Beragam Bentuk Wajah Pria

Setiap tahun biasanya akan ada trending style yang bermunculan. Tidak hanya dalam bidang fashion saja, gaya rambut pun menjadi sorotan publik. Pilihan gaya rambut wanita sangat banyak sekali, begitu juga dengan pria. Karena saat sekarang ini, pria pun juga menjadi sadar akan penampilan.

Jika dilihat, potongan rambut laki-laki sepertinya sama saja. Namun, bukan berarti potong rambut yang dilakukan pada pria bisa dilakukan secara asal atau menerapkan prinsip one size fits all. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai harapan, sebelum memotong rambut perlu juga mempertimbangkan dari segi bentuk wajah pria.

Potongan rambut pada pria A, belum tentu sesuai jika diterapkan pada pria lainnya. Cukup banyak juga yang memilih untuk mengikuti potongan rambut dari idolanya, namun hasilnya kurang memuaskan karena pada hakikatnya setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda.

Untuk menentukan model rambut seperti apa yang cocok, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu bentuk wajah kamu sendiri. Cara mengetahui bentuk wajah kamu sangat sederhana. Yang perlu kamu lakukan adalah berdiri di depan cermin. Kemudian kamu dapat melukis pinggiran wajahmu yang terpantul di cermin dengan menggunakan spidol.

Saat sudah selesai, kamu bisa melihat dan memperhatikan hasil akhir dari gambar yang kamu buat. Begitulah cara mengetahui bentuk wajah sendiri. Lalu, bagaimana dengan potongan rambut yang cocok untuk setiap bentuk wajah?

Bentuk Wajah Pria

Bentuk Wajah Oval

Pria dengan wajah berbentuk oval sangatlah beruntung. Dengan bentuk dahi dan pipi yang hampir sama serta ukuran dagu yang lancip, membuat mereka tidak perlu terlalu pusing memikirkan gaya rambut seperti apa yang sesuai dengan bentuk wajahnya. Karena pria dengan wajah oval akan terlihat cocok dengan potongan rambut gaya apapun.

Namun, yang perlu diingat adalah harus rutin memotong rambut. Karena ketika rambut mulai panjang dan menutupi wajah, gaya rambut tersebut tidak terlihat cocok bagi wajah oval. Untuk potongan rambut yang ideal, pria dengan wajah oval juga dapat menambahkan sedikit volume pada bagian atas rambut agar rahang dapat terlihat lebih tegas.

Bentuk Wajah Lonjong

Wajah dengan bentuk lonjong termasuk bentuk wajah yang cukup sempurna karena panjang rahang dan tulang pipi yang spesifik. Dengan garis rahang dan tulang pipi yang sejajar, pria berwajah lonjong dapat mencoba berbagai style rambut. Namun, hindarilah janggut panjang karena akan menambah kesan wajah yang kurang proporsional.

Bentuk Wajah Kotak

Wajah pria yang berbentuk kotak dianggap paling maskulin karena bentuk rahangnya yang tegas. Bentuk wajah ini juga cocok dengan banyak model rambut pria. Ciri-ciri dari wajah pria kotak adalah rahang yang tegas, dahi yang sejajar dengan rahang,  tulang pipi yang sedikit lebih tinggi, dan membentuk sudut seperti persegi.

Bentuk Wajah Bulat

Pria dengan bentuk wajah ini akan sedikit kesulitan memilih potongan rambut yang sesuai karena struktur wajah yang hampir sama, yaitu lebar tulang pipi dan panjang muka. Hal ini juga menyebabkan rahang pria tidak terlalu tegas. Maka dari itu, pria berwajah bulat perlu memilih gaya rambut yang dapat memberikan kesan sudut wajah yang tegas.

Bentuk Wajah Segitiga

Wajah segitiga memiliki ciri-ciri dahi yang sempit, tulang pipi kecil, dan rahang yang lebar. Pria berwajah segitiga umum dijumpai pada pria-pria Asia.

Model Rambut Sesuai Bentuk Wajah

Gaya Rambut untuk Wajah Oval

  1. Buzz Cut

Potongan rambut tipis seperti militer merupakan gaya rambut paling aman yang dapat digunakan oleh semua bentuk wajah. Untuk menata rambut dengan tipe ini, pastikan kepalamu bebas ketombe karena kulit kepala akan lebih terlihat.

  1. French Crop

Model rambut ini dapat digunakan oleh rambut yang ikal maupun keriting. Menata rambut dengan gaya ini adalah menyisirnya ke bagian samping atau ke bawah.

Gaya Rambut untuk Wajah Lonjong

  1. Rambut Panjang Belah Tengah

Potongan rambut sedang ini akan membuat wajahmu lebih menarik untuk dipandang, kamu dapat memanjangkan sedikit rambut dan membiarkannya menutupi sebagian wajah.

  1. Tousled Hair

Untuk menyeimbangkan bentuk rahang yang tegas, kamu dapat menata rambut dengan gaya acak ini.

Gaya Rambut untuk Wajah Kotak

  1. Belah Pinggir Bervolume

Banyak juga yang mengenal trend comma hair yang mana sangat populer di kalangan artis K-Pop. Jika kamu memiliki rambut medium dan berponi, gaya rambut ini cocok untuk kamu.

  1. Medium Cut dan Undercut

Dengan bagian bawah rambut yang tipis dan bagian atas yang lebih tebal. Banyak yang menyebut potongan model rambut ini sebagai aksen. Yang perlu diperhatikan adalah bagian tengah yang bervolume ke atas.

  1. Messy Pompadour (Quiff)

Potongan rambut ini sangat cocok untuk pria yang berwajah persegi karena dapat memberikan kesan wajah yang proporsional.

  1. Short and Tight

Berambut pendek pun tidak salah untuk dicoba. Jika kamu ingin memiliki gaya  rambut ini, pastikan agar bagian kanan dan kiri rambut dalam keadaan rapi.

  1. Side Parting

Belah pinggir di bagian rambut akan menyebabkan kulit kepalamu terlihat. Jadi, sebelum mencoba style rambut ini, jaga kebersihan kulit kepala agar terbebas dari ketombe.

Gaya Rambut untuk Wajah Bulat

  1. Messy Quiff

Membiarkan rambut lebih bervolume dan acak di bagian atas akan memberikan kesan wajah yang lebih panjang.

  1. Textured Hair dengan Undercut

Untuk memberikan efek tirus, kamu dapat memanjangkan janggut dan cambang untuk memberikan shading yang alami.

  1. Two Blocks Haircut

Model rambut satu ini adalah dengan membelah rambut ke samping dengan tujuan membuat wajah lebih tirus.

Gaya Rambut untuk Wajah Segitiga

  1. Messy Fringe

Untuk memberikan kesan dahi yang lebar dan wajah proporsional, kamu dapat mencoba style rambut satu ini. Memang sedikit tricky, kamu harus menata rambut sebaik mungkin dan gunakan poni acak.

  1. Slick Pompadour

Memilih gaya rambut ini dapat menyeimbangkan ukuran rahang dengan dahi agar terlihat lebih proporsional.

Jadi, banyak sekali model rambut yang dapat kamu pilih sesuai bentuk wajah kamu. ingat, cek terlebih dahulu bentuk wajahmu untuk hasil gaya rambut yang memuaskan.



Leave a Reply