Skincare Untuk Bayi yang Baru Lahir

Kelahiran seorang anak pasti sangat ditunggu-tunggu oleh kedua orang tuanya. Segala perlengkapan bayi pun mulai dipersiapkan, mulai dari pakaian, tempat tidur, perlengkapan mandi, hingga produk khusus perawatan bayi atauskincare bayi.

 

Ternyata, tidak hanya orang dewasa saja yang memiliki produk perawatan. Bayi pun perlu diperhatikan dengan memberikan perawatan terbaik menggunakanskincare yang dikhususkan untuk newborn. Sama halnya denganskincare dewasa, menentukanskincare bayi baru lahir pun terbilang gampang-gampang susah.

 

Kulit bayi yang baru lahir masih sangat lembut dan akan sensitif jika diberikan produk yang tidak sesuai. Jadi, para orang tua harus cermat dalam memilih produk perawatan untuk bayinya.

 

Sudah banyak produk bayi yang beredar di pasaran, menawarkan dengan kelebihannya masing-masing. Namun, pastikan produk newbornskincare yang dipilih aman untuk digunakan.

 

Berikut ini adalah produkskincare bayi yang dapat kamu pilih untuk bayi.

  1. Pembersih Tubuh Bayi

Untuk memilih produk pembersih tubuh ini, kamu perlu perhatikan kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut.

 

Untuk bayi, pastikan kamu memilih produk yang kandungannya sedikit dan tanpa mengandung parfum, paraben, dan bahan berbahaya lainnya.

 

 

 

  1. Sampo

Bayi yang baru lahir sebenarnya tidak perlu terlalu sering keramas, namun membersihkan rambut memang perlu. Untuk memilih sampo yang tepat untuk bayi, pilihlah yang memiliki pH netral dan sampo yang gentle untuk kulit bayi.

 

  1. Detergen Baju Bayi

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa deterjen baju bayi pun tidak bisa sembarangan pilih. Pasti sebagian dari kamu masih menganggap hal ini tidak ada hubungannya dengan kulit bayi, bukan?

 

Penggunaan deterjen yang tepat dan khusus bayi akan menjaga kulit bayi dari iritasi. Usahakan untuk memisahkan antara baju kamu dengan baju bayi, karena pakaian bayi lebih baik menggunakan deterjen bebas wewangian dan pewarna.

 

  1. Baby Oil

Produk baby oil diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit bayi. Namun, tidak hanya untuk bayi, umumnya baby oil juga sering digunakan kaum dewasa untuk perawatan kulit dan rambut. Minyak ini juga mampu melindungi bayi dari ruam popok.

 

Penggunaan produk ini akan memberikan manfaat seperti kulit bayi yang tetap terjaga kelembutannya, halus, dan kulit bayi menjadi wangi.

 

Kamu juga dapat memberikan pijatan halus dengan baby oil ini pada bayi ketika melakukan sunbathing. Fungsinya adalah untuk mencegah kulit bayi menjadi kering selama berjemur.

 

  1. Bedak Bayi

Pilihlah bedak yang memang khusus untuk bayi karena lebih aman. Perhatikan pula isi kandungan dari bedak tersebut, apakah benar-benar aman digunakan pada bayi.

 

Karena tekstur bedak yang halus dan berbentuk seperti powder, akan mudah terhirup ke dalam paru-paru bayi.

 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu dapat menuang bedak ke tangan dan menepuk tanganmu untuk menghilangkan bedak berlebih. Lakukan ini dengan menjauhkan jarak tanganmu dari bayi. Lalu, oleskan bedak yang ada di tanganmu ke badan bayi secara perlahan dan tipis.

 

  1. Minyak Telon

Untuk memberikan kehangatan pada tubuh bayi, kamu juga dapat memberikan minyak telon. Bayi juga akan terhindar dari masuk angin. Selain itu, penggunaan minyak telon dapat mencegah kulit bayi gatal akibat gigitan tungau atau nyamuk.

 

  1. Baby Lotion

Kulit bayi yang baru lahir memang lembut, tapi tingkat kelembapannya masih cukup rendah. Dengan menggunakan baby lotion, kulit bayi akan tetap lembap.

 

Cara penggunaannya adalah dengan menepuk-nepuk badan bayi yang baru saja mandi dengan lembut dan oleskan pelembap. Selain menjaga kelembapan kulit bayi, baby lotion juga dapat mencegah penguapan kelembapan alami pada kulit bayi.

 

Selain pintar dan cermat dalam memilih produk khusus bayi, kamu juga perlu melakukan beberapa hal lain yang tak kalah pentingnya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pilih Produk Berlabel “Hypoallergenic

Walaupun memiliki label seperti ini, belum tentu produk tersebut aman digunakan untuk bayi. Namun, kamu juga perlu memastikan label ini tertera pada produk yang kamu pilih.

 

  1. Pilih Produk Bertuliskan Phthalate dan Paraben Free

Dengan memilih produk yang bertuliskan “phthalate dan paraben free”, kamu memilih produk tepat dan aman untuk bayi.

 

  1. Temperatur Air Mandi

Dalam jurnalnya yang berjudul The Effect of Bather and Location of First Bath on Maintaining Thermal Stability in Newborns, Medves dan O’Brien menyarankan agar suhu air mandi bayi tetap terjaga di suhu 37 derajat celcius.

 

Hal ini dapat mencegah risiko hipotermia selama bayi sedang mandi. Untuk memastikan air sudah pada suhu yang tepat, kamu dapat menggunakan termometer mandi.

 

  1. Gunakan Produk Sesuai Umur Bayi

Produk bayi didesain memang untuk kulit bayi, namun alangkah lebih baik lagi jika kamu menunggu umur bayi mencapai satu bulan. Selama umur 0 – 30 hari, kamu dapat membersihkan badan bayi menggunakan air biasa.

 

  1. Perhatikan Penggunaan Sunscreen

Penggunaan sunscreen pada bayi tidak dianjurkan jika bayi belum berumur enam bulan. Untuk mencegah paparan sinar matahari langsung, kamu dapat memakaikan topi atau menggunakan penutup pada kereta dorongnya.

 

Lalu, bagaimana saat melakukan sunbathing? Kamu bisa menjemur bayi sebelum pukul 8 pagi, karena di atas pukul 8 pagi terik matahari akan lebih kuat.

 

Itulah beberapa produk yang diperlukan untuk skincare bayi dan tips yang bisa kamu lakukan di rumah.

 

Untuk mengatasi kebingungan kamu, Himalaya menghadirkan Himalaya Baby Care Products yang sudah didesain khusus memberikan manfaat pada kulit bayi. Mulai dari baby wash yang gentle hingga baby oil dan perawatan lainnya bisa kamu dapatkan di Himalaya.



Leave a Reply