Tabir Surya Alami untuk Wajah

Terik matahari adalah salah satu penyebab radikal bebas. Lalu, sudahkah kamu menggunakan produk tabir surya? Inilah penjelasan tabir surya alami dan rekomendasinya.

Perlindungan tabir surya sangat diperlukan mengingat adanya fenomena radikal bebas dari sinar matahari. Terlebih di negara tropis, kamu perlu berhati-hati. Gunakanlah tabir surya sebagai pelindung dari sinar UVA dan UVB agar tetap sehat, tidak terbakar, dan terhindar dari kemungkinan kanker.

Lalu, apakah ada produk khususnya sebagai pelindung wajah? Berdasarkan penggunaannya, terdapat dua jenis produk tabir surya yaitu tabir surya untuk tubuh dan tabir surya alami untuk wajah. Keduanya mempunyai tekstur yang berbeda, di mana produk untuk wajah mempunyai tekstur yang lebih ringan dan tidak mengandung minyak, sehingga aman untuk wajah tanpa menimbulkan jerawat.

Meskipun sudah banyak lotion tabir surya yang beredar di pasaran, tak ada salahnya kamu mulai coba solusi terbaru yang aman. Tabir surya yang berasal dari bahan alami adalah solusi ampuh dan ramah untuk kulit wajah. Penasaran kan, apa sajakah bahan alami yang dapat dijadikan tabir surya? Simak penjelasannya di bawah ini beserta dengan tips untuk membuat tabir surya yang alami.

Bahan Alami Tabir Surya yang Aman untuk Wajah

Tabir surya sudah selayaknya menjadi kebutuhan saat ini. Bagaimana tidak, produk ini termasuk skincare yang perlu dipakai untuk melindungi kulit dari sengatan matahari yang tak tertahankan di siang hari. Sunscreen alami untuk wajah juga dapat dibuat dari berbagai bahannya yang aman. Jangan ragu, berikut inilah bahan-bahan yang direkomendasikan dan dipastikan aman untuk kulit wajahmu.

1.   Wortel dan Raspberry

Pasti kamu sudah mengenal kedua jenis buah ini, bukan? Wortel terkenal kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Lebih dari itu, ternyata wortel juga mengandung vitamin E, sehingga mampu menutrisi kulit. Sama halnya dengan raspberry yang juga mengandung vitamin E. Yang terpenting, keduanya mempunyai kandungan SPF tinggi yaitu pada kisaran 28-50 SPF yang ampuh menangkal sinar UV.

Dengan kandungan SPF dan vitamin E tinggi, kedua jenis buah tersebut sangat cocok dijadikan tabir surya alami untuk wajah. Kamu dapat menggunakannya dengan membuatnya menjadi masker wajah dan diamkan beberapa lama. Perawatan kulit secara alami ini tidak sebatas melindungi kulit dari sinar UV, namun juga dapat meremajakan kulit.

2.   Aloe Vera

Aloe vera adalah salah satu bahan alami yang sudah terkenal mampu meremajakan kulit. Berbagai persoalan kulit juga dapat diatasi dengan bahan ampuh yang satu ini. Kamu juga perlu tahu bahwa ternyata aloe vera ini juga baik digunakan sebagai pelindung wajah dari sinar UV.

Teksturnya yang berair, cepat menyerap, dan tidak lengket, membuatnya mudah diaplikasikan ke kulit wajah. Sensasinya yang dingin di kulit juga nyaman merelaksasi. Untuk membuat tabir surya dari aloe vera ini, kamu bisa menambahkan aroma serta bahan-bahan lainnya, seperti peppermint oil, agar hasilnya semakin menyegarkan.

3.   Alpukat dan Almond

Bahan alami berikutnya yang tak kalah ampuhnya sebagai sunscreen natural untuk wajah adalah alpukat dan almond. Buah alpukat mengandung 4-15 SPF, sedangkan kacang almond mengandung 2-15 SPF. Untuk membuat campurannya, kamu bisa menggunakan ekstraknya yaitu minyak alpukat dan dicampurkan dengan minyak almond. Perawatan serta perlindungan kulit wajah dengan cara ini sangat ampuh dan pastinya aman.

4.   Green Tea

Green tea sangat populer sebagai bahan alami dan banyak digunakan sebagai obat herbal. Teh hijau ini juga tak luput menjadi bahan pendamping dari berbagai resep minuman kekinian. Tak hanya rasanya yang menyegarkan dan bersensasi, green tea ini kaya akan antioksidan.

Dengan demikian, green tea ini sangat ampuh sebagai tabir surya yang alami untuk wajah. Kamu dapat mengaplikasikannya dengan membuat rendaman green tea. Bisa juga mencampurkannya dengan shea butter.

Minyak Alami yang Dapat Dijadikan Tabir Surya untuk Wajah

Saat beraktivitas di siang hari dan di luar ruangan, sebaiknya kamu menggunakan tabir surya. Selain beberapa bahan alami di atas, terdapat beberapa bahan yang dapat dijadikan minyak alami untuk sunscreen.

Khasiat minyak alami ini dapat melindungi wajah dari sengatan terik matahari dan sinar UV. Berbagai masalah pembengkakan kulit, timbulnya flek hitam, komedo, dan jerawat juga dapat dicegah. Perlindungan kulit wajah ini dapat diandalkan tanpa menimbulkan efek samping. Tanpa menunda lagi, langsung saja simak informasinya.

1.   Minyak Kelapa

Sudahkah kamu mengetahui atau bahkan sudah pernah menggunakan minyak kelapa? Bahan alami yang satu ini ampuh mengatasi berbagai persoalan kulit. Kandungan vitamin E dan SPF 8 di dalamnya mampu menjaga rambut dan kulit agar tetap sehat.

Cara kerjanya, minyak kelapa ini memberi lapisan pelindung pada kulit, sehingga dapat mempertahankan kelembaban dan mengurangi peradangan. Kamu dapat membeli langsung produk minyak kelapa ini dan diaplikasikan sebagai sunscreen natural untuk wajah.

2.   Minyak Kedelai

Minyak alami berikutnya adalah minyak kedelai yang sudah biasa digunakan dalam masakan Cina dan mempunyai kandungan SPF 10. Itu menandakan bahwa minyak kedelai dapat melindungi kulit dari sinar UV selama 100 menit. Selain itu, minyak kedelai ini mengandung pelembab alami yang mampu mempertahankan kelembaban kulit, sehingga mampu mencegah kulit kering.

3.   Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang bagus untuk kesehatan jantung. Ternyata, minyak ini juga baik untuk melindungi kulit dari sinar UV. Tak hanya itu, minyak zaitun ini juga kaya antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat fenomena radikal bebas.

4.   Minyak Jojoba

Minyak jojoba juga berfungsi melindungi kulit dari sinar ultraviolet dengan SPF 4. Dengan memakainya sebagai sunscreen wajah, kulit wajahmu akan terlindungi dari efek sinar UVA dan UVB dalam kurun waktu 40 menit. Lebih dari itu, minyak ini dilengkapi dengan nutrisi yang mampu melembabkan kulit secara alami. Kandungan asam miristat di dalamnya juga mampu memberikan perlindungan ekstra untuk kulit.

5.   Minyak Almond

Minyak almond juga sangat direkomendasikan sebagai sunscreen alami untuk wajah karena mempunyai kandungan SPF 5 yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dalam kurun waktu 50 menit. Kandungan vitamin E di dalamnya juga mampu membuat kulit menjadi lembut dan lentur.

Tips Membuat Tabir Surya Alami

Berikut ini juga disediakan resep khusus untuk membuat tabir surya alami khusus wajah. Bahan-bahan yang digunakan juga aman dan ramah di kulit, sehingga kamu tak perlu takut akan efek sampingnya.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Beberapa bahan alami yang diperlukan dalam pembuatan tabir surya alami ini mudah diperoleh. Kamu tak perlu takut karena bahan ini bebas dari zat kimia. Beberapa di antaranya merupakan produk yang sudah digunakan sebagai komposisi dalam produk kecantikan. Inilah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan.

1.    Minyak Kelapa

2.    Minyak Biji Wortel

3.    Lavender

4.    Mentega

5.    Zinc Oxide

6.    Minyak Vitamin E

 

Cara Membuat

Setelah menyiapkan berbagai bahan alami tersebut, kini kamu bisa langsung membuatnya. Langkah pertama, panaskan air di dalam panci sampai mendidih. Berikutnya, tambahkan minyak kelapa dan mentega ke dalam air mendidih di dalam panci tersebut. Didihkan lagi sampai mentega meleleh.

Proses berikutnya, tambahkan minyak vitamin E dan minyak esensial yaitu minyak lavender. Setelah selesai, masuklah ke proses intinya. Tambahkan zinc oxide yang merupakan bahan utama dalam membuat tabir surya. Tambahkan secukupnya saja karena penambahan zinc oxide ini menentukan tingkat SPF yang dihasilkan.

Tahap selanjutnya, panaskanlah minyak biji wortel dengan air suling dan tambahkan ke dalam campuran tadi. Aduklah sampai rata, sehingga bisa membentuk krim yang tebal dan bisa langsung dipindahkan ke dalam wadah. Diamkan beberapa saat agar dingin dan membeku, kemudian bisa langsung diaplikasikan ke kulit wajah. Untuk sisa krimnya, kamu bisa menyimpannya di kulkas untuk menjaga teksturnya agar tetap tahan lama.

Bagaimana? Cukup praktis, bukan? Kamu tak perlu resah lagi dengan efek terik matahari. Aktivitas di siang hari dan di luar ruangan tidak lagi membatasi dirimu. Kamu bisa bergerak bebas dan melakukan apapun dengan perlindungan optimal menggunakan sunscreen alami untuk wajah. Jadi, tunggu apa lagi? segera pilih jenis sunscreen alami yang sesuai menurutmu.

 



Leave a Reply