Memilih Pembersih Wajah Pria Sesuai Kondisi Kulit

Apakah kamu termasuk pria yang malas membersihkan wajah? Kenapa? Mungkin karena membersihkan wajah biasanya identik dengan wanita. Padahal sebenarnya membersihkan wajah bukanlah kegiatan yang penting untuk wanita saja, melainkan para pria juga perlu melakukannya secara rutin.

Jangan takut dianggap tidak maskulin! Karena perawatan wajah dan kulit adalah bagian dari menjaga kesehatan tubuh yang tentu dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih segar, tetap awet muda dan makin menawan.

 

Tapi sebelum melakukan perawatan wajah, ada baiknya kamu mengetahui lebih dahulu bagaimana memilih produk pembersih wajah yang cocok untuk pria. Agar perawatan wajah yang kamu lakukan tidak menimbulkan efek negatif ke kulitmu.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut.

Membersihkan Wajah Juga Penting Bagi Pria

Selain memperhatikan outfit yang dikenakan, para pria juga seharusnya memperhatikan kesehatan kulit, terutama di area wajah. Ada sejumlah alasan mengapa membersihkan wajah juga penting bagi pria, antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Aktifitas pria yang membuat kulit menjadi kotor

Umumnya, pria melakukan lebih banyak aktifitas di luar rumah. Entah itu untuk bekerja, berkuliah ataupun melakukan hobi. Selama berada di luar rumah, tentu saja ada sejumlah kotoran yang akan menempel pada kulit wajah, begitupun polusi yang dapat merusak sel-sel kulit.

 

Untuk itu, membersihkan wajah dengan pembersih wajah pria yang tepat menjadi hal yang sangat penting untuk kamu lakukan.

 

  1. Pria memiliki pori-pori yang besar

Menurut para ahli kecantikan, pria memiliki pori-pori yang lebih besar daripada wanita. Akibat pori-pori yang besar, kulit pria akan lebih banyak terkena kotoran. Selain itu, pori-pori yang besar juga membuat wajah pria cenderung lebih cepat menua. Untuk itu, rutin membersihkan wajah dapat mencegah proses penuaan kulit bagi pria

 

  1. Mengandung kelenjar minyak aktif lebih banyak

 

Pria memiliki kelenjar minyak aktif yang lebih banyak daripada wanita. Akibatnya kulit wajah pria cenderung lebih mudah berminyak. Debu dan kotoran akan lebih mudah menempel pada kulti berminyak, sehingga menyebabkan jerawat dan komedo. Untuk itu, membersihkan wajah menjadi salah satu hal yang penting untuk mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

 

  1. Kulit pria lebih tebal daripada kulit wanita

Kulit pria cenderung lebih tebal 20 hingga 25% daripada kulit wanita. Karena kulit yang tebal, sehingga kandungan bahan aktif dalam pembersih wajah pria cenderung lebih kuat daripada kulit wanita. Krena itu pembersih yang harus digunakan juga harus cocok untuk kulit pria yang tebal.

 

Memilih Produk Pembersih Wajah Pria Sesuai dengan Jenis Kulit

 

Di jaman sekarang ini sudah banyak produk pembersih wajah yang ditawarkan, baik untuk pembersih wajah wanita maupun pria. Karena sudah tidak dipungkiri lagi bahwa para pria pun ingin memiliki wajah yang cerah.

Namun, masih banyak juga dari mereka yang kebingungan ketika memilih pembersih wajah pria. Dan akhirnya terlintas pikiran bahwa fungsi dari produk tersebut tetaplah sama yaitu untuk membersihkan wajah agar terlihat lebih bersih. Alhasil, mereka memilih produk yang kurang sesuai dengan kulitnya. Apakah kamu salah satu dari mereka?

Secara umum, efektifitas pembersih wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit yang kamu miliki. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengenali jenis kulitmu lebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan sebuah produk pembersih wajah. Berikut ini adalah tips memilih pembersih wajah pria sesuai jenis kulit.

Tips Memilih Pembersih Wajah Pria untuk Berbagai Jenis Kulit

  1. Kulit Wajah Berminyak

Kulit yang berminyak cenderung memproduksi sebum dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori wajah terlihat membesar dan dapat menimbulkan jerawat. Untuk mengatasinya, kamu dapat memilih pembersih wajah yang berjenis facial foam. Yang mana produk ini akan menghasilkan banyak busa ketika dipakai. Pembersih wajah facial foam ini tidak akan menghilangkan minyak alami di wajah dan tetap menjaga kelembaban kulit.

 

  1. Kulit Wajah Normal

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah normal, betapa beruntungnya kamu karena kulit wajah jenis satu ini menghasilkan jumlah minyak yang seimbang. Hampir sebagian besar pembersih wajah dapat kamu gunakan dan sesuai dengan jenis kulit ini. Namun, alangkah baiknya kamu tetap menghindari produk yang mengandung bahan kimia seperti paraben dan surfaktan. Dalam keseharian, kamu bisa menggunakan produk pembersih wajah yang cair atau berbentuk gel.

 

  1. Kulit Wajah Sensitif

Beberapa orang mungkin risau dengan masalah kulit wajah yang sensitif. Keliru dalam memilih produk skincare, bisa membuat kulit wajahmu menjadi gatal, merah, bahkan seperti terbakar.

 

Kamu dapat memakai produk wajah yang tidak mengandung alkohol dan wewangian. Karena dua bahan tersebut dapat menyebabkan kulit kamu menjadi lebih kering dan iritasi. Pilihlah produk yang kandungannya cukup ringan di kulit. Untuk kandungannya sendiri, kamu bisa memilih produk pembersih yang mengandung aloe vera, vitamin E, dan camomile. Bahan tersebut dapat mengatasi kulit kamu yang sensitif dan iritasi pada kulit wajah.

 

  1. Kulit Wajah Berjerawat

Kulit wajah yang memproduksi minyak berlebih dan diperparah oleh folikel rambut yang menyatu dengan sel kulit mati maupun bakteri, akan menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Jerawat bisa timbul juga karena kebiasaan merawat wajah, seperti tidak sempurna ketika membersihkan wajah yang sedang berkeringat. Jika kamu termasuk orang yang memiliki keluhan wajah berjerawat, kamu dapat memilih produk pembersih yang mengandung tea tree oil untuk melawan bakteri yang ada di jerawat.

 

  1. Kulit Wajah Kering

Pemilik kulit jenis kering biasanya memiliki keluhan kulit yang mengelupas, kemerahan, gatal, bersisik, dan pori-pori yang terlihat jelas. Terlebih lagi saat cuaca dingin, wajah menjadi lebih kencang setelah dibersihkan. Kulit yang kering tidak menghasilkan sebum atau minyak wajah dengan seimbang.

 

Dan untuk mengatasi hal ini, yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis pembersih muka yang mengandung bahan pelembab seperti olive oil maupun gliserin. Pembersih muka ini biasanya tidak berbusa dan memiliki tekstur seperti krim sebagai pencegahan wajah menjadi lebih kering.

 

Sebaiknya kamu menghindari produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat dan asam glikolat. Dua bahan ini akan menyebabkan kulit kamu menjadi lebih kering dan mengelupas.

 

  1. Kulit Wajah Kombinasi

Kombinasi yang dimaksud di sini adalah perpaduan antara kulit yang kering, normal, dan berminyak. Mungkin beberapa dari kamu adalah pemilik jenis kulit yang satu ini. Bagian yang normal atau kering biasanya berada di area pipi, dan bagian yang berminyak ada di area T wajah yaitu dahi, hidung, dan dagu. Ciri-ciri orang yang memiliki kulit kombinasi adalah wajahnya yang cenderung berkilau di bagian yang berminyak, komedo, dan pori-porinya yang besar.

 

Ada baiknya menggunakan produk pembersih wajah pria seperti micellar water karena kandungannya yang lebih ringan dan lembut untuk kulit wajah kamu. Hindari penggunaan produk yang mengandung hypoallergenic yaitu bahan yang dapat menimbulkan sedikit reaksi alergi, yang mengandung alkohol, maupun wewangian.

 

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan produk yang mengandung bahan seperti arang, karena dinilai cukup membantu menyerap kelebihan minyak di area T wajah namun tidak membuat kulit menjadi kering. Kandungan aloe vera pada pembersih wajah juga dapat membantu kulitmu tetap terhidrasi tanpa minyak berlebih.

Sekarang kamu sudah tahu bahwa memilih produk pembersih wajah tidak bisa sembarangan. Karena harus disesuaikan dengan jenis kulit yang kamu miliki. Jika kamu sudah tahu apa jenis kulitmu, kamu bisa mengikuti tips-tips di atas dan lebih memerhatikan kandungan setiap jenis produk pembersih wajah yang akan kamu gunakan.

Gunakan Pembersih Wajah yang Khusus untuk Pria

Selain memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit, sebaiknya kamu juga menggunakan pembersih wajah yang memang diformulasikan khusus untuk kulit pria. Mungkin masih ada di antara kamu yang menggunakan pembersih wajah wanita. Padahal hal tersebut tidak dianjurkan.

Ada berbagai alasan kenapa kamu harus memakai pembersih wajah yang khusus untuk pria. Di antaranya adalah:

  1. Kulit wajah pria cenderung lebih tebal dan keras.
  2. Kulit pria juga cenderung memiliki folikel rambut yang lebih banyak dibanding wanita,
  3. Kelenjar minyak pada pria lebih banyak memproduksi minyak wajah sehingga membuat wajah pria lebih mudah untuk berjerawat.
  4. Kepadatan kolagen pada wajah pria cenderung lebih tinggi dibandingkan wanita. Kolagen ini erat kaitannya dengan tanda-tanda penuaan kulit. Karena kadar kolagen yang tinggi, usia wajah pria 15 tahun lebih muda dibandingkan kulit wanita.

Karena sejumlah perbedaan kondisi kulit di atas, maka formulasi pembersih wajah pria tentu berbeda dengan formulasi untuk wanita. Oleh karena itu jika kamu menggunakan produk pembersih wajah wanita, mungkin hasilnya tidak cukup efektif untuk kulitmu.

Jika kamu belum mengetahui apa jenis kulit kamu, silakan melakukan konsultasi dengan para ahli kecantikan sebelum memilih produk pembersih wajah. Tentu kamu tidak menginginkan pembersih wajah yang memberikan efek kulit menjadi terlalu kering atau berminyak, bukan?



Leave a Reply