Tahapan Skincare Remaja Anti Ribet

Saat ini, berbagai industri di belahan bumi mana pun telah berkembang sangat pesat, khususnya industri kecantikan. Dapat kita saksikan betapa banyaknya brand kecantikan yang bermunculan dengan mengklaim beberapa keuntungan dan kelebihan produknya.

Namun, bagi sebagian besar orang terutama bagi pemula, masih bingung dan pusing harus memilih produk yang mana. Terutama produk kecantikan dan perawatan seperti skincare, yang kini sudah begitu banyak sekali produknya.

Skincare sangat digandrungi oleh orang banyak, tidak terkecuali para remaja. Penggunaan skincare yang tepat memang bisa dimulai sejak usia pubertas, dan tidak pasti berapa acuan usianya karena masa pubertas setiap orang pasti berbeda. Mungkin ada yang dimulai sejak usia 10 tahun atau lebih.

Pemakaian skincare remaja sangat penting karena dengan begitu kita sudah memperhatikan kesehatan kulit, namun dengan catatan yaitu menggunakan skin care routine remaja pemula.

Basic Skincare untuk Remaja

Skincare untuk remaja sangat banyak pilihannya. Dan bagi pemula tentu akan bingung memilihnya. Berikut adalah tips skincare routine remaja terutama jika masih pemula.

  • Facial Wash

Gunakanlah sabun cuci muka yang cocok untuk digunakan semua jenis kulit dan terasa ringan di wajah. Face wash ini biasa digunakan pada pagi maupun malam hari setelah beraktivitas, tidak jarang juga yang memakainya lebih dari dua kali dalam sehari ketika mereka lebih berkeringat dan berminyak.

 

Baik wajah yang tipe kering, sensitif, atau pun berminyak, sebaiknya pilihlah facial wash yang ringan namun mampu menyingkirkan kotoran dari wajah. Agar mencapai hasil yang maksimal, gunakanlah air hangat suam-suam kuku ketika membilas dan mencuci muka.

 

Penggunaan air hangat ini bertujuan agar kotoran di wajah terangkat, jadi kamu dapat membersihkan wajah tanpa khawatir minyak alami wajah berkurang.

  • Toner

Setelah kalian mencuci muka, gunakanlah toner yang berfungsi mengembalikan pH wajah yang berubah ketika dibersihkan dengan facial wash. Selain itu, fungsi toner adalah mengangkat sisa kotoran yang masih menempel di wajah setelah dibersihkan.

 

Penggunaan toner yang tepat dan sesuai kebutuhan akan lebih baik. Dan pada beberapa kasus, penggunaan toner dapat membantu meringankan masalah jerawat, bahkan mencegah jerawat muncul kembali.

  • Day and Night Cream

Tahap skincare remaja yang tidak kalah pentingnya adalah krim untuk siang dan malam hari. Krim ini dapat memberikan hasil yang optimal dan pendukung dari skincare lainnya.

Kamu dapat menggunakan krim pelembab ketika siang hari. Biasakan untuk mengoleskan krim pelembab dua kali sehari, tujuannya agar kulit tetap terhidrasi dengan baik, mencegah tanda-tanda penuaan, dan kulit pun akan terasa lebih kenyal.

 

Pastikan juga kamu memakai produk pelembab wajah yang sesuai jenis dan kebutuhan kulitmu. Perhatikan baik-baik setiap komposisi yang ada di produk pelembab tersebut, pilihlah kandungannya yang ringan, mengandung SPF, dan berlabel broad spectrum.

  • Sunscreen

Penggunaan sunscreen pada usia berapa pun sangatlah penting untuk mencegah kulit terbakar akibat paparan sinar UV matahari. Bagi pemula dan usia remaja yang belum memiliki aktivitas terlalu berat di luar ruangan, dapat menggunakan sunscreen minimal dengan SPF 15 hingga 30.

 

Walaupun kamu hanya beraktivitas di dalam rumah, kamu perlu mengaplikasikan tabir surya juga lho. Karena kulitmu rentan terkena radiasi walaupun sedang berada di dalam rumah. Setiap harinya, kamu dapat menggunakan sunscreen 15 hingga 30 menit sebelum beraktivitas.

  • Double Cleansing

Penggunaannya bisa dimulai ketika remaja atau memasuki masa pubertas yang di mana seringkali terjadi permasalahan kulit baru seperti berjerawat.

 

Untuk cleansing yang bisa digunakan adalah micellar water yang mampu mengangkat sisa kotoran tanpa mengurangi kadar minyak di wajah. Tentunya micellar water ini akan sangat membantu untuk membersihkan wajah kamu yang terpapar oleh debu dan polusi selama seharian penuh.

Rekomendasi Skincare untuk Remaja

Tahapan skincare yang sebelumnya dibahas tidak semata-mata dinilai ampuh memberikan hasil yang optimal. Untuk mengimbanginya, perawatan dari luar juga perlu diiringi perawatan kulit dari dalam.

“Pasti minum obat ya?”, “Ngeri deh kalo ada obat yang harus diminum gitu”. Eiits, mau cantik dan memiliki kulit cerah tidak melulu soal obat ya. Dengan mengubah pola hidup sehat bisa mendukung hasil yang maksimal lho.

Supaya tidak penasaran, yuk simak apa saja kebiasaan sehari-hari yang dapat memaksimalkan hasil dari skincare.

  1. Menggunakan Skincare yang Tepat

Penggunaan skincare yang tepat dapat kita lakukan dengan mengetahui jenis kulit terlebih dahulu. Ada beberapa jenis kulit seperti kulit tipe kering, tipe sensitif, berminyak, dan kombinasi. Kamu tidak mau kan jika kulitmu sudah berminyak, tapi malah mengunakan skincare untuk kulit kering yang biasanya akan lebih berminyak?

 

Jika memiliki kulit kombinasi, kamu dapat memperhatikan area T-zone yang dimulai dari dahi, hidung, dan bawah mulut atau dagu. Jika area ini berminyak, sedangkan di bagian pipi terasa kering, gunakan skincare untuk kulit kombinasi.

  1. Membersihkan Make Up sebelum Tidur

Sebelum tidur, usahakan untuk menghapus make up yang sudah kamu pakai selama seharian. Tentu bukan hanya sisa make up yang berdiam di wajahmu, namun juga debu dan kotoran yang ikut menempel di kulit wajah.

 

  1. Tidak Menyentuh Area Wajah

Larangan menyentuh area wajah ini bukan sekadar tanpa tujuan. Di balik larangan ini bertujuan agar wajah tidak terkontaminasi dengan tangan. Kita tidak tahu kuman dan kotoran apa saja yang menempel di jari-jari, terlebih lagi jari yang belum dibersihkan.

 

Pasti masih banyak yang menggaruk atau memencet jerawat di wajah, mulai dari sekarang hentikan kebiasaan buruk ini ya. Memencet jerawat atau menyentuh wajah dengan tangan hanya akan memperburuk keadaan wajah dan jerawat.

 

  1. Tidak Bertukar Make Up dengan Orang Lain

Sangat tidak disarankan bertukar pemakaian make up dengan orang lain. Hal ini dapat memindahkan bakteri antar kulit yang akan memperparah kondisi jerawat dan kesehatan wajah.

 

Selain itu, jenis make up setiap orang berbeda-beda, maka pastikan kamu hanya memakai make up yang kamu butuhkan dan sesuai jenis kulit.

 

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Anjuran untuk minum air yang cukup setiap harinya sangat bermanfaat untuk kulit. Selain untuk kesehatan tubuh, air yang dikonsumsi dapat menjaga kulitmu tetap terhidrasi dengan baik.

 

  1. Konsumsi Sayuran dan Buah

Pemenuhan nutrisi kulit memang bisa diperoleh dari pemakaian lotion atau perawatan dari luar. Namun, perawatan dari dalam pun harus tetap dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cukup dengan mengonsumsi sayuran dan buah, mengurangi makanan yang berminyak, berlemak, dan hindarilah makanan yang mengandung kadar gula tinggi untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Tahapan skincare remaja yang tepat dapat mengatasi permasalahan wajah kamu, maka dari itu sangat penting untuk mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan produk skincare yang mana.

Karena pada dasarnya kebutuhan kulit setiap orang sangatlah berbeda, kamu tidak bisa hanya mengandalkan informasi dari mulut ke mulut atau skincare atas rekomendasi teman saja.

Jika kamu sudah paham kondisi dan jenis kulit, sudah waktunya untuk memilih skincare agar permasalahan kulitmu cepat teratasi. Percobaan pertama mungkin kamu tidak akan langsung menemukan yang cocok, atau bahkan malah membuat wajahmu semakin berjerawat. Tenang saja, cukup dengan menghentikan pemakaiannya agar efeknya tidak berkelanjutan.

Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui secara detail permasalahan kulit yang kamu alami sekaligus mendapatkan solusi dari ahlinya. Dan pastinya, dokter akan memberikan solusi terbaiknya agar kamu pun terhindar dari produk-produk yang membahayakan.



Leave a Reply