Paket Skincare untuk Menghilangkan Milia yang Ampuh

Salah satu fungsi penting skincare adalah mengatasi berbagai persoalan kulit, termasuk milia. Agar cepat teratasi, pilihlah skincare untuk menghilangkan milia secara ampuh.Milia atau bintik putih di wajah adalah persoalan kulit yang sering terjadi.

Bagi wanita, hal ini tentu saja merupakan masalah yang mengurangi penampilan. Milia ini umumnya muncul di area bawah mata, hidung, dan dagu.

Meskipun umumnya ditemukan pada wajah bayi yang baru lahir dan cepat hilang, namun banyak orang dewasa yang mengalaminya dan bisa permanen jika tidak segera dihilangkan.

Penyebab Milia

Bintik-bintik putih yang muncul di permukaan kulit ini memang sangat menggangu penampilan. Kamu yang sedang mengalaminya pasti sangat resah dibuatnya.

Lalu, apa sebenarnya penyebab munculnya milia ini? Munculnya milia dapat disebabkan oleh serpihan kulit mati atau keratin (protein terluar kulit yang bertekstur keras) terperangkap di bawah permukaan kulit.

Oleh sebab itu, milia ini mirip dengan komedo, namun bedanya milia ini tidak bisa ditekan dan diambil dengan mudah.

Sebenarnya, penyebab kondisi tersebut adalah kurangnya kemampuan kulit dalam melakukan eksfoliasi alami dikarenakan faktor usia. Paparan sinar matahari juga mengambil banyak peran pada kemunculan milia ini.

Kandungan sinar ultraviolet dalam sinar matahari ini bisa merusak sel kulit wajah karena memunculkan bintik putih.

Skincare yang Ampuh Menghilangkan Milia

Solusi atas munculnya milia pasti sudah kamu nantikan, bukan? Agar rasa cemasmu segera hilang, aplikasikan berbagai produk skincare di bawah ini yang sangat berkhasiat untuk menghilangkan milia.

skincare yang cocok adalah skincare yang mengandung AHA dan BHA dan retinoid. Pilih juga produk yang oil free dan bersifat noncomedogenic. Hindarilah kandungan paraben karena bisa menghilangkan kandungan minyak alami pada wajah.

1.   Sabun Cuci Muka

Produk skincare pertama yang ampuh menghilangkan milia adalah sabun cuci muka. Membersihkan wajah adalah hal penting yang tak boleh dilupakan atau sengaja dilupakan.

Bagaimanapun juga, kesehatan kulit berasal dari kebersihan. Pastikan kamu menggunakan sabun cuci muka yang bertekstur ringan dan berbahan dasar air.

Sabun cuci muka yang berbasis air akan lebih efektif mengangkat kotoran sekaligus mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan munculnya milia.

Sebagai tambahan, sabun pembersih wajah yang ringan mampu menjaga keseimbangan lapisan minyak di wajah.

Setelah mencuci muka, biasakan juga untuk mengeringkan wajah dengan handuk yang bersih dan lembut dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan. Langkah ini lebih baik dibandingkan membiarkan wajah kering dengan sendirinya.

2.   Toner

Berikutnya, ada toner yang termasuk rangkaian skin care untuk menghilangkan milia. Toner ini bermanfaat untuk melakukan eksfoliasi pada kulit wajah.

Eksfoliasi atau pengelupasan ini bisa membantu menghilangkan lapisan sel kulit mati dan kotoran lain yang terperangkap pada lapisan kulit.

Akan tetapi, hanya dianjurkan menggunakan produk yang mengandung lactic acid dan asam salisilat. Meskipun demikian, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi ini karena berisiko menyebabkan iritasi kulit. untuk itu, cukup lakukan eksfoliasi ini seminggu sekali saja.

3.   Pelembab

Skincare berikutnya adalah pelembab yang mampu menstabilkan kelembaban wajah, terlebih yang mempunyai masalah milia. Sebaiknya, kamu gunakan pelembab yang berbahan dasar air, baik yang berbentuk gel, lotion, maupun krim, yang sifatnya lembut, ringan, dan aman untuk kulit.

Hindarilah pelembab yang berbahan dasar minyak karena justru menimbulkan penumpukan minyak berlebih serta menyumbat pori-pori kulit wajah yang berakibat semakin banyaknya jumlah milia yang muncul.

4.   Sunscreen

Tabir surya atau sunscreen adalah salah satu produk skincare yang sangat penting untuk menghilangkan milia. Fungsi tabir surya yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari sangat bermanfaat mencegah timbulnya milia.

Yang terpenting, gunakan sunscreen yang sesuai dengan tipe kulitmu agar tidak menimbulkan persoalan kulit lainnya. Kamu bisa menggunakan sunscreen yang kadar SPF-nya minimal yaitu 30 untuk perlindungan maksimal dari sinar matahari.

Oleskan sunscreen ini sesaat sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Pemakaian tabir surya secara berulang juga disarankan asal dalam jumlah secukupnya.

5.   Krim Mata

Kulit di sekitar mata memang rentan lebih kering dan lebih rentan mengalami masalah karena kurang terhidrasi. Tak jarang pula muncul milia di sana.

Oleh karena itu, krim mata ini harus dipakai untuk menghilangkan milia. Pilihlah krim mata yang kandungannya ringan dan berlabel bebas minyak. Pilih produk yang bersifat noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori kulit.

6.   Obat Jerawat

Skincare untuk menghilangkan milia secara efektif adalah obat jerawat. Kamu dapat menggunakannya untuk menghilangkan milia karena obat jerawat ini mengandung asam glikolat dan asam salisilat yang mudah ditemukan di apotek.

Berbagai bahan aktif tersebut mampu membantu proses pengelupasan kulit.. Apabila digunakan secara rutin, obat ini bisa membantu menghilangkan milia secara optimal.

7.   Masker Madu

Selain berbagai skincare di atas, ternyata masker madu sangat berperan dalam menghilangkan milia. Masker berbahan alami ini mampu mengurangi inflamasi serta mempunyai efek anti bakteri. Khasiatnya tersebut ampuh untuk menghilangkan milia tanpa iritasi.

8.   Air Mawar

Air mawar adalah bahan alami berikutnya yang ampuh menghilangkan milia. Pemakaian air mawar ini sangat efektif membantu menghilangkan milia karena bersifat anti inflamasi.

Cara pakainya adalah dengan menyemprotkan air mawar pada bagian kulit yang terkena milia secara rutin dan jauhkan dari mata.

Munculnya milia sebagai salah satu persoalan di kulit wajah memang sering terjadi. Oleh karena itu, jangan cepat cemas dan bingung mengatasinya. Terdapat berbagai produk skin care untuk menghilangkan milia yang jitu.

Perlu diingat pula agar kamu membersihkan wajah menggunakan teknik double cleansing yaitu membersihkan make up dan mencuci muka dengan sabun cuci muka. Ubah pula gaya hidup menjadi lebih sehat yaitu mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat.

Tambahkan pula asupan vitamin D. Keseimbangan ini akan menyehatkan kulit dan meminimalisasi munculnya milia.

 



Leave a Reply