Memilih Pelembab Untuk Kulit Kombinasi

Wajah merupakan bagian dari tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Bukan hanya karena wajah dapat memberikan kesan pada penampilan kita, namun juga karena wajah merupakan bagian yang paling sering terkontaminasi dengan debu dan kotoran serta polusi.

Oleh karena itu penting untuk dirawat dan diperhatikan dengan baik. Salah satu perawatan yang dapat kamu lalukan adalah dengan menggunakan pelembab pada kulit wajah.

Kulit wajah memiliki beberapa tipe berbeda. Di antaranya adalah tipe kulit kering, berminyak, normal dan kombinasi. Setiap tipe kulit tentunya memiliki cara yang berbeda dalam melakukan perawatan.

Dalam memilih moisturizer untuk kulit kombinasi, kamu perlu untuk mengetahui beberapa hal dalam memilih produknya. Apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

  • Hindari Produk Yang Mengandung Minyak 

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi, hindarilah menggunakan produk yang mengandung oil atau minyak. Kenapa? Hal ini agar bagian wajahmu, terutama bagian T-zone tidak semakin berminyak.

Wajah yang berminyak tentunya akan sangat mengganggu karena wajah menjadi lebih cepat kotor. Minyak juga menyebabkan kotoran mengendap pada pori-pori wajah sehingga menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat. Selain itu, wajah yang berminyak juga akan membuatmu terlihat tidak bersih dan rapi.

  • Pilih Produk yang Ringan

Saat memilih pelembab wajah untuk kulit kombinasi, pilihlah produk yang ringan namun dapat melembabkan kulit. Kamu bisa mencari produk pelembab dengan tekstur gel atau krim.

  • Pilih Produk yang Non Comedogenic

Selain memastikan produk yang kamu beli bebas minyak, pastikan juga produk tersebut non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori. Pori-pori wajah yang tersumbat dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

  • Pilih Produk yang Mengandung AHA/BHA

Selain menghindari kandungan minyak, terdapat pula kandungan yang diperlukan pada pelembab untuk kulit kombinasi, yakni AHA/BHA.

AHA adalah singkatan dari Alpha Hydroxy Acid. Sedangkan BHA  adalah singkatan dari Beta Hydroxy Acid atau yang juga dikenal dengan nama Salicylic Acid. Kedua bahan ini adalah senyawa asam yang efektif untuk eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati.

Oleh karena fungsinya yang baik untuk kulit, maka pastikan pelembab untuk kulit kombinasi yang kamu gunakan mengandung kedua bahan ini.

  • Pilih Produk dengan Kandungan Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan yang efektif untuk mengobati jerawat karena memiliki sifat anti inflamasi dan anti mikroba. Oleh karena itu sebaiknya memilih produk pelembab wajah untuk kulit kombinasi yang mengandung tea tree oil.

  • Pilih Produk yang Mengandung Hyaluronic Acid

Salah satu manfaat hyaluronic acid adalah mengencangkan kulit secara alami. Ini adalah salah satu kandungan yang sebaiknya terdapat pada pelembab untuk kulit kombinasi. Terutama jika kamu menginginkan kulit yang kencang dan terhindar dari keriput.

  • Pilih yang Mengandung Gliserin

Bahan selanjutnya yang sebaiknya terdapat pada moisturizer untuk kulit kombinasi adalah glycerin. Gliserin efektif untuk melembabkan kulit, mencegah kulit kering dan menghindari bercak kusam pada kulit.

Selain hal-hal di atas, hal penting lainnya yang perlu kamu ingat adalah menggunakan produk perawatan kulit secara teratur. Karena jika tidak mengaplikasikannya secara rutin, maka kamu tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari produk pelembab yang kamu gunakan.

Jika kamu berpikir bahwa hanya akan menggunakan produk skincare ketika keluar rumah, maka kamu salah. Produk skincare, terutama pelembab wajah perlu untuk digunakan secara rutin meski pun kamu hanya berdiam di rumah

Kenapa? Agar kulitmu terhindar dari kekurangan nutrisi yang bisa menyebabkan kulit kering dan dehidrasi. Kulit yang kekurangan nutrisi dan dehidrasi akan rentan mengalami iritasi dan masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

Itulah beberapa bahan yang perlu kamu perhatikan saat memilih produk pelembab untuk kulit sensitif. Jangan sampai kamu salah dalam memilih produk karena akan berbahaya bagi kulit wajahmu. Tetaplah menggunakan pelembab secara rutin agar mendapatkan kulit yang sehat dan terawat.



Leave a Reply