Pemilihan Skincare untuk Bekas Jerawat

Setiap manusia itu unik karena memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya. Begitu pula dengan kulit wajah. Setiap orang memiliki keunikan pada kulit wajahnya, ada yang memiliki kulit kering, kulit berminyak, maupun kulit sensitif.

Permasalahan di setiap kulit wajah pun dapat berbeda satu dengan yang lainnya, permasalahan wajah ini juga dipengaruhi oleh tipe kulit wajah, dan berbagai hal lainnya.

Permasalahan pada kulit wajah yang sangat umum dialami oleh sebagian besar orang adalah jerawat. Jerawat dapat terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori pada kulit wajah. Penyebab umum terjadinya jerawat yaitu kondisi wajah yang kotor dan tidak dibersihkan dengan benar.

Selain itu, faktor hormonal juga mempengaruhi timbulnya jerawat. Setelah jerawat dapat tertasi, masalah belum selesai. Bekas jerawat menjadi masalah baru yang perlu untuk diberantas. Untuk itu diperlukan skincare untuk bekas jerawat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Menggunakan rangkaian skincare untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya perlu lebih selektif. Namun, sebelum memilih berbagai kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat, hal yang paling penting dilakukan ialah penggunaaan skincare dasar atau basic skincare.

Basic skincare inilah pondasi utama yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk jerawat dan bekasnya. Menggunakan basic skincare yang cocok dan pas akan mengurangi risiko timbulnya permasalahan kulit.

Basic Skincare

Basic skincare yang paling utama wajib digunakan adalah sabun cuci muka. Produk skincare ini sudah paling umum diketahui bagi penggila skincare maupun masyarakat biasa. Sebagian besar orang pun menggunakan produk yang satu ini.

Hal ini karena sabun cuci muka adalah langkah pertama yang dapat dilakukan agar kulit wajah tetap bersih dan terhindar dari jerawat. Selanjutnya ialah moisturizer. Pelembab atau moisturizer berfungsi untuk menjaga kestabilan kulit.

Hal ini tentunya bergunan untuk mengurangi risiko terjadinya permasalahan pada kulit. Basic skincare yang terakhir yang juga tidak kalah penting yaitu sunscreen atau sunblock.

Sunscreen atau sunblock memiliki tujuan utama untuk melindungi kulit dari sinar matahari dalam bentuk UV A yang dapat menyebabkan penuaan dan UV B yang bisa menimbulkan burning atau kulit yang terbakar karena sinar matahari.

Penggunan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus sekalipun tidak akan efektif jika tidak ditambahkan pemakaian sunscreen maupun sunblock.

Setelah melakukan basic skincare dengan baik, selanjutnya perlu dilakukan pemilihan skincare yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat.

Menggunakan skincare dengan kandungan yang baik untuk bekas jerawat akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut.

Berikut terdapat beberapa kandungan pada skincare yang bagus untuk diaplikasikan pada wajah yang memiliki permasalahan bekas jerawat.

Salicylic Acid

Salicylic Acid merupakan turunan dari BHA atau Beta Hydroxy Acids. Salicylic Acid ini termasuk pada bahan aktif yang sering digunakan pada skincare untuk mengatasi jerawat pada wajah.

Salicylic Acid adalah salah satu bahan untuk mengeksfoliasi kulit yang bekerja dengan masuk ke dalam  pori-pori wajah untuk mengelupas sel kulit mati.

Sel kulit mati yang terangkat akan diganti dengan sel kulit baru. Oleh karena itu, penggunaan Salicylic Acid ini juga bermanfaat untuk membasmi bekas jerawat.

Selain mempercepat regenarasi kulit yang baru, Salicylic Acid ini juga memperbaiki rona pda kulit wajah beserta teksturnya yang berkaitan dengan bekas jerawat.

Ekstrak Licorice

Ekstrak Licorice merupakan salah satu kandungan skincare yang berfungsi untuk brightening atau mencerahkan kulit. Oleh karenanya, ekstrak Licorice juga memiliki manfaat untuk memudarkan bekas jerawat.

Selain bekas jerawat, ekstrak Licorice juga berperan dalam memudarkan flek atau bintik hitam pada wajah.

Hal ini disebabkan karena adanya kandungan zat glabiridin pada ekstrak Licorice itu sendiri, zat glabiridin ini berfungsi untuk menghambat dan mengurangi produksi melanin yang dapat menimbulkan bitnik hitam pada wajah.

 Vitamin C

Salah satu kandungan pada skincare yang bergunan sebagai antioksidan adalah vitamin C. Memasukkan kandungan vitamin C pada rangkaian skincare dapat mempercepat dalam memudarkan bekas jerawat.

Vitamin C ini sendiri sudah terbukti berperan besar dalam mengatasi permasalahan bekas jerawat ataupun permasalahan kulit lainnya yang berkaitan dengan penggelapan pada kulit wajah.

Selain dapat membantu dalam menghilangkan bekas jerawat, vitamin C yang dimasukkan ke dalam rangkaian skincare juga dapat mencerahkan kulit yang  kusam.

Vitamin E

Selain vitamin C, kandungan skincare lainnya yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat adalah vitamin E. Vitamin E bekerja pada kulit wajah dengan menutup retakan pada lapisan kulit terluar dari wajah.

Setelah retakan tersebut tertutupi, vitamin E akan memperbaiki pelindung kulit yang sudah rusak sehingga bopeng menjadi lebih rata. Bopeng ialah cekungan pada wajah yang dapat disebabkan oleh jerawat.

Nah, dengan pemakaian vitamin E, bopeng pada bekas jerawat dapat lebih cepat memudar dan Kembali rata dengan kulit wajah lainnya.

Retinol

Retinol ialah salah satu turunan dari vitamin A. Retinol juga memiliki peran yang besar untuk menghadapi berbagai permasalahan kulit pada wajah. Produk turunan vitamin A ini memberikan fungsi sebagai peremajaan pada kulit wajah.

Kandungan skincare ini dapat membantu menghilangkan noda hitam dan kecoklatan pada wajah. Selain bekas jerawat yang kehitaman, retinol juga dapat mengatasi bekas jerawat dalam bentuk bopeng.

Retinol membantu pembentukan kolagen pada wajah sehingga membantu meratakan tekstur kulit.Retinol ini juga berfungsi sebagai anti aging atau anti penuaan.

Selain mengatasi jerawat dan bekas jerawat, retinol dapat menyamarkan garis-garis halus pada wajah akibat penuaan. Selanjutnya, retinol juga bagus dalam menjegah tanda kerusakan akibat dari sinar matahari.

Itulah beberapa kandungan skincare yang dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bekas jerawat yang kehitaman maupun bekas jerawat bertekstur atau bopeng.

Sebelum memasukkan kandungan tersebut pada skincare, sangat perlu memahami kondisi kulit terlebih dahulu agar dapat mengatasi bekas jerawat dengan lebih efektif.

 



Leave a Reply