Memilih Masker Alami Untuk Pria

Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang sering terpapar langsung dengan debu dan sinar ultraviolet (UV). Oleh karena itu, kamu perlu untuk memperhatikan kebersihan kulit wajah agar tidak rusak. Mungkin sebagian pria tidak peduli dengan kesehatan dan kebersihan wajah, padahal sebenarnya ini sangat penting. Wajah yang bersih dan sehat dapat menambah nilai daya tarik dan tentunya meningkatkan kepercayaan diri seorang pria.

Menggunakan masker merupakan salah satu cara dalam merawat kesehatan kulit wajah. Masker alami dapat menjadi salah satu cara dalam merawat kulit wajah.

Sebelum memilih masker alami untuk pria, kamu harus tahu jenis kulitmu terlebih dahulu. Apa tipe kulitmu? Apa ada masalah khusus pada kulit wajah seperti jerawat dan komedo? Kamu perlu memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh kulit wajahmu sebelum menentukan bahan alami yang cocok untuk masker. Setelah mengetahuinya, barulah kamu bisa memilih masker alami mana yang cocok untukmu.

So, bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk masker? Penjelasan berikut mungkin dapat membantumu untuk memilih masker yang cocok.

Kopi

Kopi mungkin menjadi bahan yang tidak asing lagi bagi pria. Terutama untuk kamu yang suka nongkrong, kopi adalah teman baik yang selalu meramaikan tongkronganmu. Bagi sebagian pria, bahan kopi memang biasanya lebih banyak diseduh sebagai minuman daripada dijadikan bahan perawatan untuk wajah.

Bagaimana kopi bisa menjadi masker wajah alami untuk pria? Ini karena kopi memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah. Selain itu, kopi juga dapat mengurangi peradangan pada wajah dan membantu regenerasi kulit.

Kamu dapat menggunakan kopi sebagai exfoliating dengan menggunakannya sebagai scrub secara rutin. Kamu dapat menggunakan ampas kopi dan dicampurkan dengan madu serta minyak zaitun sebagai bahan tambahan scrub. Dalam pengaplikasiannya, kamu dapat menggosok butiran kopi dengan lembut dan perlahan di area wajah. Jangan terlalu keras dalam melakukan scrub, terutama di bagian sekitar mata.

Scrub dengan bahan dasar kopi ini cocok untuk kamu yang berwajah kusam dan sering melakukan kegiatan di luar ruangan. Banyaknya debu dan kotoran yang menumpuk pada wajah akan mengakibatkan masalah serius, lho. Oleh karena itu kamu perlu melakukan scrub  kopi secara rutin agar sel-sel kulit mati tidak menimbulkan masalah kulit.

Baking Soda

Untuk mendapatkan masker wajah pria alami, kamu bisa menggunakan baking soda. Lho, kenapa baking soda? Bukannya itu bahan dapur? Ternyata baking soda bisa dijadikan bahan alami untuk masker pria. Masker baking soda ini cocok banget untuk kamu yang memiliki breakout dan pori-pori besar. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, menggunakan baking soda sebagai masker bisa menjadi salah satu solusi.

Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu mencampur dua sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air hangat hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah dan cuci bersih wajah setelah menunggu lima belas menit. Gampang, bukan? Dengan menggunakan masker ini secara rutin, kamu dapat mengatasi masalah kulit wajah berminyak dan breakout.

Green Tea

Di tongkrongan, biasanya green tea menjadi salah satu menu andalan jika tidak menyukai kopi. Kalau biasanya kamu mengonsumsi green tea sebagai minuman, bagaimana jika sekarang menggunakannya untuk perawatan wajah? Green tea yang memiliki rasa unik ini ternyata bisa digunakan sebagai masker alami untuk pria.

Bahan ini ternyata memiliki antioksidan yang tinggi dan bermanfaat untuk merawat kulit wajah. Selain itu green tea juga dapat menjadi antiinflamasi dan antibakteri bagi kulit. Dengan menggunakan masker ini, kamu akan mendapat kulit yang sehat karena green tea dapat memberi nutrisi pada kulitmu dengan baik.

Bagaimana cara menjadikan green tea sebagai masker alami? Kamu tinggal menyeduhnya dengan air panas. Kamu dapat menggunakan kapas untuk menyerap cairan dari seduhan green tea dan menempelkannya ke arah wajah. Cuci wajah dengan air bersih setelah menunggu sekitar lima belas menit. Cara yang mudah dan hemat untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat.

Telur

Terdengar sedikit aneh? Jika biasanya kamu mengonsumsi telur sebagai makanan, mungkin akan sedikit aneh untuk mencoba menggunakan masker telur. Kenapa harus telur? Karena telur dapat membantumu mengecilkan pori-pori wajah dan mengangkat komedo. Cocok banget, nih, untuk kamu yang punya masalah dengan komedo di wajah. Bagaimana cara menggunakan masker telur ini?

Pertama, kamu dapat memisahkan bagian putih telur dan kuningnya. Bahan yang akan kamu gunakan sebagai masker adalah bagian putih telurnya saja. Setelah terpisah, kocok putih telur hingga berbusa dan diaplikasikan pada wajah.

Jangan lupa untuk menempelkan selembar tisu ke bagian wajah yang sudah diolesi putih telur, kamu juga perlu untuk kembali mengoles putih telur di atas tisu tersebut. Kamu dapat mengangkat tisu setelah lima belas sampai dua puluh menit menunggu dan membilas wajah dengan air hangat.

Air Rebusan Beras

Bahan alami yang bisa dijadikan masker alami adalah air rebusan beras. Caranya adalah dengan merebus beras yang sudah dibersihkan sebelumnya, lalu ambil beberapa sendok air rebusannya. Basahi kapas dengan air rebusan tersebut dan ditempelkan pada wajah. Masker dapat digunakan selama kurang lebih lima belas menit sebelum wajah dicuci dengan air bersih.

Kenapa harus air rebusan beras? Ini karena masker dengan air rebusan beras mengandung asam amino yang tinggi hingga dapat menutrisi kulit dengan baik. Selain itu, masker ini dapat meredakan peradangan jerawat, lho. Air rebusan beras juga bisa memberikan efek kulit kencang seketika setelah menggunakannya. Banyak manfaatnya, bukan?

Madu

Madu mungkin bukan bahan yang asing lagi bagi kita semua. Bahan alami satu ini memang sudah terkenal dengan banyak khasiatnya bagi tubuh. Selain untuk dikonsumsi, madu juga bisa dijadikan bahan masker alami. Kandungan alami yang ada pada madu akan membuat kulit wajah menjadi lembab dan ternutrisi dengan baik.

Madu juga dapat membantu dalam mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo hingga wajah berminyak. Bagi kamu yang memiliki masalah kulit tersebut, madu dapat menjadi salah satu pilihan dalam mengatasinya. Kamu hanya perlu mengoleskan madu pada wajah dan menunggu selama lima belas menit sebelum membilasnya dengan air.

Itulah bahan untuk masker wajah pria alami yang bisa kamu jadikan pilihan. bahan alami mudah untuk didapatkan dan proses pembuatan maskernya juga mudah. Jadi, tidak ada alasan bagi pria untuk tidak merawat kulit wajahnya. Wajah sangat penting dalam penampilan seorang pria.

Menggunakan masker alami untuk wajah memang baik dan memiliki banyak manfaat. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Pastikan bahan untuk masker tidak terkontaminasi dengan bahan berbahaya bagi kulit. Selain itu, kamu juga perlu untuk memastikan bahwa bahan alami yang digunakan tidak membuat kulitmu mengeluarkan reaksi alergi.



Leave a Reply