Atasi Kulit Kering dengan Pembersih Wajah untuk Kulit Kering

Menggunakan skincare tentunya tidak bisa asal pilih. Kamu tidak bisa mengikuti skincare temanmu karena belum tentu jenis kulit kalian sama. Memilih produk skincare yang tepat terbilang tidak sulit, namun tidak terlalu mudah juga.

Basically, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang kamu miliki. Ketika kamu tidak mengetahui jenis kulitmu, ini akan berakibat pada kesehatan kulit wajahmu. Keinginan memiliki kulit bersih dan cerah tanpa jerawat pun akan sirna dikarenakan pemilihan yang kurang tepat pada skincare.

Begitupun jika kamu memiliki kulit kering. Pastikan kamu memakai pembersih wajah untuk kulit kering agar sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Jenis-Jenis Kulit dan Permasalahannya

Tahukah kamu bahwa jenis kulit manusia berbeda-beda? Terutama pada kulit wajah. Ada yang kulit berminyak, kulit sensitif, kulit kering, dan kulit kombinasi. Dari keempat jenis kulit tersebut pun memiliki karakteristik, permasalahan, dan perawatan yang berbeda.

Dari beberapa jenis kulit tersebut pasti akan memiliki permasalahan yang berbeda. Yang umumnya terjadi adalah masalah jerawat terutama pada kulit berminyak. Namun, apakah kamu tahu bahwa masalah jerawat pun dapat dialami oleh orang yang berkulit kering? Lho, bukannya jerawat itu disebabkan oleh minyak pada wajah? Eiits, belum tentu.

Kulit sensitif juga dapat ditumbuhi jerawat lho. Karena masalah kering atau berminyak kulit wajah tergantung pada hidrasi kulitnya. Sedangkan untuk masalah jerawat, tergantung dari seberapa sensitifnya kulit. Jadi, ada beberapa orang yang memang hidrasi kulitnya kering namun sensitivitasnya sensitif sehingga timbulah jerawat.

Pada orang yang berkulit kering, biasanya kulitnya akan mudah merah dan gatal, bersisik, meradang, dan akan cepat menua dikarenakan menurunnya elastisitas kulit.

Tapi, siapa sangka kalau dibalik itu semua, kulit kering pun memiliki kelebihan seperti pori-pori terlihat tidak terlalu besar, apabila menggunakan make up akan bertahan lama, dan tidak mudah berjerawat. Namun, dalam beberapa kasus ditemukan kulit kering yang berjerawat.

Memilih Pembersih Wajah untuk Kulit Kering

Dalam beberapa produk ditemukan kandungan atau formula yang dapat mengikis kelembaban kulit wajah dan membuat kulit menjadi lebih kering lagi. Maka dari itu, berikut cara memilih facial wash  kulit kering yang tepat.

  1. Perhatikan Kandungan dalam Pembersih Wajah

Skincare apapun yang akan kamu gunakan sebaiknya tetap perhatikan terlebih dahulu dari kandungannya, begitu juga dengan pembersih muka. Perhatikan baik-baik kandungan bahan aktif pada face wash untuk kulit kering.

 

Dengan mengetahui ada kandungan apa saja di dalamnya, kamu bisa mempertimbangkan lebih matang lagi dan tidak salah pilih facial wash. Pilihlah produk face wash yang memiliki bahan aktif seperti lanolin, minyak mineral, dan petrolatum karena bahan-bahan tersebut dapat membersihkan kulit dan memberikan kelembaban pada lapisan kulit teratas.

 

  1. Pilih Produk yang Berlabel Hypoallergenic

Hypoallergenic menandakan bahwa kandungan zat aktif di dalamnya tidak rentan menimbulkan reaksi alergi. Biasanya ada beberapa produk yang memiliki label hypoallergenic, pilihlah jika kamu menemukannya.

 

  1. Hindari Kandungan AHA (Alpha Hydroxy Alpha)

Kandungan AHA pada face wash memang dapat mengatasi tanda-tanda aging atau penuaan di wajah kamu, namun sayangnya kandungan ini kurang tepat jika diaplikasikan pada jenis kulit kering. Karena pada dasarnya asam glikolat dan asam laktat mampu mengurangi kadar minyak kulit, jika kulit kering diaplikasikan dengan kandungan ini dapat berakibat dehidrasi, di mana kulit menjadi lebih kering lagi.

 

  1. Pilih Pembersih Wajah Bertekstur Krim

Tekstur dari face wash sangat beragam, ada yang berbentuk krim, gel, foam, micellar, dan minyak. Sebaiknya, face wash untuk kulit kering adalah yang bertekstur krim karena dapat menghidrasi kulit sehingga kelembapan kulit akan tetap terjaga dan mencegah iritasi pada kulit.

 

Penggunaan facial wash yang cocok untuk kulit kering saja tidak cukup, kamu dapat melengkapi treatment harianmu dengan menggunakan micellar water. Aplikasikan micellar water sebelum menggunakan face wash. Micellar water sangat cocok digunakan pada kulit kering.

 

Pemakaian micellar water dapat membersihkan kotoran, minyak, maupun sisa make up yang masih menempel di wajah tanpa mengurangi kadar minyak wajah. Jadi, tidak perlu khawatir kulitmu akan menjadi dehidrasi ya.

 

Setelah micellar water, tahap selanjutnya adalah facial wash untuk kulit kering yang bertekstur krim dengan tujuan melembabkan kulit.

 

  1. Hindari Produk dengan Kandungan Wewangian

Hindarilah pemakaian produk yang mengandung wewangian di dalamnya karena dapat beresiko iritasi kulit, terlebih lagi jika kulitmu berjenis kering. Selain wewangian, kamu juga harus hindari produk face wash beralkohol.

 

  1. Gunakan Pembersih Wajah yang Mengandung Pelembab

Facial wash yang cocok untuk kulit kering adalah yang mengandung pelembab seperti gliserin, ceramides, atau kandungan alami seperti lidah buaya.

Pembersih Wajah Homemade

Jika kamu merasa ragu untuk menggunakan produk pembersih wajah yang beredar di pasaran, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat pembersih wajah sendiri di rumah. Dengan begitu, kamu dapat memastikan bahan yang terkandung di dalamnya hanya bahan-bahan alami. Bahan-bahan yang dapat kamu gunakan adalah seperti berikut.

  • Madu dan Lemon

Pertama, kamu dapat mencampurkan madu dengan air perasan jeruk lemon dan aduk hingga merata. Setelahnya, kamu langsung aplikasikan ke wajah secara merata sembari diberikan pijatan-pijatan halus di wajah. Jika sudah selesai, bilas menggunakan air hangat.

  • Susu dan Madu

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh madu ke dalam setengah cangkir susu dingin, kemudian diaduk. Untuk mengaplikasikannya, kamu dapat mengambil kapas lalu rendam ke dalam campuran tadi. Setelah itu, oleskan ke wajah dan leher menggunakan kapas tadi secara merata dan diamkan.

Untuk membersihkannya, kamu dapat menggunakan kapas bersih yang masih kering lalu bilas wajah dengan air hangat. Pembilasan dengan air hangat suam-suam kuku dapat membantu kelembaban kulit tetap terjaga. Perpaduan susu dan madu sangatlah bagus untuk kulit. Fungsi susu yang dapat memberikan nutrisi pada kulit akan membuat kulit menjadi lebih kenyal dan halus. Madu mampu mengangkat kotoran pada wajah tanpa harus membuat iritasi kulit.

  • Mentimun

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mentimun memiliki efek penyegar pada kulit, sering kali digunakan sebagai eye mask. Mentimun juga dapat kamu gunakan sebagai pembersih wajah untuk kulit kering, lho. Manfaat yang akan kamu dapatkan adalah wajah yang terlihat lebih cerah.

Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan cuka apel sebagai pendamping mentimun. Cukup dengan mencampurkan ¼ cup kecil cuka apel dan mentimun yang sudah dihaluskan, aduk hingga merata. Lalu, oleskan ke bagian wajah perlahan-lahan dan diamkan kurang lebih 10 menit. Hasil maksimal akan kamu peroleh jika digunakan pada malam hari.

 

Tips Merawat Kulit Kering

Perawatan dari luar, seperti pemakaian facial wash saja tidak cukup. Perlu diimbangi juga dengan perawatan dari dalam. Dengan merawat kulitmu, kamu tidak perlu khawatir dengan kesehatan kulit walaupun berjenis kering.

  1. Perbanyak minum air putih serta konsumsi sayur dan buah

Perawatan dari dalam yang cukup sederhana namun sering dilupakan oleh orang banyak adalah minum air putih yang cukup, diiringi juga dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin karena dapat memberikan nutrisi pada kulit yang di mana menyerap langsung dari peredaran darah ke seluruh tubuh.

  1. Bersihkan make up sebelum tidur dan gunakan sunscreen

Biasakan untuk membersihkan muka terutama setelah memakai make up dan sebelum tidur. Selain itu, gunakan sunscreen jika aktivitas kamu lebih banyak di ruang terbuka. Walaupun cuaca sedang mendung dan matahari tidak terlihat, usahakan untuk tetap mengaplikasikan sunscreen minimal setiap 4 jam sekali.

Pemakaian sunscreen tidak cukup dilakukan sekali oles saja pada waktu pagi, namun harus diberikan lapisan tambahan terutama saat setelah cuci muka. Radiasi UV dari sinar matahari dapat mengancam kesehatan kulit kamu.

  1. Gunakan pelembab terutama jika berada di ruangan ber-AC

Pelembab sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki aktivitas di dalam ruangan ber-AC. Selama berada di ruangan itu, kulit kamu akan cenderung lebih kering. Oleh karena itu untuk mengatasinya gunakanlah pelembab agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

  1. Konsultasi ke dokter jika mengalami reaksi alergi

Jika kamu memiliki masalah kulit yang sangat parah atau timbul alergi dari produk yang kamu pakai, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mencegah timbulnya permasalahan kulit yang baru. Kamu dapat mendatangi dokter spesialis kulit.

Dokter kulit akan membantu kamu dalam menentukan facial wash untuk kulit kering yang tepat sesuai jenis kulit dan kebutuhan kamu.

  1. Jangan berlebihan menggunakan produk skin care

Terakhir, kamu perlu memperhatikan cara pakai produk yang sedang kamu gunakan. Jangan terlalu berlebihan atau terlalu sering dipakai, namun bukan berarti tidak rutin menggunakannya.

Demikianlah beberapa tips perawatan kulit untuk kamu yang memiliki kulit kering. Setelah membaca ini kamu tentunya tidak bingung lagi saat memilih pembersih wajah untuk kulit kering. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply