Pelembab Untuk Kulit Berminyak: Tips Memilih

Tahukah kamu? Mencuci wajah setiap hari dapat mengikis lapisan kulit, membuat kulit kamu menjadi mudah kering dan berkurang kelembabannya. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mencuci wajah sama sekali ya. Mencuci wajah tetap perlu dilakukan setiap hari agar wajah tetap bersih dan segar.

Untuk menghindari resiko kulit menjadi kering dan tidak lembab akibat mencuci wajah, kamu harus tahu cara yang tepat untuk merawat kelembaban wajah. Terutama buat kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Tentu saja menjaga kelembabannya harus benar-benar tepat. Karena jangan sampai malah membuat kulit kamu menjadi kering.

 

Kamu harus pandai-pandai memilih pelembab wajah yang cocok untuk kulit berminyak. Nah, buat kamu yang mau tahu tips dan trik jitu dalam memilih pelembab untuk kulit berminyak, simak ulasan berikut sampai selesai ya. Karena semuanya akan dikupas tuntas tentang pelembab wajah terutama untuk kulit berminyak.

 

Kenapa Kulit Wajah Bisa Berkurang Kelembabannya?

Sebelum kita membahas soal pelembab kulit, kamu perlu tahu apa saja faktor yang menyebabkan kulit menjadi berkurang kelembabannya atau menjadi kering. Berikut ini beberapa contoh hal-hal yang bisa membuat kulit kamu menjadi kering.

  1. Penggunaan sabun cuci muka
  2. Berada di ruangan ber-AC terlalu intens
  3. Cuaca yang terlalu panas
  4. Terpapar senyawa kimia
  5. Membersihkan wajah dengan cara yang berlebihan

Bisa jadi tanpa kamu sadari, kelima faktor di atas memengaruhi kesehatan kulitmu. Bahkan, udara yang terlalu dingin dan panas pun bisa membuat kulit menjadi kering. Pada beberapa kasus ditemukan bahwa merokok juga menjadi salah satu penyebabnya.

Menjaga Kelembaban untuk Kulit Berminyak

 

Untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit kering, langkah yang dapat kamu ambil adalah menggunakan pelembab. Namun, tahukah kamu bahwa menggunakan pelembab tidak hanya untuk kulit kering? Karena kulit yang berminyak sekalipun juga membutuhkan perawatan tambahan dari pelembab.

Kulit berminyak bukan berarti memiliki minyak alami yang mampu melembabkan kulit, justru jika kadarnya berlebihan akan menimbulkan masalah kulit baru seperti tumbuhnya jerawat dan wajah pun terlihat kusam. Produksi minyak berlebih dapat terjadi akibat kondisi kulit yang sebenarnya dehidrasi.

Selain itu, jika kamu menghindari pelembab, kulitmu akan terlihat lebih kusam dan dapat kehilangan kekenyalan. Dengan memilih produk yang tepat dan sesuai jenis kulit, ini dapat membantu kulitmu menjadi lebih kenyal, segar, dan tidak kusam.

Pemilihan pelembab untuk kulit berminyak pun terhitung tidak mudah karena ketika asal pilih, maka dapat menyebabkan wajah menjadi lebih berminyak dan bahkan berjerawat. Pemakaian pelembab yang tepat setelah mencuci muka akan sangat membantu untuk mengurangi minyak di wajah. Berikut adalah tips memilih pelembab yang cocok untuk kulit berminyak dan berkomedo.

Cara Memilih Pelembab Wajah untuk Kulit Berminyak

Pada dasarnya, tujuan dari pemakaian pelembab untuk kulit berminyak adalah mengurangi produksi sebum yang berlebihan. Yang perlu digaris bawahi adalah mengurangi, bukan menghentikan produksi sebum. Karena minyak alami yang dihasilkan pun berguna untuk kesehatan kulit.

Kamu yang memiliki kulit berminyak sebenarnya beruntung karena kulitmu akan selalu lembab dan cenderung awet muda. Hanya saja kamu masih harus memakai produk untuk oily control. Pemilihan pelembab pun tidak boleh sembarangan, penggunaan pelembab yang tidak sesuai dapat membuat kulitmu semakin berminyak atau bahkan menjadi kering.

Kulit yang berminyak biasanya mudah berjerawat dan berkomedo. Karena itu, memilih pelembab wajah yang cocok untuk kulit berminyak dan berkomedo harus selektif dan berhati-hati. Simak tips memilih pelembab wajah untuk kulit berminyak berikut ini.

Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Wajah Berminyak

  1. Bebas Kandungan Minyak

Kandungan minyak berlebih di wajah dapat membuat masalah kulit yang baru seperti tumbuhnya komedo dan jerawat. Maka, sebaiknya kamu menghindari produk yang kandungannya mengandung banyak minyak jika kamu tidak ingin menumpuk minyak di wajahmu.

  1. Hindari Pelembab dengan Vitamin E dan Mineral Oil

Kedua bahan tersebut memang bagus untuk kulit, namun tidak disarankan bagi pemilik kulit berminyak karena bahan ini dapat meningkatkan produksi sebum di kulit.

  1. Berbahan Water Based

Pilihlah pelembab yang kandungannya dari air. Seperti yang kita ketahui bahwa pelembab biasanya terdiri dari jenis gel, losion, krim, dan ointment. Kandungan air yang lebih banyak terdapat di gel dan losion, sedangkan krim dan ointment lebih banyak mengandung minyak.

Untuk kulit yang berminyak, disarankan menggunakan pelembab berupa losion atau gel karena akan lebih ringan dan nyaman di kulit.

  1. Hindari Produk yang Mengandung Alkohol

Ada beberapa produk yang bahkan mengandung alkohol, sebaiknya hindari bahan tersebut karena dapat memicu iritasi pada kulit.

  1. Mengandung Empat Bahan Penting Ini

Empat bahan yang dimaksud adalah asam salisilat, asam glikolat, asam retinoid, dan sodium hyaluronate. Asam salisilat dan asam glikolat berfungsi untuk melarutkan minyak dan menyapu bersih epidermis yang merupakan lapisan terluar kulit.

 

Sedangkan pemakaian pelembab pada malam hari, kamu dapat menggunakan produk yang mengandung asam retinoid karena bahan ini mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan meminimalisir timbulnya komedo di wajah.

 

Selain mengurangi minyak, kamu juga harus tetap memerhatikan kelembaban kulit wajah dengan menggunakan produk pelembab yang mengandung sodium hyaluronate.

Selain mengikuti tips di atas saat memilih pelembab, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara pakai moisturizer yang tepat dan apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kelembaban kulitmu tanpa harus berminyak.

Tentu masih banyak yang belum mengetahui bahwa memakai pelembab pun ada aturannya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan menggunakan pelembab pada tahapan terakhir setelah perawatan wajah kamu atau setelah pemakaian serum.

Jika kamu baru saja mencuci muka atau membersihkannya, kamu pun dapat memakai pelembab ini. Terutama pada malam hari saat kulit cenderung sangat berminyak pada pagi harinya.

Tidak hanya pelembab, dengan melakukan hal sederhana lainnya kamu bisa juga menjaga kelembaban kulit yang berminyak. Yuk simak ulasan berikut ini.

Cara Menjaga Kebersihan dan Kelembaban Kulit Berminyak

  1. Mencuci Wajah

Selain memilih moisturizer atau pelembab yang sesuai jenis kulit, kamu juga dapat menjaga kebersihan wajah dengan rutin mencuci muka minimal dua kali sehari yaitu saat pagi dan malam hari dengan air dingin.

 

Ketika sedang mencuci muka, biasanya kamu akan memijat bagian wajah, bukan? Hal ini memang bagus, namun untuk kulit berminyak sebaiknya hindari pijatan yang berlebihan karena dapat memicu produksi sebum yang lebih banyak di kulit. Kamu juga tidak perlu mencuci wajah terlalu sering karena dapat membuat wajahmu menjadi kering dan bahkan menjadi pencetus produksi minyak yang lebih banyak lagi.

 

Pilihlah pembersih wajah yang mengandung bahan antibakteri dan bebas alkali. Kamu juga dapat menggunakan scrub setiap seminggu atau dua minggu sekali dengan pijatan yang halus guna mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

 

  1. Double Cleansing

Jangan lupa untuk melakukan double cleansing, jika kamu juga harus membersihkan make up dari wajahmu terlebih dahulu. Untuk kulit yang berminyak, dapat menggunakan pembersih make up berbahan micellar water karena akan terasa ringan di kulit dan tidak menyumbat pori-pori.

 

  1. Pakailah Sunscreen

Jika aktivitasmu mengharuskan dirimu terpapar sinar matahari lebih lama, kamu memerlukan sunscreen. Walaupun sunscreen lebih banyak yang mengandung minyak, namun tak dipungkiri bahwa kulit kamu tetap membutuhkan itu. Pilihlah minimal yang SPF 30 untuk menjaga kulitmu dari paparan sinar dan panas matahari selama beraktivitas.

 

  1. Aplikasikan Masker Seminggu Sekali

Kemudian, untuk mencapai hasil yang lebih maksimal lagi, kamu dapat mengaplikasikan masker setiap seminggu sekali. Tidak hanya pelembab, masker pun perlu disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk kulit berminyak, dapat menggunakan masker charcoal karena kandungannya yang dapat menyerap minyak tanpa harus menghilangkan atau menghentikan produksi sebum.

 

  1. Hindari Menyentuh Area Wajah dengan Tangan

Bukan berarti kamu dilarang menyentuh area wajahmu sendiri. Yang dimaksud di sini adalah menyentuh dengan tangan yang belum dibersihkan. Jadi, sebelum menyentuh area wajah pastikan dulu bahwa tanganmu sudah bersih. Mencuci tangan sebelum menyentuh wajah dapat mencegah kotoran atau bakteri berpindah dari tangan ke wajah.

 

  1. Strategi saat Ber-Make Up

Ketika sebelum menggunakan make up, biasanya kamu akan memakai foundation sebagai dasar make up. Namun, bagi yang memiliki kulit berminyak, memakai foundation saja bisa menjadi awal kecemasan dirinya karena beberapa lama kemudian wajahnya akan berminyak kembali.

Untuk mengatasinya, kamu dapat mengaplikasikan bedak tabur sebagai produk tambahan agar dapat mengikat semua set make up dan mencegah minyak berlebih di wajah.

 

  1. Minum Air Putih

Semua yang kamu lakukan di atas tadi adalah perawatan dari luar kulit saja. Kamu pun perlu menjaga kelembaban kulit dari dalam dengan membiasakan diri untuk minum air putih setidaknya minimal 8 gelas dalam sehari. Hal ini dapat membantu kamu untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Itulah tips bagaimana cara memilih pelembab wajah yang cocok untuk kulit berminyak dan berkomedo serta apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah produksi minyak berlebih. Penggunaan suatu produk kemungkinan tidak akan langsung sesuai di wajahmu, sehingga mengharuskan kamu untuk mencoba berbagai produk terlebih dahulu.

Namun, tetap pastikan bahwa bahan yang terkandung di dalam pelembab atau produk tersebut sudah sesuai dengan jenis kulit. Ketika akan mencoba produk yang baru, sebaiknya tidak mengaplikasikannya langsung ke wajah melainkan diuji coba terlebih dahulu di tangan guna mencegah timbulnya ruam dan jerawat, terlebih lagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif.

Kondisi kulit pastinya akan berubah terutama ketika berada di cuaca yang berbeda. Pemakaian moisturizer pun tentu akan berbeda sesuai kebutuhan dan kondisi kulit saat itu. Jadi, kamu juga perlu memerhatikan kondisi kulitmu saat itu dan sebaiknya membedakan pelembab yang kamu gunakan saat cuaca dingin dengan cuaca panas.

Demikian ulasan ini. Semoga bisa membantu kamu dalam merawat kelembaban kulit dan menemukan produk pelembab wajah yang cocok untuk kulit kamu yang berminyak dan mudah berkomedo.

 



Leave a Reply