Masih Menganggap Eye Cream Tidak Penting?

Mata merupakan bagian pertama yang akan menunjukkan tanda-tanda penuaan atau stres. Cairan yang ada di bawah mata pun dapat menyebabkan pembengkakan dan menimbulkan lingkaran hitam seperti mata panda. Untuk mengatasi hal tersebut, diproduksilah eye cream.

Selain itu, krim mata dapat mengatasi masalah kerutan yang terjadi di area mata. Siapapun pasti akan mendapatkan kerutan ini. Kerutan yang muncul bisa saja dikarenakan tertawa maupun mengerutkan alis.

Apa Itu Eye Cream?

Eye cream atau krim mata adalah krim yang masuk ke dalam perawatan wajah, yang berfungsi untuk melembabkan area sekitar mata. eye cream perlu kamu masukkan ke dalam list skincare harian, karena mata juga membutuhkannya. Terlebih lagi area mata ini terdiri dari lapisan kulit yang lebih tipis dan lembut dibanding area wajah lainnya.

Skincare seperti cleanser, toner, serum, dan lainnya mungkin sudah masuk ke dalam daftar perawatan wajah. Namun, masih banyak juga yang menganggap bahwa eye cream ini tidak terlalu penting karena memiliki fungsi yang sama dengan moisturizer pada umumnya.

Jadi eye cream ini seperti pelembab ya? Kenapa harus dibedakan dengan moisturizer wajah? Padahal fungsinya juga sama yaitu untuk melembabkan. Berarti bisa saja dong kita gunakan moisturizer untuk area sekitar mata.

Oke, berarti kamu harus pahami dulu apa perbedaan antara eye cream dengan pelembab biasa. Berikut ulasannya.

Kandungan Dalam Eye Cream

Banyak pelembab wajah yang memberikan peringatan untuk menghindari area mata. Dengan peringatan dini tersebut, bisa saja pelembab itu mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya bagi area mata, dan apabila mengandung parfum, zat ini dapat mengiritasi mata.

Karena krim ini dikhususkan untuk mengatasi masalah di area sekitar mata, maka formulanya pun disesuaikan dengan keadaan area tersebut. Eye cream cenderung mengandung lebih banyak minyak dibanding losion wajah pada umumnya. Dan tentunya di dalamnya terkandung bahan aktif untuk mengatasi tanda-tanda aging.

Pada pelembab biasa, kamu tidak akan mendapatkan formula khusus yang dapat mengatasi lingkaran hitam tersebut. Jika kamu hanya ingin melembabkan area mata, moisturizer biasa dapat kamu gunakan. Dengan catatan, pelembab tersebut tidak mengandung bahan berbahaya yang dapat mengiritasi kulit seperti parfum, alkohol, dan minyak mineral.

Jadi, sebenarnya ada kandungan apa saja di dalam eye cream?

  1. Retinol

Manfaat kandungan ini adalah untuk mencegah dan menyamarkan penuaan dini seperti garis halus serta kerutan. Retinol akan memicu terjadinya regenerasi sel kulit sehingga wajah pun akan tampak lebih cerah. Zat ini seperti kandungan utama dari eye cream karena mampu mengatasi permasalahan aging.

  1. Vitamin C

Vitamin C berguna untuk mengembalikan elastisitas kulit terutama di area mata. Bagi kamu yang sering beraktivitas di outdoor, kandungan vitamin C pada eye cream sangatlah sesuai karena dapat melindungi area mata kamu dari polusi dan partikel bebas.

Kandungan ini pun terbilang sangat aman jika dicampurkan dengan bahan aktif lainnya di dalam eye cream seperti asam alfa hidroksi, SPF, dan retinol. Vitamin C merupakan bahan yang sesuai untuk semua jenis kulit. Namun, jika kamu memiliki kulit yang hipersensitif, kemungkinan akan timbul reaksi ringan pada kulit.

  1. Peptida

Umumnya, kandungan ini digunakan dalam kosmetik yang berasal dari tumbuhan. Peptida bermanfaat untuk pembentukan kolagen, memproduksi serat elastin yang sangat berpengaruh pada elastisitas kulit. Jenis peptida yang paling umum digunakan dalam eye cream adalah matrixyl.

  1. Green Tea

Bahan green tea mengandung antioksidan di dalamnya sehingga mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan perbaikan DNA pada kulit. Green tea mampu mengurangi iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada area mata. Bahan ini juga mengandung vitamin B2 dan vitamin E yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

  1. Asam Alpha Lipoic

Fungsi utama dari asam alpha lipoic atau Alpha Lipoic Acid ini adalah untuk mencegah kerusakan sel di dalam tubuh sekaligus mengembalikan tingkat vitamin C dan E pada kulit.

Kandungan ini mampu menyerap ke dalam kulit dengan cepat dan menjadi penangkal radikal bebas. Manfaat lainnya untuk kulit adalah dapat menyamarkan lingkaran hitam, bengkak pada mata, meratakan warna kulit, dan mengecilkan pori-pori.

  1. Hyaluronic Acid

Kandungan ini dapat membantu menjaga kelembaban area mata dan mengencangkan kulit. Dan bahan ini cukup akrab digunakan dalam produk skincare seperti lipcare dan masker wajah.

  1. Kafein

Kafein tidak hanya terdapat pada minuman, namun juga di dalam kandungan eye cream. Kafein berfungsi untuk menyamarkan noda hitam pada lingkar mata dan mengurangi pembengkakan pada mata.

Selain memakai eye cream secara rutin, kamu dapat menjaga kesehatan area sekitar mata dengan cukup tidur, tidak merokok dan hindari paparan sinar matahari langsung.

Tidak ada batasan usia untuk memakai eye cream dalam keseharian. Namun, jika kamu memiliki lingkaran hitam, kerutan, kulit yang sangat kering, kulit sensitif, dan kantung mata yang terlihat jelas, sangat dianjurkan untuk menggunakan produk ini.

Sebagai anjuran, ketika memasuki usia 20-an dan sebelum 30-an adalah waktu terbaik untuk memulai menggunakan eye cream. Bukan tanpa alasan anjuran ini disampaikan, jika kamu mulai mengaplikasikan krim mata ini dari usia 20-an, kebiasaanmu ini akan memperlambat penuaan kulit. Dan jangan lupa untuk tetap menggunakan tabir surya agar area mata pun terlindungi dari bahaya radiasi sinar matahari.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu kamu harus memakainya dengan cara yang benar. Berikut adalah cara memakai eye cream yang benar.

  1. Bersihkan area mata terlebih dahulu sebelum menggunakan eye crem.
  2. Pastikan tangan dalam keadaan bersih, kamu bisa mencuci tangan terlebih dulu menggunakan sabun dan air bersih mengalir.
  3. Biasanya, eye cream digunakan setelah kamu memakai moisturizer jika krimnya lebih creamy. Namun, jika memiliki tekstur yang sebaliknya, gunakan eye cream sebelum memakai moisturizer.
  4. Oleskan secukupnya.
  5. Pilih eye cream yang sesuai dengan jenis dan keluhan kulit kamu saat ini.
  6. Gunakan dua kali sehari. Terkadang orang berpikir memakai satu kali saja saat sebelum tidur sudah cukup. Ternyata, kamu bisa lho menggunakannya dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari setelah mandi dan malam hari menjelang tidur.
  7. Berikan jeda waktu sebelum memakai eye cream atau memakai skincare

Jadi, sekarang tunggu apa lagi? Mulai membiasakan untuk memakai eye cream dalam skincare harian kamu. Mencegah itu lebih baik dibanding harus memperbaiki ketika sudah fatal nantinya.

Memang pada awalnya kamu perlu mencoba beberapa produk eye cream yang kamu rasa cocok di kulit, ketika terjadi reaksi berlebihan lebih baik dihentikan dan konsultasikan ke dokter.

Ketika memilih produk, selalu pastikan kandungannya dan tanggal kedaluwarsa terlebih dahulu. Jangan sampai kamu membeli produk yang ternyata mengandung bahan berbahaya atau bahkan produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulitmu.



Leave a Reply