Macam Macam Skincare dan Fungsinya

Sekarang ini, banyak sekali orang melakukan perawatan pada wajah dengan menggunakan berbagai produk skincare. Apa itu skincare? Skincare adalah serangkaian aktivitas merawat kulit agar kulit tampak sehat.

Apa sih pentingnya menggunakan skincare? Sebagai manusia yang memiliki tubuh dengan sistem yang kompleks,perlu untuk menjaga banyak hal dari tubuh, termasuk bagian wajah.

Area wajah merupakan bagian paling rentan terkena kotoran karena dapat terpapar secara langsung. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan lebih untuk menjaga kesehatan wajah.

Menggunakan skincare juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, komedo, keriput dan lainnya.

Bagi yang baru memulai dalam merawat wajah, pastinya bingung dengan banyaknya skincare yang ada. Tentunya tidak semua produk skincare yang dijual di pasaran dapat digunakan. Perlu penyesuaian dengan kebutuhan dan tipe kulitmu.

Terdapat macam-macam skincare yang perlu diketahui fungsinya sehingga dalam pemilihan  produk skincare dapat sesuai dengan kebutuhan kulit. Berikut adalah macam-macam skincare dan fungsinya.

Pembersih Wajah

Ragam pertama dari macam-macam skincare dan fungsinya yang perlu untuk diketahui sebagai pemula adalah pembersih wajah. Ini merupakan produk paling dasar yang perlu diketahui.

Apa sih manfaat dari pembersih wajah? Tentunya untuk membersihkan tumpukan kotoran yang ada pada wajah setelah seharian beraktivitas. Terutama jika sangat aktif  berada di luar ruangan dan langsung terpapar sinar matahari.

Membersihkan wajah menggunakan produk pembersih wajah juga penting bagi kamu yang menggunakan make up dalam keseharian karena membiarkan sisa make up menumpuk di wajah daapat menyumbat pori-pori kulit.

Pori-pori yang tersumbat akan menyebabkan banyak masalah kulit seperti timbulnya jerawat dan komedo. Oleh karena itu, kebutuhan produk pembersih wajah sebagai tahap awal dalam melakukan rangkaian skincare sangatlah penting.

Terdapat dua jenis pembersih wajah, yaitu yang berbahan dasar air atau water based dan yang berbahan dasar minyak atau oil based. Bagi yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, bisa menggunakan pembersih wajah dengan jenis water based.

Hal ini karena biasanya pembersih wajah dengan jenis water based mengandung surfaktan yang memungkinkan air untuk membilas kotoran yang menumpuk dan keringat yang ada.

Dan bagi yang memiliki tipe kulit kering, cocok untuk menggunakan pembersih wajah menggunakan oil based.

Toner Wajah

Ragam skincare yang perlu untuk kamu ketahui selanjutnya adalah toner wajah. Toner dapat digunakan setelah membersihkan wajah dengan produk skincare pembersih wajah.

Apa fungsi dari toner wajah ini? Pertama adalah toner dapat mengangkat sisa kotoran dan minyak yang masih menempel ketika membersihkan wajah. Kedua, toner akan mengembalikan pH kulit yang hilang ketika kamu membersihkan wajah.

Biasanya pembersih wajah akan membuat kulit terasa sedikit lebih kering, dengan menggunakan toner, pH kulit akan kembali seimbang. Toner juga dapat membantu mempersiapkan kulit untuk menggunakan produk skincare selanjutnya.

Dalam memilih produk toner, tentu harus menyocokkannya dengan tipe kulit. Toner yang tidak sesuai dengan kulit akan membuat fungsi toner tidak maksimal, bahkan dapat menimbulkan masalah kulit baru jika kulitmu memberi efek yang parah. Oleh karena itu, berhati-hati dalam memilih produk skincaremu.

Moisturizer atau Pelembab

Langkah selanjutnya adalah memberi pelembab. Pelembab bertujuan untuk melembabkan serta menghaluskan kulit.

Moisturizer atau pelembab juga dapat menjaga keseimbangan pH kulit, menjaga struktur alami kulit, membantu sel kulit agar dapat bekerja dengan maksimal dan melindungi kulit dari kerusakan paparan radikal bebas.

Dalam memilih produk moisturizer atau pelembab, kamu tentunya harus menyesuaikan dengan tipe kulitmu. Jika memiliki tipe kulit kering, dapat memilih produk pelembab dengan tekstur yang creamy atau berbentuk krim.

Jika memiliki tipe kulit yang berminyak, kamu dapat memilih untuk menggunakan produk yang bertekstur gel. Sedangkan untuk kulit normal dan kombinasi, dapat menggunakan produk pelembab dengan tekstur krim yang lebih tebal.

Tabir Surya

Macam-macam skincare yang perlu untuk kamu ketahui selanjutnya adalah tabir surya atau sunscreen. Penggunaan tabir surya sangat penting karena memiliki banyak fungsi yang dapat melindungi kulitmu.

Kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari akan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti munculnya bintik hitam dan kerutan. Selain itu, juga dapat menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko dari kanker kulit.

Banyak sekali bukan manfaatnya? Oleh karena itu, kamu perlu untuk menggunakan tabir surya, terutama jika akan melakukan kegiatan di luar ruangan. Dengan menggunakan tabir surya, kulit akan lebih terlindungi.

Kamu dapat menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan mengaplikasikannya secara rutin. Bagi yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan, sangat membutuhkan tabir surya untuk menjaga kulit agar tidak kering dan terpapar sinar matahari secara langsung.

Itulah macam-macam skincare dan fungsinya yang perlu untuk kamu ketahui. Bagi kamu para pemula yang ingin mencoba untuk melakukan perawatan wajah secara mandiri, macam-macam skincare di atas dapat kamu jadikan acuan dalam membeli produk.

Sebelum membeli produk, sebaiknya kamu mengetahui tipe kulitmu terlebih dahulu agar kulitmu mendapat perawatan yang tepat.

Jika kamu sudah sering melakukan perawatan dasar skincare, mungkin kamu dapat menggunakan produk lainnya dengan menambah tahapan skincare.

Salah satunya adalah dengan menggunakan masker, krim mata, serum dan essence. Masker dapat kamu gunakan sekali atau dua kali dalam seminggu, ini dapat menjaga kulit agar lembab dan mencerahkan kulit.

Terdapat berbagai macam masker seperti peel off, organik dan sheetmask. Kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan wajahmu. Krim mata dapat digunakan pada malam hari.

Produk ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kantung mata, warna hitam di area mata atau mata panda serta masalah kerutan di area mata.

Serum dan essence merupakan skincare yang memiliki tekstur cairan dan mengaundung konsentrasi zat aktif yang tinggi. Kamu dapat menggunakan keduanya untuk melembabkan kulit dan memberikan nutrisi bagi kulit.

Banyak sekali macam-macam skincare yang dapat kamu ketahui. Semua produk skincare tentunya memiliki fungsi yang baik untuk kulitmu. Oleh karena itu, kamu perlu untuk mencari dan menggunakan skincare sesuai tipe dan kebutuhan kulitmu.



Leave a Reply