Memilih Pelembab Wajah Pria Bagus dan Terbaik

Banyak pria masih menganggap bahwa perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh kaum wanita. Padahal para pria juga tentu ingin memiliki kulit yang sehat dan segar. Untuk membuat kulit tampak segar dan sehat bisa dilakukan dengan menjaga kestabilan kelembaban kulit.

Meski tubuh manusia terdiri dari 70% air. Namun karena kulit mengalami penguapan. Akibatnya kulit menjadi kering dan tidak lembab.

Pada dasarnya kulit manusia tetap bisa menjaga kelembabannya sendiri dengan menghasilkan minyak. Tapi, untuk bekerja secara maksimal, kulit tetap membutuhkan bantuan. Produk pelembab wajah pria dan wanita yang biasa digunakan sehari-hari dapat membantu kerja kulit agar tetap lembab.

Tahukah kamu? Sebenarnya kulit pria lebih berisiko memiliki masalah dibanding wanita. Salah satu alasannya karena pria lebih banyak beraktifitas di luar ruangan. Yang membuat kulit menjadi sering terpapar sinar matahari, debu dan polusi. Tentu saja hal-hal itu bisa menimbulkan berbagai macam masalah kulit.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menjadi alasan pentingnya para pria melakukan perawatan kulit. Yuk simak uraian berikut.

Pentingnya Perawatan Wajah Bagi Pria

  1. Kulit Pria Cenderung Berminyak

Hormon testosteron pada pria lebih tinggi dibanding wanita. Faktor inilah yang menyebabkan kulit pria lebih banyak menghasilkan minyak. Karena itulah, banyak pria yang mengeluhkan kulitnya sangat berminyak. Ketika tidak dibersihkan dengan cara yang tepat, minyak ini dapat menghambat pori-pori kulit dan timbul masalah kulit yang baru yaitu tumbuhnya jerawat serta komedo.

  1. Terbebas dari Komedo

Menggunakan skincare terutama pelembab ternyata dapat membantu pria mengatasi masalah komedo, lho. Terutama komedo pada bagian hidung.

  1. Rentan Iritasi Akibat Cukur

Sudah hal yang lumrah ketika para pria menggunakan gel pencukur ketika akan mencukur. Namun, penggunaan produk ini saja tidak cukup untuk menghindari iritasi. Karena risiko terjadinya iritasi akan tetap ada. Untuk menangani kulit yang iritasi, pria perlu melakukan perawatan wajah agar luka iritasi tersebut tidak tumbuh sebagai jerawat.

  1. Menghindari Penuaan Dini

Memiliki kulit yang segar tanpa keriput tentu menjadi dambaan siapapun, termasuk para pria. Agar dapat tampil memukau dan terlihat awet muda, langkah pertama yang dapat diambil adalah melakukan perawatan wajah. Penggunaan pelembab dapat mencegah wajah menjadi kering dan mengurangi kerutan.

Dari uraian di atas kamu jadi tahu bahwa ternyata ada banyak alasan kenapa para pria juga butuh perawatan kulit. Lalu langkah selanjutnya adalah bagaimana memilih pelembab wajah untuk pria.

Dalam memilih pelembab wajah, tentunya kamu tidak boleh asal pilih. Untuk mendapatkan pelembab wajah pria terbaik, kamu perlu mempertimbangkan jenis kulit dan permasalahan yang kamu miliki. Pelembab wajah yang diproduksi disesuaikan dengan jenis kulit tertentu sehingga kamu perlu teliti dalam memilihnya.

Untuk itu, sebelum memilih pelembab wajah pria, sebaiknya kamu kenali lebih dahulu jenis kulit kamu. Yuk simak tips sederhana berikut untuk mengetahui jenis kulit apa yang kamu miliki.

 

Cara Sederhana Mengetahui Jenis Kulit

Selain mendatangi dokter spesialis kulit atau ahlinya, kamu bisa mengetahui jenis kulitmu sendiri dengan cara memerhatikan zona T pada wajah. Zona T ini dimulai dari bagian dahi, hidung, hingga bagian bawah wajah yaitu dagu.

Jika pada saat malam hari zona T ini terlihat berkilau atau bersinar, berarti kamu memiliki kulit berminyak. Jika terlihat licin, kemungkinan kamu memiliki kulit jenis kombinasi atau normal. Sedangkan ketika zona T ini terlihat kusam pada malam hari, kulitmu termasuk jenis kering.

Kamu pun dapat memeriksa kulit ketika pagi hari sebelum menggunakan produk apapun. Jika pada pagi hari wajahmu berkilau, pertanda kulit berminyak. Jika terdapat bercak kasar, kamu memiliki kulit kering. Jika kulitmu berkilau dan kering, kulit yang kamu miliki adalah kulit kombinasi.

Setelah mengetahui jenis kulit, saatnya kamu memilih pelembab wajah pria yang bagus dan cocok untuk kulitmu. Simak tips memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit berikut ini.

Pelembab Wajah Pria Terbaik Sesuai Jenis Kulit

  1. Kulit Sensitif

Apabila kamu memiliki kulit sensitif atau terindikasi memiliki jenis kulit ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan produk skincare. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu dapat menggunakan pelembab yang berlabel hypoallergenic untuk menghindari iritasi pada kulit.

 

Gunakan pelembab wajah pria sebanyak dua kali sehari dan sebaiknya hindari pelembab yang mengandung wewangian, alkohol, pewarna, dan pengawet. Perhatikan juga jumlah komposisi dalam pelembab tersebut, sebisa mungkin pilihlah pelembab dengan daftar komposisi yang sedikit karena jika kamu menggunakan pelembab dengan daftar komposisi banyak akan berdampak tidak baik untuk kulit sensitif.

 

  1. Kulit Normal

Tidak hanya kulit berjenis kering saja yang wajib menggunakan pelembab, bahkan yang jenis kulitnya normal pun juga perlu memakainya. Semua pelembab pada dasarnya cocok dengan jenis kulit normal, namun yang sangat disarankan adalah pelembab berbahan dasar air karena akan terasa lebih ringan di kulit.

 

Kamu dapat menggunakan pelembab losion yang ringan di kulit dan cocok digunakan ketika musim dingin. Karena pada saat itu lah kulit nomal biasanya akan menjadi lebih kering.

 

  1. Kulit Kering

Kulit kering yang rentan mengelupas, bersisik, dan kasar sangat membutuhkan pelembab. Pelembab yang berstruktur krim dan berbahan dasar minyak akan lebih sesuai jika diaplikasikan pada kulit yang kering. Apabila kulit kamu tidak berjerawat, pemakaian sedikit losion yang mengandung minyak pada malam hari pun bisa kamu lakukan.

 

Kamu juga dapat memilih pelembab yang mengandung ekstrak lemak alami dari pohon shea, biasa dikenal dengan shea butter. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan pelembab yang mengandung madu, sodium lactate, humectants, dan carboxylic acid.

 

Pelembab dengan gliserin dan asam hialuronat juga dapat membantu menarik kelembaban ke dalam kulit. Untuk membuat lapisan pelindung kulit guna mengurangi penguapan dan kulit tetap lembab, kamu dapat memilih pelembab yang mengandung dimetikon. Hindari penggunaan produk yang akan memberikan kesan kering pada kulit. Hindari produk yang mengandung alkohol dan jangan menggosok kulit terlalu keras.

 

  1. Kulit Berminyak

Ciri-ciri kulit berminyak yaitu adanya jerawat, wajah berkilau, dan pori-pori yang terlihat jelas. Kulit yang berminyak bukan berarti tidak membutuhkan pelembab. Kulit yang berminyak pada pria disebabkan oleh kadar hormon testosteron yang tinggi jika dibandingkan wanita.

 

Maka tidak heran jika banyak pelembab wajah untuk pria yang ditujukan mengurangi kadar minyak berlebih. Pelembab yang digunakan biasanya akan mencegah hilangnya kadar air di dalam kulit wajah. Hindari pemakaian pelembab yang berbahan dasar minyak jika kamu tidak ingin menambahkan kadar minyak pada wajah.

 

Bagi yang memiliki kulit berminyak, pelembab wajah pria yang bagus digunakan adalah yang berbahan dasar air. Pelembab berbahan dasar air ini seperti losion yang teksturnya lebih encer. Untuk mengatasi jerawat serta nodanya kamu dapat menggunakan pelembab yang mengandung asam salisilat dan benzoyl peroxide. Pelembab mattifying bebas minyak dapat kamu aplikasikan pada wajah saat pagi hari dan menggunakan serum ringan saat malam hari.

 

  1. Kulit Kombinasi

Sebagaimana dengan kulit normal, pelembab berbahan dasar air lebih sesuai dengan kulit jenis kombinasi. Gunakan pelembab yang kandungannya medium weight yang dapat mempertahankan kelembaban wajah. Jika terdapat luka akibat mencukur, kamu bisa menggunakan pelembab yang mengandung lidah buaya untuk mengurangi rasa lecet tersebut sehingga warna merah luka akan berangsur-angsur menghilang.

Setelah mengetahui masing-masing pelembab berdasarkan jenis kulit, selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah cara pemakaian pelembab. Pelembab dipakai terakhir kali setelah kamu membersihkan atau setelah menggunakan serum.

Karena para pria lebih berisiko terpapar sinar matahari dibanding wanita dalam beraktivitas, maka sebaiknya para pria juga menggunakan pelembab yang mengandung SPF di dalamnya. Kadar SPF yang dianjurkan adalah yang tertinggi yaitu SPF 30.

Seiring bertambahnya usia dan berjalannya waktu, terkadang kulit pun bisa berubah. Kulit lebih menipis, mengering, atau menjadi lebih sensitif. Jika mengalami kondisi seperti ini, kamu perlu meninjau kembali produk yang digunakan dan mencoba produk untuk jenis kulit yang lain.

Lalu bagaimana bila kamu tidak menemukan produk pelembab wajah untuk pria? Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan pelembab lain karena pada dasarnya yang terpenting dari pelembab wajah adalah kandungannya yang bersifat uniseks.

Untuk penggunaannya, sebaiknya hindari pelembab yang mengandung wewangian dan pewarna karena dapat berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit. Perhatikan juga apakah produk yang kamu gunakan mengandung antibakteri. Karena kandungan ini dapat merusak kelembaban alami kulit.

Ketika menggunakan pelembab dan terjadi iritasi, sebaiknya tidak perlu dilanjutkan dan berkonsultasi dengan dokter. Karena bisa saja itu pertanda bahwa produk tersebut tidak cocok digunakan untuk jenis kulitmu.

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih pelembab wajah untuk pria. Jadi tidak ada alasan lagi buat pria untuk tidak merawat kulitnya secara teratur ya.



Leave a Reply