Rangkaian Skincare Pagi yang Lengkap dan Tepat untuk Kulit Sehatmu

Skincare routine memang harus dilakukan demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Saat pagi hari, terdapat lima tahapan skincare pagi mulai dari cleansing sampai sunscreen.

Pemakaian produk skincare untuk merawat kulit harus rutin dan berkelanjutan agar optimal dan mencegah timbulnya masalah pada kulit. Saat pagi hari, kamu perlu memakai serangkaian produk skincare yang dapat menutrisi sekaligus melindungi kulit. Apa sajakah berbagai produk tersebut?

1.   Facial Wash

Produk yang pertama adalah facial wash yang sangat dibutuhkan untuk membersihkan kulit wajah dari berbagai debu dan kotoran.

Bahkan, facial wash ini mampu membantu melembabkan kulit. Saat membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka ini, kamu dianjurkan menggunakan air hangat agar pori-pori kulit lebih terbuka guna memudahkan penyerapan skincare berikutnya secara optimal.

Agar tidak menimbulkan masalah kulit lainnya dan optimal dalam membersihkan kulit wajah, pilihlah facial wash yang sesuai dengan jenis kulitmu. Tipe kulit berminyak dan berjerawat cocok menggunakan facial wash yang mengandung asam salisilat, hyaluronic acid, atau sulfur.

2.   Toner

Sesuai urutan skincare pagi hari, toner dapat diaplikasikan setelah mencuci muka dengan facial wash. Meskipun demikian, pemakaian toner di pagi hari ini sering diabaikan karena dinilai tidak penting dan hanya dipakai di malam hari.

Berbeda dengan pandangan tersebut, sebenarnya toner juga termasuk skincare routine yang wajib diaplikasikan di pagi hari. Toner ini berkhasiat dalam menyeimbangkan pH kulit dan membersihkan wajah dua kali lipat usai pemakaian sabun cuci muka.

Lalu, bagaimana cara untuk memakai toner dengan benar? Cara menggunakannya adalah dengan bantuan kapas. Gunakan kapas wajah ketika mengaplikasikan toner ke wajah.

Hindarilah mengusapkan toner menggunakan jari-jari tangan karena berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Persoalan kulit lainnya, seperti jerawat dan komedo, juga berisiko terjadi.

3.   Serum

Sama halnya dengan skincare, serum juga penting dipakai di pagi hari. Kamu bisa memakainya beberapa menit kemudian setelah mengaplikasikan toner. Secara umum, serum ini penting karena kaya akan antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas.

Untuk itu, serum sangat penting diaplikasikan di pagi hari sebelum beraktivitas. Jangan lupa untuk memilih serum yang khusus digunakan saat pagi hari. Keterangannya ada di kemasan produk.Serum juga mempunyai manfaat khusus di setiap produknya.

Oleh karena itu, pilihlah serum yang sesuai kebutuhan dan persoalan kulitmu. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan serum yang bisa mencerahkan kulit wajah jika mempunyai persoalan wajah kusam.Serum ini akan mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah.

Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit mengenai pemilihan jenis serum yang tepat agar tak salah pilih. Perlu diingat, jangan mencampurkan serum dengan pelembab hanya karena ingin lebih praktis menggunakannya.

Hal ini tidak diperbolehkan karena akan mengurangi kemampuan serum dalam menjalankan fungsinya. Khasiatnya menjadi tidak efektif jika dicampur dengan bahan lain, seperti pelembab.

4.   Pelembab

Fungsi yang paling dasar dari pelembab adalah menghidrasi kulit agar kelembabannya terjaga. Produk pelembab ini juga tidak boleh terlewatkan karena termasuk dalam urutan pemakaian skincare pagi.

Pada dasarnya, pelembab ini mampu mencegah kehilangan air pada kulit melalui lapisan luar kulit. Pelembab ini juga mampu melengkapi minyak pelindung wajah dari bahan alami, seperti ceramide.

Skincare yang satu ini sangat direkomendasikan untuk berbagai jenis kulit, namun perlu disesuaikan teksturnya agar tepat dengan tipe kulit masing-masing orang.

Kamu bisa berkonsultasi juga dengan dokter spesialis kulit jika membutuhkan saran lebih lanjut mengenai tipe pelembab yang tepat jika mempunyai persoalan kulit sensitif.

5.   Tabir Surya

Sunscreen atau yang dikenal dengan tabir surya juga termasuk skincare yang wajib diaplikasikan di pagi hari. Setiap kali sebelum beraktivitas, usahakan menggunakan produk ini demi melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Kamu perlu menyesuaikan kadar SPF yang terkandung di dalam tabir surya. Umumnya, orang menggunakan tabir surya dengan SPF 30. Cara pakainya adalah dengan mengoleskannya ke seluruh wajah, termasuk kelopak mata.

Pemakaian tabir surya harian akan mencegah timbulnya garis halus dan kerutan, ketidaksempurnaan tekstur, serta perubahan tampilan pori-pori kulit sering berjalannya waktu. Lebih dari itu, sudah jelas bahwa pemakaian sunscreen akan mencegah kulit kering dan kusam.

Keseluruhan rangkaian skincare pagi di atas sangat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kamu perlu mengetahui dan memahaminya dengan baik agar bisa mengaplikasikannya dengan tepat, tanpa efek samping.

Urutannya di atas juga harus dimengerti dan diingat agar tidak salah demi keberhasilan perawatan kulit secara optimal. Jadi, jangan lupa untuk selalu menggunakan skincare di atas, ya… Gunakanlah secara rutin dan berkelanjutan.

 



Leave a Reply