Inspirasi Jenis Potongan Rambut Pria dengan Wajah Lonjong

Kesempurnaan penampilan dimulai dari ujung kepala hingga kaki bukanlah sesuatu yang hanya diminati kaum hawa saja, saat ini kaum adam pun berbondong-bondong menata penampilannya.

Penampilan menjadi sorotan utama bagi publik karena dinilai dapat memberikan kesan pertama bagi orang yang melihatnya. Pada umumnya, lawan bicara akan memperhatikan kita pada wajah ketika berbicara. Begitu juga dengan orang yang kita jumpai tanpa sengata saat berjalan atau di dalam transportasi umum.

Hal ini memicu semua orang menata penampilannya lebih baik lagi, tidak hanya dalam hal berpakaian namun juga dalam penataan gaya rambut.

Penilaian tampan dan maskulinitas pada pria adalah sesuatu yang mutlak bagi pria. Walaupun memiliki wajah yang biasa saja, sekarang ini dapat diatasi dengan mudah. Kamu cukup melakukan perawatan wajah, kulit, dan juga menata gaya rambut. Gaya rambut pun beragam dan sering kita lihat di dunia maya maupun dunia nyata.

Mengatur ulang gaya rambut kamu dengan pilihan yang tepat dapat menunjang wajah kamu loh. Jadi, jangan asal mengikuti trend saja, kamu harus perhatikan pula dari segi bentuk wajah yang kamu miliki. Bentuk wajah berbeda juga menentukan model rambutnya.

Sebelum menentukan jenis potongan rambut, terlebih dahulu kamu harus melihat bentuk wajah. Bentuk wajah apa yang kamu miliki? Untuk mengetahuinya, kamu dapat menggunakan alat ukur maupun dengan bercermin saja.

Mari kita mulai dengan cara yang paling sederhana, yaitu bercermin. Dengan mengandalkan cermin dan spidol, kamu bisa mengetahui bentuk wajah kamu. Hadapkan diri kamu ke depan cermin, perhatikan wajahmu baik-baik, lalu mulailah untuk melukis garis wajah pada pantulan wajahmu di cermin. Setelah selesai, lihat dan perhatikan hasil akhirnya yang terlukis pada cerminmu.

Cara yang kedua adalah menggunakan alat ukur, di mana kamu harus mengukur dahi, tulang pipi, rahang bawah, dan panjang wajah. Untuk dahi, kamu perlu mengukur dari pangkal alis kiri hingga alis kanan. Kemudian disusul dengan mengukur tulang pipi, dimulai dari tepi mata hingga ujung hidung secara lurus.

Setelah itu, kamu bisa mengukur rahang bawah yaitu mulai dari bagian tengah dagu hingga ujung rahang yang berada di dekat telinga. Kemudian hasilnya dikalikan dua untuk mendapatkan total panjangnya.

Lalu, ukur juga panjang wajah kamu yang dimulai dari pusaran rambut di atas dahi gingga ujung dagu. Komposisi ukuran tadi jangan lupa dicatat sehingga kamu bisa melakukan perbandingan untuk setiap bentuk wajah.

Pada umumnya, wajah pria terbagi menjadi 6 bentuk, ada bentuk persegi, segitiga, persegi panjang, bulat, diamond, dan oval atau lonjong.

Mari kita lakukan perbandingan dengan hasil pengukuran yang telah dilakukan sebelumnya untuk membuktikan apakah bentuk wajah kamu sekarang ini termasuk bentuk lonjong atau bukan. Pada dasarnya, wajah bentuk lonjong memiliki karakteristik ukuran panjang wajah yang lebih besar jika dibandingkan pipi dan dahi. Ukuran rahang bawah lebih kecil dibandingkan pipi, dahi, maupun panjang wajah.

Jenis Potongan Rambut Pria dengan Wajah Lonjong

Sekarang, mari kita masuk ke pembahasan terpenting yang akan memengaruhi penampilan kamu nanti, yaitu model rambut untuk pria dengan wajah lonjong. Setidaknya ada 5 model rambut yang dapat kamu ikuti jika memiliki wajah lonjong.

  1. French Crop

Apabila kamu memiliki rambut yang keriting atau ikal, pilihan model ini akan cocok dengan rambutmu. Untuk meringankan kesan lonjong pada wajah, sisirlah rambut ke bawah atau ke samping.

  1. Mushroom Cut dengan Fade Undercut

Dengan memotong tipis area samping kanan dan kiri, serta membiarkan rambut bagian atas lebih tebal akan menambah kesan keren pada penampilan kamu loh.

  1. Buzz Cut

Model rambut pendek dan sedikit tipis seperti ala militer juga cocok untuk melengkapi penampilan kamu. Gaya rambut ini juga sangat cocok jika kamu ingin memamerkan bentuk rahang dan tulang pipi.

  1. Faux Hawk

Menata rambut dengan bagian atas yang lebih tebal dan bervolume akan membuat pipi dan tulang rahangmu terlihat lebih tegas.

  1. Pompadour

Semakin keren dengan potongan rambut Pompadour, namun kamu perlu memberikan perhatian khusus karena gaya rambut ini memerlukan maintainance minimal setiap 2 minggu sekali untuk mempertahankan bentuknya.

Itulah kelima model rambut pria dengan wajah lonjong. Kamu dapat mempertimbangkan gaya rambut mana yang akan digunakan untuk menunjang penampilan kamu.



Leave a Reply