Cara Tepat dalam Memilih Model Rambut untuk Pria dengan Wajah Oval

Potongan rambut seseorang merupakan salah satu hal yang akan sangat berpengaruh pada penampilannya. Menata model rambut sesuai bentuk wajah dapat membuat tampilan lebih menarik. Walaupun terlihat sama, potongan rambut pada pria sejatinya sangatlah beragam.

Pemilihan model rambut yang kurang sesuai dengan bentuk wajah akan menurunkan kepercayaan diri dan mengurangi penilaian dalam penampilan kamu. Jadi, jangan menjadikan trend sebagai pilihan utama kamu. Cek terlebih dahulu bentuk wajah kamu sebelum memilih model rambut yang diinginkan.

Cara mengetahui bentuk wajah kamu sangat sederhana. Yang perlu kamu lakukan adalah berdiri di depan cermin. Kemudian kamu dapat melukis pinggiran wajahmu yang terpantul di cermin dengan menggunakan spidol. Saat sudah selesai, kamu dapat membandingkan garis wajah yang sudah kamu buat.

Cara lainnya untuk mengetahui bentuk wajah adalah dengan menggunakan alat pengukur. Setidaknya ada empat bagian yang perlu diukur untuk mengetahui bentuk wajah. Seperti dahi, pipi, rahang bawah, dan panjang wajah.

Dalam mengukur dahi, kamu bisa memulainya dari tepi alis sebelah kiri hingga ke kanan. Kemudian ukur pipi yang dimulai dari tepi mata hingga ujung hidung dan diukur secara lurus, bukan diagonal. Untuk mengukur rahang bawah yaitu dengan mengukur dari ujung dagu hingga ujung rahang yang ada di dekat telinga. Dan yang terakhir yaitu mengukur panjang wajah, pengukuran dimulai dari pusaran rambut di atas dahi hingga ujung dagu.

Jangan lupa catat hasil pengukuranmu, dan jika sudah selesai kamu dapat membandingkannya dengan komposisi ukuran wajah.

Apabila kamu memiliki wajah yang ukuran panjangnya lebih besar dibandingkan pipi dan dahi, serta ukuran rahang bawah yang lebih kecil jika dibandingkan dengan pipi maupun dahi, maka wajahmu berbentuk oval.

Pria dengan wajah berbentuk oval sangatlah beruntung karena tidak perlu terlalu selektif dalam memilih potongan rambut. Dengan bentuk dahi dan pipi yang hampir sama serta ukuran dagu yang lancip, membuat mereka tidak perlu terlalu pusing memikirkan gaya rambut seperti apa yang sesuai dengan bentuk wajahnya. Karena pria dengan wajah oval akan terlihat cocok dengan potongan rambut gaya apapun.

Namun, yang perlu diingat di sini adalah kamu harus rutin memotong rambut. Ketika rambut mulai panjang dan menutupi wajah, gaya rambut tersebut terlihat tidak cocok bagi wajah oval. Untuk potongan rambut yang ideal, pria dengan wajah oval juga dapat menambahkan sedikit volume pada bagian atas rambut agar rahang dapat terlihat lebih tegas.

Jenis potongan rambut pria dengan wajah oval pun beragam. Supaya kamu tidak bingung, berikut ini adalah model rambut pria dengan wajah oval.

Jenis Potongan Rambut Pria dengan Wajah Oval

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pemilik wajah oval dapat memilih model rambut secara fleksibel. Namun, tetap ada beberapa hal yang harus dihindari agar tidak menambah kesan wajah yang semakin membulat yaitu hindarilah penggunaan poni. Sebaliknya, pilih rambut yang bervolume untuk menghindari kesan wajah yang gemuk.

  1. Mushroom Cut dengan Fade Undercut

Potongan rambut dengan sisi kanan dan kiri yang tipis, lalu dipadu-padankan dengan gradasi rambut yang lebih tebal saat semakin ke bagian atas akan menambah kesan keren loh.

  1. French Crop

Potongan rambut satu ini sangat cocok bagi kamu yang berwajah oval dan memiliki rambut yang sedikit ikal atau keriting. Jangan lupa untuk menyisir rambut ke arah bawah.

  1. Buzz Cut

Potongan rambut yang tipis seperti gaya militer juga sesuai untuk pria berwajah oval. Yang menjadi poin penting lainnya adalah jaga kesehatan kepalamu agar terbebas dari ketombe, karena potongan rambut ini akan memperlihatkan kulit kepalamu.

  1. Faux Hawk

Memotong rambut bagian kanan dan kiri sedikit lebih pendek dibandingkan rambut bagian atas, lalu menata rambut tengah agar bervolume ke arah atas dapat membantu menambah ketegasan dalam wajahmu.

  1. Pompadour

Kamu dapat mempertimbangkan potongan rambut ini untuk menunjang wajah ovalmu. Model rambut ini adalah timeless, dan kamu diharuskan melakukan maintainance setidaknya minimal dua kali seminggu.

Setelah mengetahui lima jenis potongan rambut pria dengan wajah oval, siapkah kamu untuk menata ulang rambut untuk meningkatkan penilaian penampilan kamu?



Leave a Reply