Saat ini, cukup banyak orang yang membutuhkan jasa percetakan. Mulai dari cetak spanduk, banner, undangan, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa membuka usaha fotokopi, scan, dan jasa ketik sekaligus.

 

  1. Menjual Foto

Jika kamu menyukai dunia fotografi dan sudah banyak foto yang memenuhi drive kamu, sudah waktunya kamu coba untuk menjualnya di microstock seperti Shutterstock. Foto yang diunggah pun harus memenuhi kriteria. Kamu juga dapat memasarkan foto kamu di media sosial, jika banyak yang melirik dan tertarik dengan hasil fotomu, tidak menutup kemungkinan akan ada banyak klien yang menggunakan jasamu.

 

  1. Pengembangan Software

Pekerjaan ini tidak hanya full-time di perusahaan startup, melainkan dapat kamu mulai dengan menjadi seorang freelancer. Apabila kamu memiliki keahlian dalam bidang ini, jangan sia-siakan kesempatan untuk membuka jasa pengembangan software.

 

  1. Menjual E-Book

Alih-alih melakukan pencetakan buku, cukup banyak penulis yang pada akhirnya beralih ke buku digital. Karena semakin berkembangnya teknologi, buku digital atau e-book pun semakin banyak diminati. Kamu dapat mengunggah karyamu di dalam situs penjualan e-book, dan jika tulisanmu memenuhi kriteria, kamu akan mendapatkan royalti jika ada pembeli yang membeli bukumu.

 

  1. Menjual Followers Media Sosial

Jasa ini banyak dicari lho oleh perusahaan atau bisnis yang baru dirintis. Kamu bisa saja menawarkan jasa ini dan bisa kamu dapatkan ilmunya dari internet. Namun, untuk memastikan apakah ilmu yang kamu dapat bisa bekerja dengan efektif, kamu perlu mencobanya terlebih dahulu di akun pribadi kamu.

 

  1. Podcast

Bagi mereka yang terjun di dunia podcast ini menyebut dirinya sebagai podcaster. Sebenarnya kegiatan ini sama halnya dengan penyiar radio, hanya saja podcast disiarkan secara tidak live. Hanya bermodalkan rekaman suara, kamu dapat memproduksi podcast-mu sendiri. Penghasilan dapat kamu peroleh jika ada iklan yang masuk atau moneytize dari platform streaming seperti Spotify.

 

  1. Jasa Voice Over

Apakah kamu memiliki suara yang unik? Jika ya, kamu mungkin beruntung karena dapat menawarkan jasa voice over. Kamu dapat memulainya dengan menjadi voice over iklan singkat terlebih dahulu.

 

  1. Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Apabila kamu memiliki bakat dalam membuat aplikasi mobile, kamu dapat menawarkan jasa kamu untuk membuat aplikasi berbasis mobile untuk Android. Terlebih lagi sekarang ini hampir semua masyarakat memakai smartphone.

 

  1. Sewa Kamar AirBnB

Kamu memiliki rumah yang kosong atau kamar yang tidak dipakai? Coba kamu buka usaha sewa kamar dengan mendaftarkannya ke AirBnB. Sasaran penyewanya adalah backpaker. Untuk harga sewanya memang lebih murah jika dibandingkan dengan harga sewa hotel.

 

  1. Content Creator TikTok

Cukup banyak pengguna TikTok pada zaman sekarang ini. Kamu dapat membuat video kreatif dan nantinya akan mendapatkan bayaran dari endorsement yang masuk.

 

  1. Game Streamer

Siapa bilang main game hanya membuang waktu dan tidak menghasilkan? Buktinya, sekarang ini cukup banyak game streamer yang melakukan live streaming di platform seperti Youtube dan Facebook. Sebelum melakukannya, tentu kamu harus menguasai suatu game terlebih dahulu. Saat melakukan live streaming, kamu pun dapat memberikan informasi terkait game tersebut.

 

  1. Joki Game

Dengan menjadi joki game, kamu akan mendapatkan bayaran ketika ada klien yang memakai jasamu untuk menaikkan rank pada game-nya.

 

  1. SelebTweet

Sama seperti TikTok dan Instagram, hanya saja pada Twitter mengandalkan konten menarik berbasis teks. Kamu dapat membuat kontenmu dan nantinya jika banyak reply, retweet, dan like, kamu dapat menyisipkan iklan pada tulisanmu.

 

  1. Publisher Iklan

Kamu dapat membuat konten di website-mu dan memasangkan kode iklan. Jika banyak pengunjung situs yang meng-klik iklan tersebut, uang yang kamu hasilkan pun akan semakin banyak.

 

  1. Menjadi Virtual Assistant

Bidang yang dapat kamu geluti adalah seperti desain grafis, editing, translator, menulis, input data, dan lainnya. Pekerjaan ini mengharuskan kamu mengerjakan pekerjaan secara berulang dan sistem bayarnya adalah berupa gaji.

 

  1. Top Up Game

Ketika memainkan suatu game, biasanya ada yang mengharuskan kita membeli item-item premium. Karena biasanya pembayaran dilakukan “cash“, kamu dapat menawarkan jasa top up cash game.

 

  1. Cloud Kitchen

Untuk membuka peluang bisnis ini, kamu tidak perlu membuka kedai atau restoran. Karena kamu hanya akan menerima orderan dan sistem pesan antar. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi seperti Gojek dan Grab untuk memasarkan Cloud Kitchen-mu. Jangan lupa untuk membuat gambar semenarik mungkin agar calon pembeli tertarik membelinya.

 

  1. Forex

Forex adalah perdagangan mata uang dari berbagai negara. Forex terhitung lebih ramah dibandingkan saham, karena Forex menyediakan demo. Untuk memulainya, kamu dapat menentukan broker forex terlebih dulu.

 

  1. Saham

Bisnis saham ini cukup populer dan banyak platform online yang membukanya. Sebelum memulainya, kamu perlu belajar tentang teknikal dan fundamental grafik.

 

  1. Survey Online

Banyak juga paltform yang bersedia mengeluarkan uang untuk membayar para respondennya. Namun, sebelumnya responden diharuskan untuk mengikuti dan mengisi survey mereka.

 

  1. List Building

Bisnis ini terfokus pada data, jadi kamu diharuskan mengumpulkan kontak seperti WhatsApp atau email yang dapat dijadikan sebagai media promosi. Kamu akan mendapatkan uang jika kamu menjual data-data tersebut ke perusahaan untuk kepentingan bisnis mereka.

 

  1. Jual Akun Game

Selain menjadi joki dan game streamer, kamu juga dapat menjual akun game lho. Akun game dapat dijual dengan berbagai alasan, seperti rank-nya maupun item langka pada game. Kamu dapat memanfaatkan media sosial atau grup para gamer untuk memasarkan akun game yang kamu jual.

 

  1. Cryptocurrency

Apakah kamu familiar dengan Bitcoin? Bitcpin juga dikatakan sebagai cryptocurrency. Untuk melakukan bisnis ini diharuskan melakukan sebagai trader.

 

  1. Grup Berbayar

Cara kerjanya hampir sama dengan website berbayar. Namun, jika kamu tidak paham dengan website, kamu dapat beralih ke grup dengan sistem berbayar. Kamu dapat menawarkan konten-konten premium di dalam grup atau memulainya dengan grup kursus online berbayar, grup berbayar bisnis online, dan sebagainya.

 

  1. Pemasaran Iklan Digital

Untuk memulainya, dibutuhkan kemampuan seperti riset, targeting, pembuatan konten iklan, dan lain sebagainya. Kamu dapat memanfaatkan platform yang biasa digunakan untuk pemasaran iklan digital seperti Facebook Ads dan Google Ads.

 

  1. Jual Akun Premium

Ya, kamu dapat menjual akun premium seperti Netflix, Spotify, dan lainnya. Jual dengan cara yang legal, berlangganan dengan sistem family sangat membantu. Mereka akan menawarkan slot family akun premium ke orang lain.

 

  1. Kolektor Domain

Bisnis ini memang belum terlalu populer, namun suatu saat bisa saja memiliki nilai yang tinggi. Kamu dapat mengumpulkan domain yang nantinya dijual ke perusahaan. Biasanya, perusahaan berani untuk membeli asalkan domain tersebut melekat pada bisnis mereka.

 

  1. Web Keanggotaan Premium

Kamu dapat membuat konten premiun untuk website pribadimu, sehingga tidak semua orang dapat mengaksesnya. Untuk mengakses website tersebut, mereka diharuskan berlangganan. Kamu dapat meraih bayaran yang cukup tinggi dari biaya berlangganan mereka setiap bulan.

Itulah 60 ide bisnis online dan cara memulainya. Perkembangan teknologi memudahkan kita untuk melakukan bisnis online, dan tentunya bidang pekerjaan di dunia online sudah semakin populer di telinga masyarakat. Temukan bisnis online yang paling cocok dengan keahlianmu dan segera mulai bisnis online kamu sekarang juga.

 



Leave a Reply