Mengenal Bahan Aktif dan Fungsi Eye Cream serta Cara Pakainya

Sejumlah produk perawatan kulit sudah menjadi kebutuhan masa kini yang selalu ada di meja rias. Salah satunya adalah krim mata yang sangat penting untuk merawat kulit di area mata yang ternyata lebih rentan kering.

Selain rentan kering, kulit di area mata juga lebih rentan mengalami kerutan atau garis halus. Semua itu disebabkan karena aktivitas mata yang berkedip tak terhitung lagi jumlahnya, memicingkan mata, dan akomodasi mata karena berbagai ekspresi.

Berbagai sebab tersebut harus diiringi dengan perawatan kulit di area mata agar tetap sehat dan tanpa kerutan. Kamu juga akan mencegah penuaan dini dan lingkaran hitam dengan merawat kulit tetap lembab.

Caranya adalah dengan menggunakan eye cream secara rutin dan berkelanjutan. Berikut ini akan dibahas mengenai kegunaan eye cream dan bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Kamu juga akan memahami bagaimana cara menggunakan eye cream dengan baik dan benar.

Bahan Aktif Krim Mata

Krim mata yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit di area mata mempunyai berbagai bahan aktif yang diformulasikan. Pada fungsi dasarnya, krim mata berfungsi sebagai pelembab wajah yaitu menahan air di lapisan kulit terluar.

Krim mata mengandung beberapa zat penting yang berkhasiat menyehatkan kulit area mata yaitu sebagai berikut.

  1. Air

Komponen terbesar dari krim mata adalah air. Hal tersebut karena pelembab atau krim mata yang mengandung air akan lebih mudah diaplikasikan serta cenderung tidak meninggalkan residu setelah pemakaian. Pemakaian pelembab akan menghidrasi kulit di area mata, sehingga mengencangkan dan mengurangi kerutan.

  1. Humektan

Zat ini berfungsi untuk membantu kulit menyerap dan mempertahankan kelembaban kulit. Daerah sekitar mata akan kembali sehat dan kencang.

  1. Emolien

Pemakaian krim mata bertujuan untuk menghidrasi kulit, sehingga tetap berfungsi normal dan tidak mengalami kerutan atau tanda penuaan seperti garis halus. Kandungan zat emolien pada eye cream mampu melindungi kulit untuk tetap lembab dengan stabil.

  1. Niacinamide

Zat aktif berikutnya adalah niacinamide yang lebih dikenal dengan vitamin B3. Vitamin ini berfungsi menangani masalah pada mata serta tanda-tanda penuaan. Dengan demikian, kulit di area mata akan tetap kencang dan mencegah penuaan dini.

  1. Retinol

Retinol termasuk zat penting yang terkandung dalam krim mata. Zat ini berfungsi mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit. Jadi, retinol dan zat lainnya yang terkandung dalam krim mata bersinergi menyehatkan kulit di area mata.

Fungsi Eye cream

Berbagai bahan aktif yang terkandung di dalam krim mata di atas menjadi bukti beragamnya manfaat eye cream.

Dengan manfaat dasarnya sebagai pelembab kulit di area mata, ternyata terdapat manfaat penyerta lainnya yang bisa diperoleh dari krim mata jika rutin menggunakannya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat eye cream yang perlu kamu tahu.

  1. Memudarkan Kerutan dan Garis Halus

Memakai skincare secara rutin memang sangat penting guna menjaga kesehatan kulit. Terlebih bagi wanita, kesehatan kulit akan mempercantik penampilan. Pemakaian eye cream akan menyehatkan kulit di area mata sekaligus mencegah ataupun mengatasi persoalan akibat kulit yang kering.

Salah satunya adalah memudarkan kerutan dan garis halus yang lebih rentan timbul di bagian kulit sekitar mata. Sebagai produk anti-aging, eye cream secara efektif memudarkan kerutan dan garis halus di area smile lines. Bagian sekitar mata adalah salah satunya.

  1. Mencegah Creasing

Fungsi eye cream berikutnya adalah mencegah creasing. Krim mata dapat diaplikasikan menjadi eye primer yaitu dioleskan sebelum menggunakan concealer. Kamu juga dapat mengaplikasikan dengan concealer sekaligus. Tujuannya agar area mata terlihat lembab, smooth, dan mencegah retak atau creasing.

  1. Melembabkan Wajah

Kegunaan krim mata selanjutnya adalah sebagai moisturizer karena mempunyai kandungan zat niacinamide dan antioksidan yang menghidrasi kulit serta memperkuat lapisan kulit. Tekstur eye cream juga tidak berminyak jika dibandingkan dengan pelembab wajah umumnya. Dengan demikian, krim mata ini ini ringan diaplikasikan untuk kulit.

  1. Menutrisi Bibir

Fungsi krim mata berikutnya adalah menutrisi bibir. Lapisan kulit bibir dan mata memang lebih tipis dibandingkan kulit wajah.

Oleh karena itu, krim mata ini juga cocok untuk dioleskan ke kulit bibir untuk menutrisinya agar tetap sehat, lembab, dan tidak mudah mengelupas atau pecah-pecah. Peran krim mata di sini dapat menggantikan fungsi lip balm jika suatu saat habis dan belum sempat membelinya.

  1. Merawat Kutikula

Terlalu sering berada di ruangan ber-AC atau di tempat yang terpapar sinar matahari bisa membuat kutikula menjadi kering juga tidak terawat. Produk eye cream juga bisa beralih fungsi menjadi hand cream yang berfungsi membantu melembabkan dan menghaluskan kutikula.

Ternyata ada banyak fungsi eye cream untuk kulitmu. Namun untuk memperoleh manfaat tersebut, sebaiknya kamu mematuhi cara pakainya secara tepat. Lalu bagaimana cara memakai eye cream? Simak penjelasan selanjutnya ya.

Cara Memakai Eye cream

Manfaat krim mata memang sangat banyak. Untuk itu, jangan lupa rutin mengaplikasikannya untuk merawat kulit di area mata dan bagian kulit lainnya sebagai manfaat tambahannya. Berbagai persoalan akan dapat diminimalisir, bahkan dicegah. Dalam pemakaiannya, kamu harus mengetahui kapan saat yang tepat dan cara yang benar.

Keindahan mata yang berbinar dengan kulit di sekitarnya yang tampak kencang dan smooth memang memerlukan eye cream sebagai skincare. Kamu dapat langsung mengoleskan eye cream sesudah mencuci muka di pagi dan malam hari.

Lalu, seberapa porsi krim yang dioleskan? Idealnya, ukuran atau porsi krim mata yang dioleskan agar hasilnya optimal adalah seukuran kacang polong untuk kedua sisi mata.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mengoleskannya dengan baik dan benar? Langkah pertama, totol-totolkan krim mata menggunakan jari manis atau jari kelingking di sepanjang tulang orbital atau rongga mata, bukan pada kelopak mata.

Tepuk-tepuklah ringan dan baurkan krim mulai dari sudut terluar mata, di mana terdapat kerutan dengan arah bergerak ke bawah sepanjang tulang orbital menuju ke tulang hidung. Gerakan mengetuk akan memijat lembut eye cream sampai meresap ke dalam kulit.

Setelah itu, gerakan mengarah ke atas, berikan sedikit penekanan dan sapulah sisa krim yang ada ke sepanjang alis dan tulang alis sampai ke sudut luar mata.

Perlu diingat, hindari menempatkan krim mata terlampau dekat dengan mata, seperti di bagian kelopak atau pada garis bulu mata. Mengapa? Krim akan mudah masuk dan justru akan mengiritasi mata dan cepat menyebar ketika menghangat setelah terpapar suhu tubuh.

Kulit bertindak sebagai spons untuk mengambil porsi yang dibutuhkan. Waktu penyerapan krim mata ke bagian dalam kulit ini membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Tunggulah selama kurun waktu tersebut, barulah bisa mengaplikasikan skincare lainnya.

Adapula satu cara ampuh untuk mengatasi mata bengkak saat pagi hari. Cara optimalnya adalah dengan menempatkan kapas basah di freezer sampai beberapa menit, kemudian pijat lembut krim mata ke daerah kontur mata. Setelah itu, tempelkan kompres dingin dari freezer ke area mata dalam beberapa menit.

Itulah sekelumit penjelasan tentang bahan aktif, fungsi eye cream hingga cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply