Memulai Perawatan Skincare Atau Seri Perawatan Kulit

Sekarang ini sudah banyak sekali skincare product yang beredar dan kandungannya pun berbeda. Tidak hanya wanita saja, pria pun tidak mau kalah untuk merawat kesehatan kulitnya.

Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari mencoba-coba produk berdasarkan rekomendasi bahkan dengan cara yang ekstrim yaitu memilih produk yang dapat memberikan hasil secara instan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kamu masih peduli dengan kesehatan kulit sehingga mendorong kamu untuk mencari produk mana yang dapat merawat kulitmu dengan baik dan efektif.

Namun, banyak juga yang menyepelekan pemakaian skincare ini. Mereka menganggap bahwa sabun cuci muka atau pelembab saja sudah cukup untuk merawat kulit. Bahkan sebagian orang masih menggunakan sabun untuk tubuh sebagai sabun pencuci muka.

Sabun yang dibuat untuk tubuh tentu berbeda kandungannya dengan sabun wajah ya. Kondisi kulit tubuh dan wajah pun sangat berbeda. Jadi, jangan dibiasakan untuk mencuci wajah menggunakan sabun mandi untuk tubuh.

Bahkan, ada juga yang memakai skincare tapi tidak tahu bagaimana cara pemakaian yang tepat sehingga hasilnya pun kurang maksimal.

Sebelum masuk ke dalam jenis-jenis skincare, ada baiknya kamu mengenal apa itu skincare terlebih dahulu. Agar kamu bisa lebih paham bagaimana merawat kulit dengan benar.

Apa Itu Skincare?

Perawatan kulit atau skincare adalah serangkaian aktivitas untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan penampilan, dan meringankan kondisi kulit. Perlindungan yang diberikan adalah untuk merawat kulit akibat paparan dari sinar matahari.

Kenapa Harus Pakai Skincare?

Di dalam skincare terdapat zat-zat aktif yang mana diharapkan dapat memberikan efek ke kulit. Tentunya, memakai skincare bisa membantu pemberian nutrisi bagi kulit dan mempermudah penyerapannya.

Selain itu, pengaplikasian skincare yang rutin bisa mencegah kerutan dan penuaan dini, terutama di area mata. Karena tanda-tanda penuaan ditandai dari area sekitar mata, yaitu bagian bawah dan samping mata. Dan juga, kulitmu akan tetap lembab, kenyal, serta segar tanpa terlihat kusam.

Jenis Skincare

Jika kamu seorang pemula, perawatan kulit pastinya masih sedikit asing di telingamu. Tentunya kamu pun masih bingung harus memulai dari mana. Apakah harus membeli semua perlengkapan skincare atau mulai dari yang paling basic terlebih dulu?

Untuk memudahkan kamu tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam, kamu bisa memulai dari produk skincare yang paling basic. Jika dibandingkan membeli keseluruhan produknya, dikhawatirkan ada skincare yang tidak cocok di kulit wajahmu. Sehingga hal ini akan membuatmu bingung produk mana yang sebaiknya dihentikan pemakaiannya.

Berikut ini adalah produk perawatan kulit yang bisa kamu coba sebagai pemula.

  1. Cleanser

Pilihlah cleanser yang tidak membuat muka terasa tertarik setelah dibersihkan. Ketika membersihkan wajah, usahakan untuk tidak melakukan rubbing atau menggosok. Cukup dengan memberikan pijatan yang lembut di wajah sekitar 1 menit agar kandungan pada cleanser dapat menyerap dengan baik.

 

Selama ini, banyak orang yang cenderung melakukan rubbing saja atau bahkan memijat dengan terlalu keras, padahal hal ini dapat membuat produksi sebum semakin banyak. Jadi, perlakukanlah wajahmu dengan istimewa ya. Mencuci wajah juga cukup dilakukan dua kali sehari atau ketika kamu berkeringat. Hindari mencuci wajah terlalu sering karena dapat membuat kulitmu menjadi kering.

 

  1. Toner

Banyak orang yang masih meremehkan toner, karena mereka berpikir bahwa toner digunakan hanya untuk membersihkan muka dari kotoran. Sebenarnya fungsinya tidak hanya sebatas itu, dengan memakai toner setelah mencuci muka akan membantu pH wajahmu kembali normal.

 

Cleanser atau sabun cuci muka yang kamu gunakan dapat mengubah pH wajah, dan untuk mengembalikannya ke normal sekaligus penyerapan serum nanti sempurna, kamu perlu memakai toner sebelum mengaplikasikan serum di wajah.

 

Selain menuangkannya di kapas sebelum dipakai, kamu juga dapat mengaplikasikan toner langsung ke wajah. Terlebih lagi jika kamu memakai toner berupa spray. Namun, jika terbiasa untuk menggunakan kapas pun tak masalah. Jika kamu menggunakan kapas, kamu bisa melakukan tap-tap pada wajah atau digosok secara perlahan hingga wajah terasa lembab.

Ada juga yang mengatakan lebih efektif untuk menggunakan toner dengan langsung mengaplikasikannya ke wajah daripada harus menuangnya ke kapas. Jika kamu melakukan cara ini, kamu dapat menggosoknya dengan tangan dengan perlahan.

 

  1. Serum

Serum berfungsi untuk meringankan masalah kulit yang kamu rasakan. Biasanya cara memakai serum adalah dengan mengoleskannya di tiga poin wajah, yaitu dahi dan kedua pipi kemudian baru dioleskan ke seluruh area wajah. Atau kamu juga dapat apply serumnya ke telapak tangan, baru kemudian digosok perlahan ke wajah.

 

Setelah itu, untuk mempercepat penyerapan serum, kamu bisa melakukan teknik berikutnya yaitu menggosokkan kedua telapak tangan hingga terasa hangat, lalu tempelkan dan tekan telapak tangan ke area wajah.

 

Rata-rata penyerapan serum di wajah sangatlah cepat, kurang lebih 5 menit sudah terserap dengan baik. Sehingga kamu dapat lanjut ke tahap skincare selanjutnya.

 

  1. Moisturizer

Tahap selanjutnya yaitu pemakaian moisturizer atau pelembab. Beberapa pelembab sudah mengandung SPF di dalamnya, jadi kamu tidak perlu khawatir. Jika aktivitasmu tidak terpapar sinar matahari terlalu lama, penggunaan moisturizer dengan SPF ini sudah cukup.

 

Cara pemakaian moisturizer harus benar, jika terlalu banyak memakainya tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Karena yang digunakan terlalu berlebihan, pastinya bisa memberikan dampak buruk. Jadi, pastikan penggunaan moisturizer untuk wajahmu sudah cukup ya dalam sekali pemakaian. Kamu dapat menerapkan satu ujung jari untuk 3 titik.

 

Misal, ujung jari pertama untuk 3 titik di pipi kanan, ujung jari kedua untuk 3 titik di pipi kiri, dan 3 ujung jari berikutnya untuk titik di bagian dahi.

Pelembab tidak hanya dikhususkan bagi mereka yang memiliki kulit kering atau sensitif, karena kulit yang berminyak atau normal sekalipun tetap membutuhkan perawatan kulit dari pelembab ini.

 

  1. Sunscreen

Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yaitu sinar UVA dan UVB. Sebaiknya, gunakan tabir surya ke seluruh tubuhmu terutama bagian yang memang terkena sinar matahari secara langsung.

 

Jika pelembab yang kamu gunakan tidak mengandung SPF, ada baiknya kamu juga memakai sunscreen sebelumnya. Disarankan untuk memakai sunscreen yang mengandung SPF 30 sudah cukup. Jika memakai yang melebihi 30, dikhawatirkan akan terasa berat dan tidak nyaman di wajah.

 

Bagi kamu yang memiliki kulit lebih gelap, sangat dianjurkan untuk memakai sunscreen karena perbaikan hiperpigmentasi akan lebih sulit. Jadi, lebih baik untuk mencegah paparan sinar matahari kan? Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakan sunscreen setiap dua atau tiga jam sekali. Karena sunscreen dapat luntur ketika kamu mencuci muka atau saat berkeringat.

 

Untuk memaksimalkan kerja sunscreen, kamu juga perlu memakai pelindung tambahan seperti mengenakan baju dan celana panjang, kacamata hitam, atau menggunakan topi agar wajah tidak terkena matahari secara langsung.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Skincare

  1. Ketahui Jenis Kulit

Sebelum menggunakan skincare, tentu kamu harus mengetahui jenis kulitmu terlebih dulu. Karena itu semua dapat memudahkan kamu untuk memakai produk skincare yang mana.

 

Jika kamu memiliki kulit yang berminyak, kamu bisa menghindari produk skincare yang mengandung minyak berlebih. Namun, untuk sunscreen memang pada dasarnya adalah oil based, jadi kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhanmu saja. Sedangkan untuk kulit kering, penggunaan produk oil based justru disarankan.

 

  1. Ketahui Alergi di Kulit

Beberapa produk bisa saja menimbulkan reaksi alergi di kulit, jadi kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari reaksi alergi berlebih.

 

  1. Ketahui Permasalahan Kulit

Sebelum memilih skincare, kamu perlu mengenal apa saja permasalahan kulitmu. Jangan sampai kamu membeli produk untuk kulit berjerawat, sedangkan kamu tidak berjerawat.

 

  1. Perhatikan Masa Kedaluwarsa

Produk yang sudah kedaluwarsa bisa saja menjadi racun untuk kulitmu atau bahkan tidak memberikan hasil apapun. Namun, kamu tentu tidak mau rugi dong sudah membeli skincare yang kedaluwarsa? Jadi, pastikan kapan tanggal kedaluwarsa suatu produk saat kamu membelinya.

 

  1. Perhatikan Kandungan Bahan Skincare

Perhatikan juga bahan yang terkandung di dalam produk perawatan kulitmu. Pastikan bahwa skincare yang dipilih tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, paraben, dan sebagainya.

  1. Jangan Mudah Percaya Iklan

Dengan iming-iming memiliki kulit yang cerah, memutihkan kulit, dan lain sebagainya, kamu dengan sangat mudah membelinya. Padahal belum tentu produk tersebut cocok untuk jenis kulitmu.

Alih-alih menelan semua informasi secara utuh, kamu dapat mencari review dari berbagai sumber dengan masalah kulit yang sama.

 

Terlebih lagi sekarang ini banyak iklan merajalela terkait pemutih wajah instan. Nah, kamu harus lebih berhati-hati nih. Karena tidak ada satu produk pun yang bisa memberikan hasil dalam waktu sekejap mata.

 

Jika produk tersebut terbukti memberikan hasil dalam sekejap, kamu perlu waspada dengan kandungannya karena mungkin produk itu mengandung logam yang sangat berbahaya untuk kulit.

Penggunaan skincare ini dapat kamu mulai sejak usia remaja, karena tubuh pun sudah mulai mengalami perubahan ketika masa pubertas. Namun, pemakaiannya pun disesuaikan dengan usia.

Yang perlu diingat adalah jika kamu ingin mencapai hasil yang maksimal, maka kamu harus memakainya secara rutin. Karena skincare sangat berbeda dengan kosmetik.

Di mana ketika kamu memakai kosmetik, kamu dapat melihat hasilnya secara instan. Namun, untuk skincare membutuhkan waktu yang lama karena ini merupakan perawatan kulit untuk jangka panjang.

Dan perhatikan pula bagaimana prosedur pemakaiannya. Mana yang harus dipakai terlebih dulu, dan mana yang selanjutnya. Percuma kan kamu sudah beli cukup mahal tapi tidak menghasilkan apa-apa hanya karena kesalahan dalam tata cara pemakaiannya.

Selain penggunaan skincare pada pagi hari, kamu juga dapat melengkapi perawatan wajahmu dengan memakai skincare untuk malam hari. Gunanya skincare malam adalah untuk merangsang regenerasi kulit baru untuk menggantikan sel-sel kulit mati.

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja skincare yang bisa kamu miliki dan bagaimana cara memilihnya. Jadi, kamu sebaiknya berhati-hati saat meminta rekomendasi dari orang lain. Karena setiap orang memiliki jenis kulit dan permasalahan kulit yang berbeda-beda. Produk yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok di kulit wajahmu. Semoga ulasan ini bermanfaat ya.

 



Leave a Reply