Kulit Putih dan Bersih dengan Urutan Skincare yang Benar

Memiliki kulit yang bersih dan sehat menjadi dambaan setiap orang. Impian itu dapat diperoleh dengan menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit kamu. Namun, tidak cukup sampai di situ saja, karena hasil maksimal dari produk perawatan kulit juga dipengaruhi dari urutan pemakaiannya.

Penting sekali bagi kalian yang baru terjun ke dunia perawatan kulit untuk mengetahui bagaimana urutan skincare yang benar. Hal ini bertujuan agar manfaat dari skincare tersebut dapat kamu rasakan seluruhnya.

Tentu kalian tidak mau kan sudah membeli berbagai rangkaian skincare yang mahal, tapi ternyata tidak dapat memberikan manfaat di kulit hanya karena salah urutan pemakaian skincare.

Perlu kamu pahami bahwa terdapat perbedaan antara urutan skincare pagi dan malam. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini agar kamu tidak salah dalam pemakaiannya ya.

Urutan Skincare Pagi yang Benar

  • Facial Wash

Dalam produk skincare tersedia facial wash atau face wash yang kandungannya khusus digunakan pada kulit. Mungkin masih banyak dari kalian yang menggunakan sabun badan untuk wajah, mulai dari sekarang sebaiknya dihentikan.

 

Cara pemakaian facial wash pun juga perlu diperhatikan. Memakai face wash seharusnya selembut mungkin, bukan di-rubbing secara asal. Apalagi jika diberikan pijatan terlalu keras, hal ini dapat memicu kelenjar minyak akan memproduksi minyak lebih banyak lagi dan jerawat akan mulai bermunculan lebih banyak.

 

Sebelum mengaplikasikan facial wash, basahkan terlebih dahulu wajah kamu. Kemudian, oleskan ke wajah sembari memberikan pijatan pelan. Lakukan selama kurang lebih 1 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

 

Kamu juga dapat mengeringkannya dengan handuk wajah secara perlahan. Khasiat dari langkah-langkah tersebut adalah wajah kamu akan terasa lebih lembut.

  • Toner

Setelah mencuci wajah, kamu dapat mengaplikasikan toner untuk mengembalikan pH wajah. Fungsinya adalah agar produk skincare pada urutan selanjutnya dapat bekerja maksimal.

 

Cara mengaplikasikan toner bisa meratakannya dengan tangan atau kapas. Jika menggunakan kapas, kamu bisa menuang sedikit toner ke kapas lalu usap ke wajah secara perlahan tanpa ditekan.

  • Serum

Serum memiliki kandungan aktif yang bagus untuk kulit. Cara pemakaiannya bisa dituang ke tangan terlebih dahulu atau langsung diteteskan di tiga titik wajah, seperti dahi dan kedua pipi.

 

Teteskan serum ke bagian dahi dan kedua pipi, lalu ratakan menggunakan tangan. Kamu juga dapat mengaplikasikan serum ke bagian leher juga lho. Jika sudah selesai, gosokkan kedua tanganmu hingga terasa hangat, lalu tempelkan ke wajah. Gunanya agar penyerapan serum lebih cepat dan maksimal.

 

Serum biasanya kaya akan pelembab, jadi setelah memakainya kulit akan terasa lebih lembab dan kenyal. Dengan catatan, kamu memakai serum yang sesuai jenis kulit dan kebutuhanmu ya.

  • Day Cream

Bagi kalian yang lebih banyak  beraktivitas di dalam ruangan, gunakanlah day cream atau krim siang yang ber-SPF. Aplikasikan day cream 2-3 menit setelah menggunakan serum.

  • Eye Cream

Masih banyak lho yang meremehkan fungsi dari eye cream ini, padahal eye cream juga termasuk skincare rutin yang harus dilakukan. Karena untuk mencegah tanda-tanda penuaan yang sering kali muncul di bagian mata.

 

Cara pemakaiannya cukup berikan beberapa titik di bawah dan kelopak mata. Kemudian diratakan secara perlahan tanpa di-rubbing, biasakan untuk menepuk perlahan agar eye cream merata. Rubbing di area mata hanya akan membuat bagian bawah mata kamu semakin hitam karena panas akibat rubbing, dan menyebabkan kerutan semakin terlihat.

  • Sunscreen

Bagi kamu yang beraktivitas harus ke luar rumah, biasakan untuk memakai sunscreen dan menjadikannya urutan paling akhir dalam skincare atau make up kamu. Fungsinya adalah agar kamu terhindar dari paparan radiasi sinar UV yang dapat membakar kulit.

Urutan Skincare Malam yang Benar

Setelah beraktivitas seharian, kulit wajahmu mungkin akan terlihat lebih kusam dikarenakan minyak dan paparan debu yang menumpuk di wajah. Untuk mengatasinya agar tidak semakin berlama-lama di wajah, mari simak urutan pemakaian skincare malam sebelum dan sesudah kamu mandi.

  • Double Cleansing

Double cleansing terdiri dari tiga jenis yaitu oil balm, oil cleansing, dan micellar water. Jika memiliki kulit yang berminyak, kamu dapat menggunakan micellar water karena bukan oily based sehingga lebih cocok untuk tipe kulit kamu.

Jika memakai yang oily based, kulit wajah berminyak akan diperburuk dengan munculnya komedo. Keunggulan micellar water ini adalah dapat digunakan pada semua jenis kulit.

  • Facial Wash

Ketika kamu akan beranjak tidur, sebaiknya gunakan facial wash kembali. Face wash dapat kamu gunakan sebanyak dua kali sehari.

  • Masker

Gunakanlah masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Marena fungsi masker pun berbeda-beda, ada yang berguna untuk melembabkan kulit, mengangkat kotoran, mengecilkan pori-pori, dan sebagainya.

 

Hindari pemakaian masker peel off, sebaiknya gunakan masker seperti sheet mask atau yang dicuci. Masker peel off hanya akan mengangkat komedo sekaligus rambut-rambut halus pada wajah. Tentunya, kamu juga akan mendapat bonus rasa sakit saat masker mulai dilepaskan.

 

Kamu dapat mengaplikasikan masker menggunakan tangan atau kuas khusus masker dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan keringkan secara perlahan dengan handuk wajah.

 

Pemakaian masker dapat dilakukan sebanyak satu atau dua kali setiap minggu. Untuk sheet mask dapat digunakan setiap hari.

  • Toner

Pemakaian toner di malam hari fungsinya sama dengan pemakaian pada pagi hari, yaitu untuk mengembalikan pH wajah dan memaksimalkan kerja skincare rutin berikutnya.

  • Eye Cream

Perawatan untuk mata tidak hanya dilakukan pada pagi hari, namun juga malam hari. Ingat ya! Tidak di-rubbing atau digosok, tepuk saja secara perlahan untuk menghindari kerutan.

  • Night Cream

Aplikasikan night cream secukupnya, tidak perlu terlalu banyak dan tebal. Karena dengan lapisan tipis pun night cream juga akan tetap bekerja dengan baik. Ratakan night cream dengan tangan secara perlahan, tanpa digosok dengan keras.

  • Serum

Maksimalkan kerja skincare malam dengan serum yang mana lebih banyak mengandung bahan aktif. Saat kamu tidur, serum akan bekerja dengan baik.

Ulangi kebiasaan pemakaian skincare ini setiap harinya dan sesuai aturan. Untuk perawatan tambahan, kamu juga dapat melakukan exfoliating setiap seminggu sekali agar kulit wajah bersih secara optimal.

Setelah menyimak urutan skincare routine, apakah kamu sudah siap mengaplikasikan skincare kamu dengan benar?

Pemakaian setiap produk biasanya akan memiliki urutan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan serum dulu, lalu dilanjutkan dengan eye cream dan night cream.

Kemudian ada juga yang menyediakan face oil yang berfungsi untuk menghindari kulit yang terlalu berminyak dan lengket. Jadi, pastikan kamu tetap membaca cara pemakaian dengan teliti.

Jika kamu sudah memasuki usia pubertas dan remaja, bisa menggunakan skincare yang sesuai usia kalian ya.

Kalau kamu masih ragu, silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar kamu bisa mendapatkan rekomendasi skincare beserta tahapannya. Sekarang, kamu sudah mendapat gambaran terkait tahapan skincare yang benar, jadi, tunggu apa lagi? Saatnya merawat kulit dengan urutan skincare yang benar.



Leave a Reply