Hindari Skincare Berbahaya Demi Kulit yang Sehat

Penggunaan skincare harus dilakukan sesuai prosedurnya dan dipakai secara berurutan, mulai dari cleanser hingga sunscreen. Kalau urutannya sudah benar, namun terjadi iritasi atau efek samping yang mungkin sangat fatal, bisa jadi skincare yang kamu gunakan adalah produk yang kurang sesuai dengan jenis kulitmu atau mungkin memang di dalamnya terkandung bahan yang berbahaya.

 

Menjadi pengguna skincare tidak hanya memerlukan modal materi saja untuk membelinya, tapi kepandaian dan kecermatan dalam memilih produk juga wajib dimiliki. Kenapa? Karena asal memilih produk bisa memberikan dampak jangka panjang bagi kulit.

 

Pemilihan produk berdasarkan jenis kulit dan kebutuhan saja kurang tepat, kamu dituntut untuk lebih cermat lagi dalam menilai suatu produk skincare sebelum membelinya.

 

Pasalnya, cukup banyak juga skincare berbahaya yang sudah beredar di pasaran. Apakah skincare yang kamu gunakan bukan termasuk salah satunya?

 

Tips Menghindari Penggunaan Skincare Berbahaya

Kamu sudah pasti sering mendengar hidroquinon dan merkuri yang terkenal sebagai bahan berbahaya dalam skincare. Namun, masih banyak yang menambahkan kedua zat tersebut ke dalam produknya. Agar terhindar dari skincare yang mengandung merkuri, berikut tips yang dapat kamu lakukan.

 

  1. Perhatikan Merk

Produk skincare yang aman, pasti memiliki nama jelas atau nama paten. Sehingga para konsumen dapat memeriksa kevalidan datanya di website BPOM. Jika ada skincare yang mana tidak tertera nama pada wadahnya, kemungkinan itu adalah produk abal-abal.

 

 

 

 

  1. Terdapat Bahan Baku pada Skincare

Kandungan atau zat aktif (ingredients) biasanya akan tertulis di wadah skincare. Tentunya, sebelum membeli sesuatu kamu akan memeriksa kandungannya bukan? Tidak mungkin kamu mau memakai suatu produk yang mana kandungannya tidak jelas ada apa saja.

 

  1. Setiap Produk Memiliki Aturan Pakai

Produk skincare masing-masing memiliki aturan pemakaian yang berbeda. Apakah skincare milikmu memiliki aturan pakai yang jelas? Aturan pemakaian skincare biasanya tertera pada badan atau wadahnya.

 

Skincare sebagus apapun jika tidak dipakai sesuai aturannya, maka tidak akan memberikan manfaat bagi kulit. Maka dari itu, aturan pakai sangatlah penting.

 

  1. Tertera Nama Perusahaan Pembuatnya

Cukup banyak yang kurang memerhatikan di mana skincare tersebut diproduksi. Mulai sekarang, perhatikan dengan teliti apakah terdapat nama perusahaan yang memproduksi skincare tersebut.

 

  1. Nomor BPOM yang Valid

Apabila produk tersebut sudah terdaftar di BPOM, nomor registrasinya akan tertera pada wadah skincare.

 

Hal tersebut memudahkan kamu untuk melakukan pengecekan pada website resmi BPOM dan yakin bahwa produk yang digunakan sangat aman. Hindari penggunaan skincare yang tidak jelas nomor BPOM nya!

 

  1. Perhatikan Nomor Batch dan Expired Date

Setiap produk memiliki masa layak pakainya. Jadi, pastikan tanggal kadaluwarsanya tertera dengan jelas.

 

Dengan memerhatikan enam poin penting di atas, kamu sudah dapat membedakan mana skincare yang aman dan tidak berbahaya.

 

Lalu, apakah di sekitar kita ini masih terdapat skincare berbahaya? Tentu masih ada karena banyak oknum yang melakukan ‘pengoplosan’ skincare demi memperkaya diri sendiri tanpa memikirkan kesehatan dan keselamatan orang lain.

 

Biasanya produk mereka tidak menampilkan nomor BPOM, nama merk tidak tertera, aturan pakai tidak ada, hanya menjanjikan manfaat dari penggunaan produk mereka.

 

Ada yang mengakui produknya dapat mencerahkan kulit dalam waktu satu minggu saja, bahkan ada yang dapat memutihkan kulit dalam sekali usap.

 

Konsumen yang cerdik tentu tidak langsung tergiur begitu saja, melainkan melakukan enam langkah yang sudah dijelaskan di atas. Lantas, apa sajakah daftar skincare yang membahayakan?

 

Daftar Skincare Berbahaya

Berikut adalah daftar skincare berbahaya 2020.

 

  1. ADHA Skincare
  2. Bebwhite C Skincare
  3. LC Beauty and KFSkin Cosmetic
  4. Davina Skincare
  5. Klinskin
  6. WDC
  7. Rose
  8. Collagenplus
  9. Babypink Sucofindo
  10. Krim Turbo
  11. Lavina Skincare
  12. Cucok Meong Skincare
  13. TABITA skincare
  14. BEAUTY G Day Cream
  15. LIXIAO Night Cream
  16. Rose Night Cream
  17. D’SWISS Night Cream
  18. L’COME Day Cream
  19. LA WIDYA COLLAGEN Day
  20. LABITHA Night Cream
  21. KOREAN WIDYA Night Cream
  22. Whitening Treatment Night Cream
  23. LIE CHE Day Cream/ Whitening Soap
  24. LIEN HUAN Day/ Night Cream
  25. Walet Day/ Night Cream
  26. SP Special UV Whitening
  27. Special Pearl Cream Super
  28. Pemutih Sejuta Bintang
  29. Day/ Night Cream SJ Sin Jung
  30. VAYALA Night/ Day Cream,  Sabun Transparan
  31. Klip 80″s Day/ Night Cream
  32. Temulawak Two Way Cake

 

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi daftar skincare berbahaya 2021. Hasil yang memuaskan dari skincare tidak dapat kamu peroleh dalam waktu singkat. Karena pada dasarnya, skincare diperuntukkan untuk memberikan perawatan dan hasil untuk jangka panjang.

 

Jadi, jika kamu menemukan produk yang sekali pakai langsung terlihat jelas hasilnya, kemungkinan itu termasuk skincare yang berbahaya. Kira-kira apa saja dampak dari penggunaan skincare berbahaya?

 

  • Dapat menyebabkan kerusakan syaraf
  • Memperlambat pertumbuhan janin
  • Menimbulkan flek hitam di kulit
  • Menyebabkan keguguran janin
  • Menyebabkan kemandulan
  • Kerusakan pada saluran pencernaan
  • Kerusakan sistem ekskresi pada tubuh

 

Apabila saat ini kamu masih memakai skincare yang abal-abal, hentikan pemakaiannya sekarang juga untuk menghindari paparan zat berbahaya yang terlalu lama.

 



Leave a Reply