Berbagai Rekomendasi Pembersih Wajah untuk Kulit Kombinasi

Tidak hanya kulit kering dan berminyak saja, tetapi ada juga tipe kulit kombinasi. Apakah kulit kombinasi itu?
Sesuai dengan sebutannya yaitu kombinasi, tipe kulit ini terdiri dari kulit berminyak dan kulit kering. Bagian t-zone (dahi, hidung, dagu) merupakan oily skin atau kulit berminyak, sedangkan bagian pipi adalah dry skin atau kulit kering.

Apakah jenis kulitmu seperti itu? Jika iya, maka berikan perawatan yang sesuai. Meskipun mempunyai dua tipe kulit, kini perawatannya tidak lagi sulit. Terdapat panduan merawat kulit kombinasi dengan baik dan benar. Salah satunya adalah panduan untuk membersihkan wajah menggunakan produk pembersih wajah khusus kulit kombinasi.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi pemakaian pembersih wajah untuk kulit kombinasi.

  1. Facial wash

Membersihkan wajah adalah perawatan rutin yang tak boleh terlewatkan. Memilih facial wash untuk membersihkan wajah juga harus sesuai dengan jenis kulitnya. Untuk kulit kombinasi, jangan berikan facial wash untuk kulit berjerawat karena justru akan mengeringkan. Produk ini tidak cocok untuk bagian dry skin yaitu area pipi. Jadi, pilihlah facial wash khusus untuk kulit normal atau kulit berminyak.

Pada umumnya, lebih aman menggunakan produk facial wash untuk kulit normal agar aman untuk bagian kulit kering ataupun bagian kulit berminyak. Pencuci wajah untuk kulit kombinasi yang sesuai tentu akan membersihkan wajah dari berbagai kotoran, debu, dan minyak. Sel-sel kulit mati juga akan terangkat dan menjaga kulit agar tetap lembab.

  1. Micellar Water

Setelah menggunakan facial wash atau sabun cuci muka untuk kulit kombinasi, kini saatnya melakukan pembersihan kedua yaitu bertujuan mengangkat minyak. Teknik double cleansing perlu diterapkan untuk menjaga kulit tetap sehat, bersih, lembut, dan terbebas dari berbagai persoalan kulit. Terdapat beberapa produk yang dapat digunakan untuk melakukan pembersihan wajah yang kedua ini.

Micellar water adalah salah satu produk yang direkomendasikan. Produk berteknologi baru ini mampu mengangkat minyak, seperti fungsi dari toner. Hanya saja, terdapat perbedaan bahwa micellar water bersifat melembabkan, sedangkan toner mengandung alkohol yang membuat kulit lebih kering.

Kotoran yang membandel akan teratasi dengan pemakaian micellar water karena mengandung micelle (molekul kecil yang berbentuk bulat) untuk mengikat serta menangkap kotoran seperti magnet. Micellar water ini juga sekaligus berfungsi sebagai make up remover serta moisturizer, sehingga satu produk punya beberapa fungsi atau disebut all in one.

  • Toner

Selain menggunakan micellar water, pembersihan kedua setelah menggunakan facial wash bisa menggunakan toner. Pilihlah toner khusus sebagai cleanser untuk kulit kombinasi yaitu mengandung AHA, BHA, atau niacinamide.

AHA merupakan bahan kimia aktif yang berfungsi mengangkat sel kulit mati. BHA sangat cocok menghilangkan komedo pada kulit kombinasi. Dengan demikian, toner mampu menghilangkan komedo di hidung karena BHA mampu menembus kulit sampai kelenjar minyak dan mengangkat komedo hingga tuntas.

Kandungan niacinamide pada toner juga sangat cocok untuk tipe kulit kombinasi yang memang mempunyai pori-pori lebih besar. Fungsinya adalah mengecilkan pori-pori agar produksi minyaknya tidak berlebih.

  1. Milk Cleanser

Selain menggunakan micellar water dan toner, kamu bisa menggunakan milk cleanser yang bersifat melembabkan untuk mengangkat minyak berlebih. Produk ini mampu menjaga kelembaban kulit, sehingga tetap sehat dan kencang.

Pembersih wajah ini bertekstur ringan dan lembut. Kamu bisa menggunakannya setelah membersihkan wajah dengan facial wash kulit kombinasi di malam hari.

Itulah beberapa produk pembersih wajah untuk kulit kombinasi. Apabila masih ada minyak berlebih pada t-zone, maka gunakan kertas minyak khusus untuk menghilangkan minyak pada wajah.

Caranya adalah dengan di-tap, sehingga minyak pada area wajah dapat diserap. Hal ini akan membantu mencegah persoalan kulit, seperti jerawat dan komedo.

Itulah beberapa tips dan rekomendasi pembersih wajah untuk kulit kombinasi. Pilih yang paling cocok dengan kulitmu ya. Semoga bermanfaat.

 



Leave a Reply