Perawatan Wajah Untuk Pria

Tak hanya wanita, pria pun perlu perawatan wajah. Ada hal penting dalam perawatan wajah pria yang perlu diketahui demi kesehatan kulit, beserta dengan produk dan tahap perawatannya.

Terlepas dari penampilan yang memukau karena wajah yang cerah berseri, kesehatan kulit di atas segalanya. Perawatan wajah sangat diperlukan agar kulit tetap sehat, lembut, cerah, dan tentunya terhindar dari berbagai persoalan. Tidak ada yang membedakan antara pria dan wanita, semuanya perlu memperhatikan kondisi kesehatan kulitnya, termasuk area wajah.

Berbagai tips perawatan wajah untuk pria sudah banyak beredar. Akan tetapi, kamu perlu membaca berbagai sumber mengenai tata cara merawat wajah pria yang benar. Jangan sampai salah langkah, bahkan sampai salah memilih produk yang ternyata menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, kamu para pria perlu memahami beberapa hal penting mengenai perawatan wajah, produk yang harus dimiliki untuk merawat wajah, dan tahapan perawatan yang harus dilakukan secara rutin.

Artikel berhubungan : Memilih Pelembab Wajah Pria

Jadi, tetaplah memperhatikan kesehatan kulit wajah dengan tetap melakukan serangkaian perawatan sehat. jangan cuek dengan kesehatan kulit agar terhindar dari berbagai persoalan, di antaranya munculnya komedo, jerawat, flek hitam, bahkan tanda penuaan dini berupa kerutan halus.

Hal-Hal Penting yang Perlu Diketahui Pria dalam Merawat Wajahnya

Perawatan wajah pria dan wanita memang berbeda. Hal tersebut dikarenakan faktor bahwa wanita hampir setiap hari menggunakan kosmetik, sehingga lebih banyak rangkaian perawatan yang perlu dilakukan. Tak hanya itu, pori-pori wajah pria lebih besar dibandingkan wanita, sehingga pria lebih berisiko mempunyai persoalan kulit wajah. Oleh karena itu, para pria harus mengetahui semua hal ini. Beberapa info penting lainnya terkait perawatan wajah khusus pria dibahas lebih lanjut di bawah ini.

1.   Selalu Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara rutin setiap kali mandi dan setelah beraktivitas tentunya wajib dilakukan. Bahkan, maksimal mencuci muka sebanyak 4 kali untuk wajah berminyak. Untukmu para pria juga harus melakukannya dan tidak boleh terlalu cuek dengan kulit wajahmu. Ditambah lagi, pori-pori kulit pria yang lebih besar juga akan menimbulkan wajah lebih berminyak dan berkeringat. Aktivitas pria yang banyak di luar ruangan juga membuat wajahnya lebih berisiko kotor.

Untuk itu, pria wajib membersihkan wajahnya dengan air bersih dan produk facial wash. Dengan rutin membersihkan wajah, berbagai jenis debu, kotoran, minyak pada wajah, dan akumulasi sel kulit mati bisa terangkat. Cara mendasar ini sangat ampuh mendukung kesehatan dan kelembutan kulit hingga mencegah timbulnya risiko munculnya persoalan kulit pada wajah. Perlu diperhatikan juga, jangan menggosok wajah terlampau keras saat mengeringkan wajah dengan handuk.

2.   Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Hal penting berikutnya dalam perawatan kulit wajah pria adalah mengetahui jenis kulit wajah. Menurut American Acedemy of Dermatology, terdapat lima jenis kulit wajah yaitu berminyak, kering, normal, sensitif, dan kombinasi. Semua tipe kulit wajah tersebut perlu diketahui agar kamu dapat memberikan perawatan yang benar. Hal ini juga sangat berguna dalam memilih produk yang sesuai dengan tipe kulit agar lebih optimal dalam melakukan perawatan kulit.

3.   Memilih Produk Perawatan Berkualitas

Mengenai produk perawatan yang digunakan, sebaiknya harus disesuaikan dengan tipe wajahnya. Selain itu, pastikan juga produknya berkualitas agar aman digunakan dan tanpa menimbulkan efek samping. Gunakanlah produk yang berasal dari produsen terpercaya, legal, dan jelas komposisinya. Pastikan juga kemasan produknya masih layak, tidak rusak, dan utuh. Agar lebih terjamin, kamu bisa membelinya di toko kosmetik atau swalayan yang terpercaya. Jika membeli online, pastikan membeli dari online shop yang terpercaya.

4.   Menambahkan Bahan Alami untuk Perawatan

Menggunakan bahan alami untuk perawatan wajah tentunya hal yang sangat dianjurkan. Di samping menggunakan skincare yang beredar di pasaran, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk perawatan wajah yang semakin optimal. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, seperti masker wajah, tabir surya alami, dan pelembab alami. Beberapa bahan alami yang banyak direkomendasikan adalah aloe vera, bengkoang, minyak zaitun, minyak almond, dan sebagainya. Kini, sudah banyak informasi mengenai tata cara membuat campuran bahan alami untuk merawat wajah pria.

5.   Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat adalah terobosan ampuh dalam merawat wajah dari dalam. Hasilnya juga akan optimal karena bisa memperbaiki sel-sel kulit dari dalam. Perawatan wajah dari dalam ini juga mendukung perawatan dari luar yang kamu lakukan.

Makanan sehat yang direkomendasikan adalah buah-buahan yang kaya vitamin C dan E. Sayuran sehat yang mengandung zat besi dan kaya mineral juga bagus untuk kesehatan kulit. Kamu dapat mengolahnya menjadi beragam menu agar tidak bosan dan tidak kehilangan nafsu makan.

6.   Melindungi Wajah dari Polusi dan Sinar Matahari

Perlindungan wajah dari sinar matahari sangatlah penting, terlebih saat ini lapisan ozon semakin menipis yang mengakibatkan semakin banyaknya sinar UVA dan UVB. Efek radikal bebas akibat sinar ultraviolet dan polusi ini bisa dicegah dengan pemakaian tabir surya. Wajah pria juga perlu dilindungi dengan tabir surya agar tidak terbakar dan pastinya terhindar dari efek sinar UVA dan UVB. Jadi, gunakanlah sunscreen sebelum keluar ruangan untuk beraktivitas.

Produk Penting dalam Perawatan Wajah Pria

Perawatan muka pria tetap perlu diperhatikan agar menjaga kesehatan dan menghindari berbagai persoalan kulit khususnya area wajah. Untuk itu, kamu perlu mempunyai beberapa produk penting dalam perawatan wajah.

1.   Pembersih Wajah dan Pelembab

Membersihkan wajah dengan facial wash sangat dianjurkan minimal 2 kali sehari dan setelah beraktivitas. Gunakan air bersih dan jika bisa dalam kondisi hangat. Dengan demikian, pastikan memilih produk pembersih yang sesuai dengan tipe kulit wajah. Selain pembersih, produk pelembab juga sangat diperlukan agar menjaga kelembaban kulit wajah. Tujuannya agar tidak kering dan terhindar dari munculnya garis halus.

2.   Toner

Tidak hanya wanita saja yang memerlukan toner, pria pun memerlukannya untuk mengembalikan pH kulit sekaligus mengangkat sisa-sisa kotoran pada wajah. Gunakanlah toner setelah mencuci wajah. Untukmu yang mempunyai tipe kulit kering, gunakanlah hydrating toner agar bisa membantu melembabkan. Untuk kulit yang berminyak, gunakanlah toner oil-free agar membantu mengangkat minyak yang berlebih di wajah.

3.   Sunscreen

Saat beraktivitas di luar ruangan, sangat perlu menggunakan tabir surya atau sunscreen agar kulit terlindungi. Memakai sunscreen akan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan efek sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan flek hitam, sel kulit mati, timbulnya garis halus, hingga jangka panjang berupa kanker kulit. Jadi, produk sunscreen dengan SPF akan mencegah semua risiko tersebut.

4.   Skincare

Selain pelembab, toner, dan masker wajah, skincare berupa obat jerawat juga perlu digunakan untuk segera menyembuhkan jerawat yang dialami. Hal tersebut dikarenakan pori-pori kulit pria lebih besar, sehingga membuat wajah lebih sering berminyak dan berkeringat hingga menimbulkan jerawat.

5.   Pisau Cukur

Untuk pria, sangat dianjurkan untuk merapikan kumis dan jambangnya agar kesehatan kulit terjaga. Pisau cukur adalah alat yang dibutuhkan untuk mencukur rambut pada wajah secara berkala. Hal ini akan menjamin kesehatan kulit, tanpa adanya kotoran atau sel kulit mati yang ada di area kumis atau jambang.

Cara Lengkap Merawat Wajah Pria

Tidak hanya untuk wanita saja, perawatan wajah untuk pria harus dilakukan secara rutin. tujuannya agar wajahmu tetap glowing dengan kulit yang sehat, lembut, dan kencang. Untuk tahapan perawatannya, berikut inilah ulasannya.

1.   Rutin Membasuh dan Membersihkan Wajah

Hal pertama atau mendasar yang perlu dilakukan adalah rutin membasuh dan membersihkan wajah. Tujuannya untuk membersihkan debu, kotoran, dan minyak pada wajah. Lebih dari itu, membasuh muka dengan air hangat dapat mengangkat sel-sel kulit mati agar menghindari flek hitam di wajah.

2.   Menggunakan Pelembab dan Toner

Pelembab tergolong produk utama yang diperlukan untuk menstabilkan kelembaban kulit. Pemakaian pelembab akan mencegah kulit kering dan munculnya tanda-tanda penuaan. Pemakaian toner juga mampu mengangkat sel kulit mati dan menstabilkan pH kulit wajah.

3.   Rutin Melakukan Eksfoliasi

Cara merawat kulit wajah pria berikutnya adalah rutin melakukan eksfoliasi. Luangkanlah waktumu untuk eksfoliasi atau scrub pada wajah. Tujuannya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuang kotoran yang menyumbat kulit. Dengan perawatan ini, diharapkan bisa menghaluskan folikel kulit yang nantinya juga memudahkan saat bercukur.

4.   Menggunakan Masker Wajah

Pemakaian masker wajah untuk pria memang dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit. Masker wajah yang digunakan bisa berupa produk yang sudah beredar di pasaran ataupun membuat produknya sendiri di rumah. Untuk produk yang dibuat sendiri, kamu bisa menggunakan bahan alami yang direkomendasikan. Beberapa masker alami tersebut bisa berupa campuran dari dua atau lebih bahan alami, misalnya aloe vera, minyak zaitun, timun, minyak almond, madu, dan sebagainya.

5.   Menggunakan Sunscreen

Pemakaian sunscreen adalah tahap perawatan wajah pria yang wajib dilakukan saat pergi ke luar ruangan. Kamu jangan melupakan hal ini demi mencegah berbagai risiko terkait efek radikal bebas dan kulit yang terbakar sinar matahari.

6.   Mengatasi Persoalan Kulit Wajah

Berikutnya, jangan lupa pula untuk mengatasi persoalan kulit pada wajah yang sedang dialami. Apakah sekarang kulitmu sedang berjerawat? Apakah komedomu tidak kunjung hilang? Beberapa contoh masalah kulit ini dapat segera diatasi dengan menggunakan skincare khusus. Dengan demikian, kulit akan kembali sehat, bersih, dan cerah berseri.

7.   Rajin Mencukur

Tahap yang satu ini sangat khusus untuk pria yaitu rajin mencukur rambut yang ada di wajah, seperti kumis dan jambang. Pembersihan ini akan membersihkan kulit agar terhindar dari kotoran yang kemungkinan menempel di area rambut tersebut.

8.   Mengonsumsi Makanan Sehat

Dengan mengonsumsi makanan sehat, perawatan wajah khusus pria akan semakin optimal. Tentu saja cara ini akan mendukung perawatan dari luar. Perawatan internal ini akan menutrisi kulit dan membantu mengatasi persoalan kulit yang sedang dialami.

Itulah penjelasan seputar cara merawat kulit wajah pria yang selama ini mungkin terabaikan. Setelah membaca ulasan ini, segera terapkan serangkaian cara perawatan wajah pria tersebut demi menyehatkan kulit dan memperbaiki penampilan. So, tunggu apalagi?

 



Leave a Reply