Ini Dia Aneka Skincare Pria dan Tips Praktis Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit harus dijaga agar tetap sehat, lembab, bersih, dan bersinar. Berbagai persoalan kulit juga dapat dihindari dengan menjaga kesehatan kulit secara rutin dan berkelanjutan. Berdasarkan karakternya, kulit pria lebih berminyak dan produksi sebum lebih banyak dibandingkan wanita karena berbagai hal, termasuk ukuran pori-pori dan jumlah aktivitasnya.

Meskipun demikian, sebagian besar pria masih belum terbiasa menggunakan skincare yang lengkap dan benar. Sikap acuh tak acuh pria terhadap kondisi kulitnya memang harus diakhiri, terlebih mengenai wajah.

Kamu harus terbiasa merawat kulit agar tetap sehat, bersih, dan terhindar dari berbagai persoalan. Bagaimanapun juga, kondisi kulit yang demikian semakin meningkatkan kualitas penampilan.

Skincare laki-laki juga cukup beragam. Untukmu yang pusing mempelajarinya, tak perlu cemas karena sudah ada pedoman lengkap dalam memilih skincare lengkap sampai cara memakainya. Bahkan, terdapat produk skincare khusus untuk pria karena sudah diformulasikan khusus. Ingin tahu seperti apa penjelasannya? Simak uraiannya di bawah ini.

Perbedaan Skincare Pria dan Wanita

Kebutuhan mengenai skincare memang tidak sama antara pria dan wanita. Justru lebih banyak pria malas menggunakan skincare dengan berbagai alasan. Ada yang menilai tidak terlalu penting dan ada yang bingung harus memulainya dari mana.

Beragam faktor tersebut menunjukkan perlunya memahami skincare yang baik untuk pria. Agar tidak salah paham, ternyata skincare yang khusus direkomendasikan untuk pria ini mempunyai formula tersendiri yang menyesuaikan dengan karakter kulit pria.

Bahan aktif yang terdapat di dalamnya sudah diracik sedemikian rupa, sehingga optimal dalam merawat dan menyehatkan kulit pria.

Perbedaannya dengan skincare wanita tentu saja adalah komponen bahan aktif di dalamnya ataupun porsi dari beberapa bahan di dalamnya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan produk skincare yang secara khusus mengeluarkan seri produk pria.

Kamu tinggal menyesuaikan skincare dengan jenis kulitnya. Hal yang istimewa dari skincare untuk laki-laki adalah adanya pewangi yang digunakan. Seperti aroma parfum, skincare pria cenderung mempunyai aroma harum yang maskulin, misalnya musk dan wood.

Daftar Skincare Pria

Berbagai aktivitas pria yang lebih optimal dibandingkan wanita dengan produksi minyak dan sebum lebih banyak, menyebabkan kulit pria harus tetap dijaga kesehatannya. Perawatan dengan skincare khusus pria memang harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

Tujuannya agar kulit sehat, bersih, terhindar dari berbagai persoalan kulit, dan yang tak kalah penting adalah agar glowing atau bersinar. Wajah pria juga tetap harus glow up agar semakin meningkatkan kualitas penampilan.

Berbagai jenis skincare pria di bawah ini merupakan rangkaian produk yang harus dipakai. Walaupun cukup banyak, namun semuanya dapat dipakai sesuai urutan yang sudah baku. Jadi, kamu tak perlu bingung lagi, terlebih jika membaca pembahasan berikut ini.

  1. Sabun Wajah Pria

Tahap pertama dalam perawatan wajah adalah membersihkan muka. Untuk itu, basic skincare yang diperlukan adalah sabun wajah pria. Sebagian besar pria mempunyai gaya hidup yang aktif dan juga seringkali berkeringat, dibandingkan wanita, sehingga wajahnya rentan berminyak dan berjerawat.

Oleh karena itu, sabun wajah pria harus selalu dipakai setiap kali mandi dan setiap selesai beraktivitas.

Sabun pria yang bagus adalah yang mampu mengangkat debu, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah dengan optimal. Apabila tipe kulitnya berminyak, maka pilihlah sabun yang mengandung scrub agar kotoran yang terselip di pori-pori kulit dapat terangkat dengan baik.

  1. Face Toner

Skin care pria berikutnya yang sangat penting adalah face toner. Untukmu yang mudah berkeringat atau sering terpapar polusi di jalan, face toner adalah skincare yang penting untuk dipakai secara rutin.

Produk ini merupakan solusi yang sangat membantu dalam mengangkat sel kulit mati serta menjaga kulit wajah agar tetap lembab. Kotoran di wajah juga bisa terangkat saat menggunakan face toner, tetapi tetap saja perlu membersihkannya menggunakan sabun cuci muka yang tepat.

Face toner ini sangat mudah dipakai yaitu dengan menuangkan sedikit toner ke sehelai kapas, kemudian tepuk-tepuk pelan kapas tersebut ke kulit wajah. Jika kapas sudah kotor, maka artinya banyak kotoran yang menempel dan sudah terangkat.

  • Essence

Essence adalah skin care untuk pria dengan tekstur ringan dan nyaman di kulit. Fungsinya adalah untuk melembabkan kulit, sehingga tetap halus dan tidak mengalami kerutan atau garis halus. Lebih dari itu, essence ini bisa membantu mengatasi berbagai persoalan kulit berupa akumulasi sel kulit mati, jerawat, dan komedo.

  1. Serum

Serum ini adalah produk skincare yang fungsinya sama dengan essence yaitu melembabkan kulit, namun juga mengatasi berbagai persoalan kulit lainnya. Hanya saja, serum ini mempunyai tekstur lebih kental dan mempunyai jenis produk yang lebih lengkap.

  1. Moisturizer

Moisturizer atau pelembab ini dapat dipakai setelah membersihkan wajah dan memakai essence atau serum. Pelembab wajah untuk pria tentu mempunyai formulasi khusus yang sangat cocok untuk menjaga kelembaban kulit wajah pria.

Moisturizer ini mampu mengontrol kadar minyak yang berlebih, sehingga pemilik kulit lembab pun masih bisa menggunakannya meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan yang mempunyai tipe kulit kering. Moisturizer ini adalah kunci agar kulit pria lebih halus.

  1. Krim Malam

Skincare buat cowok juga ada yang dipakai pada malam hari yaitu krim malam. Fungsinya adalah untuk memberikan vitamin ekstra untuk kulit, sehingga nutrisi kulit dapat terpenuhi sepanjang hari. Krim ini umumnya dipakai saat malam hari menjelang tidur karena kulit lebih mudah menyerap krim saat tubuh terlelap.

  1. Masker Wajah

Masker wajah adalah produk penting yang sangat perlu dipakai rutin. Masker wajah ini akan menutrisi kulit pria agar tetap sehat, lembut, dan kencang. Berbagai persoalan kulit juga akan teratasi dengan pemakaian masker wajah yang akan membantu regenerasi sel kulit, pengangkatan sel kulit mati, dan penyembuhan luka akibat masalah jerawat atau komedo.

  1. Sunblock

Sunblock sangat penting dipakai untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung sinar UVA dan UVB. Efek radikal bebas dari sinar tersebut akan mengganggu kesehatan kulit.

Lebih dari itu, tentu saja kulit akan berubah menjadi lebih gelap dan kering akibat tersengat sinar matahari. Oleh karena itu, gunakanlah sunblock yang mengandung SPF sesuai.

Terdapat ukuran SPF masing-masing yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin lama berada di bawah sinar matahari dan sering, maka memerlukan SPF lebih tinggi.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Pria

Selain mengenal berbagai produk skincare untuk pria, kamu juga perlu memahami urutan pemakaiannya. Berikut ini adalah panduan penting dalam merawat kesehatan kulit pria agar tetap bersih, bersinar, dan terhindar dari berbagai persoalan kulit.

  1. Menggunakan Face Toner agar Pembersihan Optimal

Face toner adalah produk pembersih wajah yang diperlukan untuk mengoptimalkan pemakaian skincare berikutnya dan mampu mengangkat sisa kotoran dan debu yang masih menempel di wajah. Pemakaian face toner secara rutin juga akan melembabkan wajah dan menjaganya tetap sehat.

  1. Menggunakan Sabun Pembersih Wajah yang Sesuai

Menggunakan sabun pembersih wajah adalah langkah pertama yang harus dilakukan setiap kali akan menggunakan skincare apapun itu. Pilih juga sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit agar tidak menimbulkan masalah lain.

  1. Mengaplikasikan Moisturizer

Moisturizer juga sangat penting untuk kulit agar tetap lembab, sehingga mencegah kulit kering, kusam, dan sel kulit mati. Pelembab ini dapat dipakai setelah menggunakan essence dan serum.

Untuk kulit yang sensitif atau kulit yang lembab, cukup menggunakan pelembab dan essence karena tekstur serum yang lebih padat dapat memengaruhi kondisi kulit.

  1. Menggunakan Masker Wajah 2-3 Kali dalam Seminggu

Skincare cowok termasuk masker wajah ini juga sangat penting sebagai upaya menutrisi kulit. pemakaian masker wajah ini dapat berkisar antara 2-3 kali dalam satu minggu. Setiap minggunya, pastikan kamu merawat kulit dengan baik.

  1. Menggunakan Sunblock di Daerah Terik

Pemakaian sunblock di daerah terik sudah sangat dianjurkan dan para pria harus menurutinya. Kulit akan terlindungi dari sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB jika menggunakan sunblock. Kulit juga akan aman, tidak menjadi lebih gelap, kering, dan kusam. Ditambah lagi, gunakan pelindung jika berada di bawah terik matahari, misalnya topi, masker, dan kacamata.

  1. Minum air putih yang banyak

Skin care khusus pria memang sudah diformulasikan untuk merawat kulit pria agar tetap sehat, bersih, kencang, dan bersinar. Upaya ini harus dioptimalkan dengan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

Lebih dari itu, perawatan dari dalam dengan mengonsumsi air putih juga sangat membantu mengeluarkan toxin dalam tubuh dan meningkatkan kelembaban kulit agar lembut dan tidak kusam.

Itulah berbagai panduan dalam merawat kulit pria. Sebagai seorang pria, kamu harus memahami kebutuhan kulit dan memulai hidup sehat yang salah satunya adalah merawat kesehatan kulit. Yuk, jangan ragu  untuk merawat kulit mulai dari sekarang!



Leave a Reply