Pentingkah Penggunaan Eye Cream untuk Remaja?

Kedua mata kita adalah bagian tubuh yang akan menunjukkan tanda-tanda penuaan atau stres lebih dulu dibanding anggota tubuh lainnya. Menggunakan produk eye cream yang tepat dapat mengatasi dan mencegah hal tersebut .

Tidak hanya usia dewasa, remaja pun juga perlu memasukkan eye cream ke dalam list skincare hariannya. Tentunya menyesuaikan produk skincare dengan usia, bagi usia remaja bisa menggunakan produk eye cream untuk remaja.

Apa Itu Eye Cream?

Eye cream merupakan krim yang merupakan bagian dari rangkaian perawatan wajah, berfungsi untuk melembabkan area sekitar mata.

Area mata terdiri dari lapisan kulit yang lebih tipis dan lembut dibanding area wajah lainnya, sehingga lebih cepat terlihat keriput dan berdasarkan latar belakang inilah eye cream diproduksi untuk merawat kesehatan area mata. Area mata memiliki sedikit kandungan kolagen karena kulit di sekitar mata tidak elastis.

Namun, masih banyak yang meremehkan fungsi dari eye cream muda ini. Banyak yang beranggapan penggunaan moisturizer atau pelembab wajah juga sudah mencukupi nutrisi area mata. Tetapi apakah eye cream sama seperti pelembab? Yuk kita pahami dulu perbedaan kandungan antara keduanya.

Perbedaan Kandungan Eye Cream dan Pelembab Wajah

Banyak pelembab wajah yang memberikan peringatan untuk menghindari area mata. Peringatan tersebut bisa saja menandakan bahwa pelembab itu mengandung bahan kimia yang cukup membahayakan area mata, dan apabila mengandung parfum, zat ini dapat mengiritasi mata.

Sedangkan eye cream didominasi oleh kandungan minyak dibanding losion wajah pada umumnya. Dan tentunya, di dalamnya terkandung bahan aktif untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini.

Pada pelembab wajah, kamu tidak akan mendapatkan formula khusus yang dapat mengatasi lingkaran hitam alias mata panda. Berikut adalah kandungan yang ada di dalam eye cream.

  • Retinol

Krim mata untuk usia 20an mampu mengatasi permasalahan aging, karena terbuat dari retinol. Yang mana bahan ini dapat mencegah dan menyamarkan garis halus atau kerutan di kulit.

  • Vitamin C

Berguna untuk mengembalikan elastisitas kulit terutama di area mata. Penggunaan eye cream sebelum beraktivitas di outdoor dapat mencegah mata kamu terpapar dari polusi.

  • Green Tea

Antioksidan yang terkandung di dalam green tea dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan perbaikan DNA pada kulit. Selain itu, green tea mampu mengurangi iritasi, kemerahan,  pembengkakan pada area mata, sekaligus menjaga kesehatan kulit karena mengandung vitamin B2 dan vitamin E.

  • Peptides

Kandungan satu ini akan membantu mengencangkan kulit kamu yang kendur,  karena dapat meningkatkan produksi kolagen.

  • Asam Alpha Lipoic

Fungsi utamanya adalah untuk mencegah kerusakan sel di dalam tubuh sekaligus mengembalikan tingkat vitamin C dan E pada kulit.

Kandungan ini dapat menyerap ke dalam kulit dengan cepat dan menjadi penangkal radikal bebas. Selain itu, asam alpha lipoic juga dapat menyamarkan mata panda, bengkak pada mata, meratakan warna kulit, dan mampu mengecilkan pori-pori.

Penggunaan eye cream yang bagus untuk remaja saja tidak cukup, diperlukan juga perawatan dari dalam agar hasil yang diperoleh dapat maksimal.

Yang perlu kamu lakukan untuk memaksimalkan hasilnya adalah cukup tidur agar kesehatan area mata tetap terjaga, menghindari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan sunscreen, dan tidak merokok.

Apabila kamu memiliki beberapa keluhan seperti mata panda, kulit yang berkerut, memiliki kantung mata, dan kulit sangat kering, produk eye cream sangat direkomendasikan.

Aturan Memakai Eye Cream

Memakai skincare tentu ada cara pakainya tersendiri. Setiap produk pasti berbeda aturannya, begitu juga dengan memakai eye cream. Hasil yang maksimal juga tergantung dari cara memakainya, apakah cara kamu memakai eye cream selama ini sudah benar? Berikut adalah aturan memakai krim mata yang benar.

  1. Pastikan area mata dalam keadaan bersih.
  2. Cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air bersih mengalir.
  3. Eye cream yang teksturnya lebih creamy dapat digunakan setelah memakai moisturizer, sedangkan jika tekstur lebih cair gunakan sebelum moisturizer.
  4. Oleskan secukupnya, dan pilihlah eye cream yang sesuai jenis kulit serta kebutuhanmu.
  5. Biasakan untuk mengaplikasikan krim mata sebanyak dua kali sehari, yaitu setelah mandi pagi dan sebelum beranjak tidur malam.

Sekarang kamu sudah tidak bingung kan dalam memilih eye cream yang tepat untuk kulitmu? Tunggu apa lagi? Mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Sebelum kerutan dan mata panda muncul, kamu bisa menambahkan eye cream sebagai skincare rutinmu.

Ketika baru akan menggunakan skincare terkadang memang tidak bisa menemukan yang cocok dalam satu kali pemakaian saja, apabila kamu mengalami reaksi alergi atau iritasi setelah pemakaian eye cream, lebih baik dihentikan penggunaannya dan segera konsultasi dengan dokter.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan aturan pakai dan tanggal kadaluarsanya terlebih dahulu!



Leave a Reply