Cara Mudah Membuat Pembersih Wajah Alami

Pembersih wajah adalah skincare wajib bagi kaum wanita. Tak jarang kamu harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membeli pembersih wajah agar wajahmu tetap bersih, segar dan tidak kusam.

Lalu bagaimana jika kamu tidak memiliki budget yang memadai? Tak perlu kuatir, kamu tetap bisa merawat kulit dengan memakai pembersih wajah alami buatan sendiri. Sehingga kulitmu tetap terjaga kesehatannya meskipun di saat kamu kehabisan produk skincare kemasan.

 

Ternyata bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekelilingmu bisa dimanfaatkan untuk meracik pembersih wajah alami sendiri. Berikut tips ramuan pembersih wajah alami yang bisa kamu praktekkan.

 

Bahan Alami Pembersih Wajah

Ada sejumlah bahan-bahan yang bisa kamu gunakan jika ingin membuat pembersih wajah alami. Bahan-bahan ini tidak sulit ditemukan dan harganya pun terjangkau. Apa sajakah bahan-bahan itu? Antara lain sebagai berikut.

  1. Mentimun

Mentimun adalah bahan alami pembersih wajah yang cocok digunakan untuk jenis kulit apapun, terutama untuk kulit kering. Efek menyegarkan yang diberikan dapat memberikan ketenangan pada wajah sekaligus menutrisi wajah agar lebih cerah.

 

Cara membuat pembersih wajah alami dari mentimun adalah dengan menghaluskan setengah mentimun yang kemudian bisa dicampurkan dengan satu sendok teh yoghurt dan satu cup oatmeal.

Haluskan semua bahan menggunakan blender hingga halus dan tercampur rata.

 

Selanjutnya kamu oleskan ke wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit. Setelah itu, kamu dapat membersihkannya dengan air hangat.

 

  1. Tomat

Asam salisilat dalam tomat mampu mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori, membantu pemulihan bagi kulit yang terpapar sinar matahari terlalu lama (sunburn), dan mengatasi kulit berminyak.

 

Cara membuat pembersih wajah alami dari tomat adalah haluskan tomat terlebih dahulu menggunakan blender. Lalu siapkan juga satu sendok makan gula. Selanjutnya, oleskan ke wajah selama lima menit dan bilas menggunakan air hangat suam-suam kuku.

 

  1. Madu dan Lemon

Bahan alami pembersih wajah selanjutnya adalah madu dan lemon. Kandungan yang terdapat di kedua bahan ini akan menjadi perpaduan yang sempurna untuk kesehatan kulit wajahmu. Madu dan lemon mengandung antioksidan.

 

Antioksidan berfungsi untuk menangkal bakteri penyebab jerawat dan penuaan dini. Terlebih lagi, kandungan vitamin C pada lemon dapat mencerahkan kulit. Cara meracik pembersih alami wajah untuk kulit kering berikutnya adalah dengan mencampurkan dua sendok teh madu dan satu sendok teh perasan air jeruk lemon.

 

Kemudian aplikasikan ke wajah dan diamkan sesaat. Setelah itu, jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air hangat suam-suam kuku.

 

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat cocok apabila digunakan pada tipe kulit yang kering. Karena kandungan antioksidan dan lemak yang mampu mengurangi radikal bebas. Manfaat lainnya dari minyak zaitun adalah meredakan iritasi akibat sunburn atau kulit yang terbakar karena terlalu lama terpapar sinar matahari.

 

Cara membuat pembersih dari minyak zaitun adalah cukup sediakan ½ cangkir minyak zaitun, ¼ cangkir vinegar (cuka), dan ¼ cangkir air matang.

 

Campurkan menjadi satu dan jadikan ramuan ini sebagai pengganti krim malam atau toner Anda. Fungsinya adalah untuk memudarkan bintik-bintik hitam, membuat kulit terasa lebih halus, dan dapat membunuh bakteri.

 

  1. Minyak Kelapa

 

Seperti halnya minyak zaitun, minyak kelapa juga sangat tepat jika digunakan untuk tipe jenis kulit kering. Ketika setelah beraktivitas seharian tanpa mencuci muka, wajahmu mungkin akan terlihat lebih kusam. Kamu dapat mengembalikan kecerahan kulit dengan cara memijat minyak kelapa pada wajah secara merata dan menyeluruh kurang lebih 30 detik.

 

Untuk membilasnya, kamu memerlukan handuk hangat yang ditempelkan ke wajah selama 15-30 detik untuk membuka pori-pori. Selanjutnya, angkat handuk tersebut secara perlahan dengan cara ditepuk, bukan dilap.

 

  1. Cuka Apel

Cuka apel terbilang cukup ampuh dalam memulihkan tingkat pH kulit yang di mana membantu meredakan jerawat, mengembalikan kulit ke kondisi yang normal, mencegah pori-pori tersumbat.

 

Caranya adalah dengan mencampurkan cuka apel secukupnya ke dalam air, kemudian kocok. Tuangkan campuran tersebut ke kapas, kamu bisa menjadikannya sebagai toner untuk mengangkat sisa-sisa debu dan kotoran yang masih ada di wajah. Jika sudah mengaplikasikannya, gunakanlah skincare harian kamu.

 

  1. Yoghurt

Tidak hanya untuk diminum, yoghurt juga dapat kamu jadikan sebagai bahan pembersih alami muka kering lho. Kandungan protein dan asam laktat mampu membantu proses detoksifikasi kulit. Selain itu, yoghurt juga dapat menyingkirkan sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori.

Cara mengaplikasikan yoghurt sebagai bahan pembersih wajah adalah sebagai berikut.

Oleskan yoghurt ke wajah dan lakukan pijatan lembut secara perlahan, lalu diamkan kurang lebih selama 5 hingga 10 menit. Kemudian bilaslah menggunakan air hangat, kamu juga dapat mengeringkannya dengan handuk bersih dengan cara menepuk bagian wajah.

 

  1. Teh Hijau

Bahan alami pembersih wajah yang mungkin jarang orang ketahui khasiatnya adalah teh hijau. Teh hijau tidak hanya sekedar diminum untuk menghangatkan dan kesehatan tubuh saja. Namun ternyata teh hijau juga mampu menutrisi kulit dari dalam

 

Selain itu, karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi, teh hijau juga dapat membuat kulit menjadi sehat. Teh hijau dapat kamu gunakan sebagai pembersih wajah juga dan sekaligus menangkal radikal bebas.

Merawat Kulit dari Dalam

Selain penggunaan bahan alami untuk pembersih wajah, kamu juga perlu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Yaitu dengan rajin minum air putih agar kulitmu tetap terhidrasi, konsumsi sayur dan buah untuk kebutuhan vitamin. Jangan lupa bahwa kulitmu juga membutuhkan nutrisi dari dalam melalui konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Selain itu, saat menggunakan skincare, pastikan untuk mematuhi cara pakai yang disarankan. Pastikan juga skincare yang kamu pilih adalah yang cocok untuk jenis kulit kamu. Oleh karena itu, mengenali jenis kulit yang kamu miliki adalah hal yang harus kamu perhatikan.

Gunakan sunscreen ketika berada di luar ataupun di dalam rumah, dan pilih skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Perhatikan Reaksi Alergi dan Iritasi

Hal lainnya yang tak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah reaksi alergi yang mungkin terjadi pada kulitmu. Sebab Walaupun menggunakan bahan alami sebagai pembersih wajah, bukan berarti kamu terbebas dari iritasi atau alergi.

Wajah akan menunjukkan reaksi tertentu ketika kamu menggunakan suatu produk. Begitu pun halnya saat menggunakan pembersih wajah alami hasil racikan sendiri.  Karena terkadang terdapat kandungan tertentu pada bahan-bahan alami tersebut yang kurang cocok untuk kulitmu.

Oleh karena itu, tetap berhati-hati saat memilih bahan alami untuk dijadikan sebagai ramuan pembersih wajah alami. Pastikan kamu tidak alergi pada salah satu kandungannya. Lebih baik hentikan jika terjadi iritasi, alergi dan semacamnya.

Demikianlah tips ramuan pembersih wajah alami yang bisa kamu praktekkan sendiri. Dan bahan-bahan apa sajakah yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!



Leave a Reply