Essence: Pengertian dan Manfaatnya

Jaman sekarang, baik perempuan maupun laki-laki berlomba-lomba untuk melakukan perawatan wajah. Hal itu dilakukan bukan untuk sekedar penampilan saja, melainkan juga karena tingkat kepedulian pada kesehatan kulit semakin tinggi.

Perawatan wajah saat ini memang sudah banyak sekali yang beredar. Bahkan banyak perusahaan baru yang juga tidak ingin kalah saing dengan brand tertentu yang sudah dikenal lebih dulu. Tentu mereka pun memiliki keunggulan masing-masing dan memberikan janji kepada calon pembelinya agar tertarik membeli produknya.

Dari banyaknya jenis skincare ini mungkin yang lebih familiar di telinga kita adalah cleanser, toner, eye cream, dan lainnya. Namun, ada juga lho perawatan wajah lainnya seperti essence yang mana masih terasa asing bagi sebagian masyarakat.

Karena memang essence ini baru dikenal oleh masyarakat ketika banyak produk skincare mulai merajalela. Walaupun pemakaian skincare ini akan berfungsi jika sudah sesuai dengan jenis kulit, namun banyak juga yang tidak memberikan hasil apapun karena tidak mengetahui bagaimana cara penggunaannya yang tepat. Bahkan ada juga yang hanya ikut-ikutan beli karena mungkin produk tersebut sedang tren tanpa melihat fungsi dari produk.

Jadi, sebelum memilih skincare pun pastikan kamu sudah tahu apa jenis dan kebutuhan kulitmu. Kemudian, tidak hanya sekadar itu, kamu juga perlu belajar mengenal dunia skincare agar dapat memahami step by step pemakaian skincare.

Terlebih lagi untuk membedakan mana essence, toner, dan serum. Masih banyak juga yang belum bisa membedakan apa itu essence, apakah sama dengan hydrating toner dan serum?

Pengertian Essence

Essence adalah produk perawatan wajah yang memiliki fungsi untuk memberikan kelembaban dan juga mencerahkan kulit. Kelebihan dari essence ini adalah biasanya mengandung ekstrak dari tumbuh-tumbuhan. Essence wajah memiliki formula yang lebih kental jika dibandingkan dengan hydrating toner.

Beberapa kandungan di dalam essence adalah bahan yang aktif, namun tidak semua essence memilikinya. Kandungan bahan aktif tersebut tidak terlalu tinggi seperti kandungan di dalam serum.

Penggunaan essence yang tepat dapat memberikan hasil yang memuaskan, biasanya dipakai setelah membersihkan wajah atau setelah menggunakan toner atau sebelum memakai serum wajah.

Tuangkan essence ke telapak tangan, beberapa tetes saja sudah cukup. Lalu oleskan ke seluruh area wajah dengan menepuknya secara perlahan. Rasakan wajah kamu akan terasa lebih lembab dan kenyal.

Manfaat Essence

Memakai suatu produk tentu memiliki manfaat yang menjadi tujuan dari produk itu sendiri. Berikut ini adalah manfaat dari penggunaan essence.

  1. Mencegah kulit kering bahkan iritasi

Semakin umur berkurang atau bahkan karena kamu jarang mengaplikasikan perawatan wajah, kulitmu bisa semakin kering lho karena kelembabannya berkurang. Jika terlalu lama dibiarkan, kulit dapat mengalami iritasi.

  1. Mencerahkan kulit

Karena teksturnya yang cair dengan kandungan konsentrat tinggi, menyebabkan essence dapat meresap lebih cepat ke dalam kulit sekaligus hingga lapisan terdalam kulit. Dan kandungan vitamin C di dalamnya mampu mencerahkan kulit.

  1. Merupakan anti-aging

Lapisan kulit terluar wajah adalah yang paling rentan terpapar oleh partikel bebas, debu, kotoran, bakteri, dan mikroorganisme. Hal tersebut jika dibiarkan dapat menimbulkan penuaan dini.

Ada baiknya jika menggunakan produk essence ini secara teratur guna melindungi lapisan kulit terluar.

  1. Melembabkan kulit

Ini merupakan tujuan utama dari diproduksinya essence. Selain itu, pemberian nutrisi dari essence juga akan membuat kulit terasa lebih lembut dan halus. Efek tersebut didukung dengan adanya ekstrak tumbuhan dan hyaluronate acid.

  1. Mengembalikan pH wajah

Penggunaan essence juga dapat membantu mengembalikan pH kulit. Ketika kita membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih wajah, tentu akan membuat pH menjadi lebih basa.

Dan untuk menormalkannya kembali, kamu dapat menggunakan essence wajah dan toner setelah membersihkan wajahmu.

  1. Membantu penyerapan produk skincare lainnya

Cukup banyak yang mengakui bahwa produk yang mereka produksi dapat membantu penyerapan skincare lebih cepat dan dapat bekerja dengan baik.

Perbedaan Essence dan Serum Wajah

Pada dasarnya, serum adalah suatu produk perawatan wajah yang dibuat dengan kandungan bahan aktif yang cukup tinggi karena biasanya berfungsi untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti menyamarkan noda hitam, menghilangkan kerut, dan lainnya.

Tekstur antara essence dengan serum saat ini mungkin agak sulit dibedakan, karena memiliki tekstur yang mirip yaitu sedikit agak kental. Jadi, manakah yang harus digunakan?

Tergantung dari produk essence yang kamu pakai. Jika sudah mengandung bahan aktif yang cukup tinggi, penggunaan essence saja sudah cukup. Namun, jika fungsi antara essence dan serum berbeda, kamu pun tidak dilarang untuk menggunakan keduanya.

Misal, essence yang kamu pakai bermanfaat untuk menyamarkan flek hitam, sedangkan serum untuk mencerahkan kulit, kamu dapat memakai keduanya.

Tidak ada batasan umur untuk menggunakan treatment satu ini. Dan tujuan dari penggunaan kedua produk ini adalah sama yaitu untuk melembabkan kulit. Kamu tidak perlu menggunakan kedua produk ini, cukup pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Kamu dapat berkonsultasi untuk mengetahui perawatan seperti apa yang memang cocok untuk jenis kulitmu. Apabila kamu memiliki tipe kulit yang sensitif, sangat disarankan untuk mencoba essence.

Namun, jika kamu ingin mengatasi kulit yang kering, kamu dapat memakai serum karena teksturnya jauh lebih kental dibanding essence.  Setelah mencoba serum dan ternyata kurang cocok di kulit kamu, silakan gunakan essence dengan kandungan yang lebih ringan untuk melembabkan wajah.

Kecepatan penyerapan essence dengan serum memang lebih cepat si essence sendiri, namun perbedaan kecepatan di antara keduanya hanyalah sekitar kurang lebih 0.05 detik saja. Lalu, untuk mencapai hasil yang maksimal, seperti apa pemakaian essence yang tepat?

Cara Pemakaian Essence yang Tepat

  1. Biasakan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu, kamu dapat menggunakan facial foam lalu disusul dengan toner.
  2. Sebelum mengaplikasikan essence, kamu dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dulu. Pastikan tanganmu bersih, dan tuangkan 4 hingga 5 tetes essence ke telapak tangan.
  3. Kamu tidak perlu menggunakan kapas. Cukup tap-tap cairan essence dengan tanganmu ke seluruh area wajah sekaligus berikan sedikit pijatan halus agar essence sapat meresap.
  4. Apabila kamu ingin menggunakan kapas, kamu bisa tuangkan essence ke kapas dan pastikan seluruh bagian kapas sudah basah. Lalu, oleskan kapas itu ke wajah. Diamkan beberapa saat lalu lepas kapas sebelum mengering.
  5. Setelah penggunaan essence, kamu dapat menggunakan perawatan wajah berikutnya seperti serum dan day atau night cream.

Cara Memilih Produk Essence yang Bagus

Tidak hanya untuk skincare lainnya, memilih essence pun perlu diperhatikan apakah sudah sesuai dengan jenis kulitmu atau belum.

Jadi, pertama kali yang kamu lakukan adalah mengidentifikasi jenis kulit. Tidak hanya berlaku untuk produk perawatan wajah lainnya. Memilih essence pun perlu disesuaikan dengan tipe kulit yang kamu miliki.

Untuk kulit yang kering, pilihlah produk yang dapat melembabkan dan menghidrasi kulit. Perhatikan apakah essence yang kamu pilih memiliki ekstra kandungan untuk melembabkan.

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, pilih produk yang menghasilkan penetrasi baik. Kulit berminyak agak sedikit bandel untuk menerima skincare yang baru digunakan. Jadi, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dulu sebelum kamu menggunakan essence. Terlebih lagi, jika pori-pori kamu membesar dan tersumbat. Essence tidak akan sempurna menyerap ke dalam kulit.

Untuk kulit kombinasi, perhatikan tingkat stimulannya. Kulit kering sekali pun sebenarnya rentan menghasilkan sebum lho, karena minyak alami akan terus diproduksi untuk melembabkan kulit wajah.

Wajah yang berminyak bisa disebabkan oleh faktor hormon, kebiasaan mencuci muka, atau bahkan stres sekalipun. Kamu bisa memilih essence dengan kandungan sekecil mungkin untuk mencegah iritasi.

Sedangkan untuk wajah kusam, pilih essence yang mengutamakan pencerah wajah. Wajah kusam bisa saja terjadi akibat paparan radiasi sinar matahari. Untuk mengembalikan kecerahan kulit, kamu dapat menggunakan essence yang mengandung galactomyces, saurus chinensis, dan lainnya.

Jika tujuanmu menggunakan essence adalah untuk mengencangkan wajah, kamu dapat menggunakan essence yang mengandung ethanol dengan konsentrasi rendah.

Apabila kamu masih dalam usia remaja saat ini, namun kamu ingin menggunakan essence, pilihlah produk yang lebih praktis dan ekonomis yaitu essence tipe All in One.

Dan untuk mengurangi iritasi yang terjadi pada kulit, kamu dapat menggunakan essence yang minim zat aditif.

Jadi, penggunaan essence ini sendiri cukup penting karena merupakan produk vital yang dapat mempermudah penyerapan skincare lainnya dan menyiapkan kulit untuk menerima treatment selanjutnya.

Selalu ingat bahwa carilah produk yang aman, bukan hanya bagus. Karena produk yang bagus itu belum tentu aman, namun produk yang aman sudah pasti bagus asal disesuaikan dengan kebutuhan dan tipe kulit.

Jika kamu masih bingung akan memilih essence yang mana, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter, atau meminta rekomendasi dari teman yang memiliki kasus serupa denganmu, atau dengan mencari review produk secara online.



Leave a Reply