Apa Sih Bedanya Essence dan Serum?

Kulit yang sehat, lembut, dan berseri adalah impian setiap orang, terlebih para wanita modern. Oleh karena itu, rangkaian produk perawatan kulit menjadi kebutuhan pokoknya. Tidak sedikit wanita yang memakai essence dan serum dalam rutinitas perawatan wajah setiap harinya. Kedua produk ini ternyata mempunyai beberapa perbedaan, meskipun sering dinilai serupa.

Pemakaian kedua jenis produk tersebut diwajibkan dalam perawatan wajah harian. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui secara detail kedua produk tersebut. Lebih dari itu, informasi pemakaian dalam upaya perawatan kulit juga perlu diketahui. Berbagai penjelasan berikut ini akan membantumu.

  1. Tekstur

Apa sih bedanya essence dan serum? Salah satu pembedanya adalah tekstur. Meskipun tampaknya serupa, tetapi tekstur keduanya mempunyai perbedaan. Meskipun sama-sama berbahan dasar air, serum wajah mempunyai tekstur lebih tebal atau kental jika dibandingkan dengan essence yang teksturnya cenderung ringan.

Essence dengan tekstur lebih ringan tersebut tetap lebih kental dibandingkan air biasa dan toner wajah. Karena teksturnya yang ringan, essence mempunyai keseimbangan yang bagus untuk kulit. Perbedaan tekstur antara serum dan essence tersebut disebabkan oleh kandungan bahan aktifnya yang akan dibahas pada poin berikutnya.

  1. Perbedaan Fungsi Essence dan Serum

Perbedaan antara essence dan serum juga terkait fungsi dan kandungan bahan aktifnya. Essence yang teksturnya lebih ringan ini berfungsi untuk membantu mengembalikan kelembaban kulit, sehingga dapat mencegah tanda-tanda penuaan. Essence mampu menambahkan lapisan hidrasi ke kulitmu.

Dalam kondisi kulit terhidrasi optimal, essence dapat mendukung manfaat langsung dari serum. Fungsi essence yang demikian menjawab pertanyaan lebih baik menggunakan essence dulu atau serum dulu.

Menurut pendapat Dr. Joshua Zeichner, dokter kulit bersertifikat sekaligus direktur penelitian kosmetik dan klinis Departemen Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai, serum merupakan produk perawatan kulit yang didesain memberikan bahan aktif spesifik berkonsentrasi tinggi ke kulit.

Terdapat banyak jenis serum di pasaran yang fungsinya beragam, mulai dari menghidrasi sampai mencerahkan kulit. Beberapa jenis serum di antaranya serum untuk anti-aging, serum pelembab wajah, serum pencerah wajah, serum penangkal radikal bebas, serum khusus kulit sensitif dan rentan jerawat, dan serum untuk memperbaiki tekstur wajah.

Pendapat yang sama juga dijelaskan oleh Dr. Carlos A. Charles, pendiri serta direktur medis Derma di Colore di Chelsea. Menurut beliau, serum wajah merupakan pelembab ringan yang menembus kulit lebih dalam guna memberikan bahan aktif ke kulit. Penjelasan di atas tentu menjawab kebimbangan akan memakai essence atau serum dulu.

2. Perbedaan Kandungan Bahan Aktif pada Essence dan Serum

Lalu, apa sajakah bahan aktif yang terdapat pada essence dan serum? Essence mengandung asam hialuronat, gliserin, serta sejumlah vitamin yang bekerja menghidrasi, menghaluskan, dan mencerahkan kulit.

Untuk produk serum, terdapat berbagai kandungan bahan aktif yaitu zat anti penuaan, antioksidan, asam kojic (pencerah kulit), asam glikolat, hyaluronic acid, peptida, serta berbagai vitamin (A dan E).

  1. Efektivitas Essence vs Serum

Essence ataupun serum, keduanya merupakan produk perawatan kulit yang sangat penting diaplikasikan. Lebih penting serum dulu atau essence?

Berdasarkan teksturnya saja, serum lebih kuat dibandingkan essence karena kandungan bahan aktifnya yang meresap jauh ke dalam kulit. Inilah alasan mengapa dianjurkan menggunakan serum setelah essence.

Serum juga efektif mengatasi persoalan kulit tertentu. Sebagai contoh, serum yang mengandung asam hialuronat cocok mengatasi kulit kering dan serum vitamin C untuk mengatasi hiperpigmentasi.

Akan tetapi, tetap perlu diingat bahwa pemakaian serum tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi, produksi minyak berlebihan, dan kulit kering ekstrim.

Meskipun serum dianjurkan dipakai setelah essence, terdapat kondisi khusus yang perlu diperhatikan jika mempunyai kulit sensitif. Jika kulitmu tergolong sensitif dan cemas bahwa konsentrasi bahan aktif terlalu tinggi menyebabkan iritasi, maka lebih baik memilih essence. Formulasi essence lebih ringan.

  1. Waktu Pemakaian

Pakai essence dulu atau serum? Pertanyaan ini sangat menjurus ke waktu pemakaian dari kedua produk tersebut. Jawabannya juga terkait dengan tekstur kedua produk itu. Essence yang mempunyai tekstur lebih ringan dibandingkan serum, direkomendasikan dipakai sebelum serum.

Essence dipakai lebih dulu dibandingkan serum karena fungsinya yang membantu penyerapan produk skincare berikutnya. Dengan demikian, produk skincare yang dipakai berikutnya dapat meresap lebih baik serta bekerja lebih ampuh.

Pada waktu yang sama, essence juga berperan melembabkan kulit dan membantu menekan iritasi, sehingga sangat cocok untuk kulit sensitif.

Setelah pemakaian essence, kamu dapat mengaplikasikan serum. Serum wajah yang kandungan bahan aktifnya lebih kuat berfungsi untuk memperbaiki masalah kulit. Penyerapannya juga lebih dalam, sehingga dapat mengatasi persoalan kulit yang lebih spesifik.

  1. Cara Pakai

Sebelum mengaplikasikan essence dan serum pada wajah, kamu perlu mengetahui cara pakainya dengan jelas dan pasti. Langkah pertama yang direkomendasikan para ahli kesehatan kulit dan kecantikan adalah membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memakai skincare.

Bersihkan wajah dengan sabun pembersih yang sesuai dengan kriteria kulitmu, kemudian gunakan essence, lalu berikutnya aplikasikan serum wajah.

Meskipun demikian, pemakaian kedua produk tersebut tidak sepenuhnya diperlukan. Dalam kasus tertentu yaitu kulit sensitif, kulit berminyak, dan kulit berjerawat, tidak dianjurkan memakai serum yang konsistensinya lebih kuat dan kental, karena dapat memperburuk kondisi kulit.

Essence adalah produk yang lebih tepat diaplikasikan karena teksturnya yang lebih ringan. Jika kondisi kulit normal, maka bisa menggunakan essence terlebih dahulu baru serum.

Selanjutnya, perhatikan bagaimana reaksi kulitmu dalam merespon pemakaian produk tersebut apakah baik-baik saja atau justru terdapat reaksi alergi, seperti kulit memerah, muncul bintik merah, dan sebagainya.

Jika terdapat ketidakcocokan, maka hentikan sementara dan berkonsultasilah ke dokter. Inilah pentingnya lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar benar-benar mengetahui kondisi dan persoalan kulit yang nantinya diperoleh skincare yang sesuai.

  1. Sesuaikan dengan Kondisi Kulit

Serum essence ini merupakan dua produk yang dapat digunakan salah satu berdasarkan kebutuhan ataupun dipilih salah satu karena kondisi kulit. Jika kamu menginginkan pemakaian skincare yang ringan, maka bisa gunakan essence saja dengan bahan aktif lebih ringan.

Untuk pemilihan serum, kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi kulit dan persoalannya yang dialami. Dengan demikian, serum wajah yang dipilih akan sesuai kebutuhan dan mampu mengatasi persoalan kulit yang ada.

Itulah ulasan bedanya essence dan serum yang sangat penting untuk diketahui. Kamu dapat memahami dan mempertimbangkan pemakaiannya sesuai kebutuhan dan kondisi kulit. untuk perawatan kulit dengan skincare ini, jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan make up remover dan facial wash. Agar pori-pori lebih meresap, kamu bisa gunakan air hangat untuk membasuh wajah. Dengan demikian, skincare akan lebih meresap.



Leave a Reply