Rekomendasi Model Potongan Rambut bagi Pria yang Berwajah Bulat

Gaya rambut memang bermacam-macam. Yang perlu diperhatikan adalah menatanya sesuai dengan bentuk wajah kamu. Zaman sekarang ini tidak hanya perempuan yang concern dengan penampilan, namun juga pria.

Para pria biasa pergi ke barber shop untuk melakukan pemotongan rambut, bukan berarti kamu tidak boleh mencoba memotong rambut sendiri. Bagaimana caranya memotong rambut sendiri tanpa harus ke barber shop?

Kamu perlu mengetahui bentuk wajah. Banyak cara sederhana untuk melihat bentuk wajah kamu. Caranya yang pertama adalah dengan bercermin. Cara ini terbilang cukup praktis ya, karena setiap orang pasti memiliki cermin.

Dengan bercermin, kamu bisa lebih leluasa melihat bentuk wajah. Ada tipe wajah yang sekali lihat bisa diketahui bentuknya seperti diamond face. Namun, untuk menghindari kesalahan menilai, kamu dapat melukis garis wajah kamu di cermin.

Setelah melukis, kamu dapat melihat hasil akhirnya. Dari garis wajah yang terlukis tadi, akan terlihat bentuk wajah kamu yang sesungguhnya.

Jika kamu masih bingung untuk menilai bentuk wajah sendiri, kamu dapat meminta bantuan orang lain seperti keluarga atau teman. Untuk hasil yang akurat, kamu dapat bertanya kepada lebih dari satu orang.

Apabila kamu menginginkan hasil yang akurat berdasarkan perhitungan lalu dibandingkan hasilnya, kamu dapat menggunakan alat ukur juga loh. Bagian mana sajakah yang perlu diukur? Bagian tersebut seperti:

  1. Dahi, dengan mengukurnya dari pangkal alis sebelah kiri ke kanan.
  2. Pipi, bisa diukur dari tepi mata, lurus hingga ujung hidung.
  3. Panjang wajah, dimulai dari pusaran rambut di sekitar dahi hingga ujung dagu.
  4. Rahang bawah, diukur dari ujung dagu hingga ujung rahang yang berada di dekat telinga.

Dengan melakukan pengukuran, kamu dapat mengetahui apakah wajahmu berbentuk persegi, hati, segitiga, oval, atau bulat.

Bentuk wajah yang bulat atau round cenderung memiliki panjang wajah yang sama dengan pipi. Panjang wajah maupun pipi ukurannya lebih lebar dibandingkan dengan dahi. Dan terlihat jelas juga dari rahangnya yang tidak tegas.

Pria berwajah bulat cukup banyak dijumpai di Asia, salah satunya adalah Indonesia. Model rambut pria dengan wajah bulat perlu selektif karena keliru memilih dapat menyebabkan kesan wajah yang chubby dan terlihat gemuk.

Orang yang memiliki wajah bulat cenderung bagian rahang maupun tulang pipi tidak menonjol, maka dari itu pilihlah model rambut yang memberikan kesan lebih tinggi.

Jenis Potongan Rambut Pria dengan Wajah Bulat

  1. Undercut

Gaya rambut satu ini dapat membuat garis wajahmu terlihat lebih tegas tanpa menambah kesan bulat. Penggunaan rambut tipis memang dihindari, namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba hairstyle ini dengan sedikit menipiskan bagian kanan kiri dan sedikit menebalkan rambut pada bagian atas.

  1. Messy Quiff

Bagian atas yang dipanjangkan sedikit dan diberikan efek acak dapat menambah kesan wajah yang terlihat lebih panjang loh. Selain itu juga dapat mengalihkan perhatian orang dari pipi tembam kamu.

  1. Taper Fade

Taper Fade memang hampir mirip dengan undercut, yang membedakan di antara keduanya adalah teknik gradasi. Efek yang sedikit memudar di bagian kanan dan kiri dapat memberikan ilusi wajah yang sedikit panjang dan tirus.

  1. Two Blocks Haircut

Model ini hampir mirip dengan Quiff, hanya saja kamu perlu menyisir ramhut ke bagian samping untuk memberikan kesan wajah yang lebih tirus.

  1. Pompadour

Kamu penyuka rambut klasik ala rock n roll? Itu artinya kamu perlu mencoba potongan rambut ini. Dan untuk mempertahankan bentuknya, kamu bisa menggunakan spray hair atau wax.

  1. Low Spike

Gaya rambut ini sangat cocok jika kamu memiliki rambut yang ikal dan berwajah bulat.

Apabila kamu ingin memakai poni, tidak ada salahnya. Hanya saja gunakan poni yang tidak menambah kesan bulat berlebihan pada wajahmu.

Jika kamu berwajah bulat, hindari memilih potongan rambut yang panjang gondrong dan sangat tipis karena akan memperkuat kesan bulat pada wajah kamu. Selain itu, kamu juga dapat menumbuhkan janggut sebagai shading alami atau menumbuhkan poni samping.

Itulah model rambut pria dengan wajah bulat, kamu bisa mencoba salah satunya untuk menambahkan kesan proporsional pada penampilanmu.



Leave a Reply