Tips dan Cara Membuat Sunscreen Alami untuk Kulit Berminyak

Punya tipe kulit berminyak? Tak perlu risau, kini ada perlindungan ekstra berupa tabir surya alami untuk kulit berminyak. Inilah tips memilih produk terbaik dan cara membuatnya di rumah.

Mempunyai tipe kulit berminyak memang menjadi persoalan tersendiri. Pasalnya, produksi minyaknya otomatis lebih banyak dibandingkan dengan tipe kulit kering dan normal. Akibatnya, lebih besar juga kemungkinan mengalami persoalan komedo dan jerawat, baik dalam kondisi yang masih normal, maupun yang membandel. Untuk itu, diperlukan produk perawatan khusus untuk kulit berminyak demi menjaga dan melindungi kulit dari berbagai risiko.

Kamu perlu menggunakan tabir surya yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari. Selain agar terlindungi dari sinar ultraviolet, produksi minyak yang berlebih akan terkontrol. Dengan demikian, persoalan kulit wajah berupa komedo, jerawat, dan flek hitam mampu dicegah. Kesehatan kulit juga akan terjaga karena tidak banyak terpapar sinar ultraviolet.

Pemakaian sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak juga memberikan perlindungan serta perawatan optimal. Kesehatan kulit akan terjamin dengan pemakaian sunscreen secara rutin setiap kali beraktivitas di luar ruangan di siang hari. Kerusakan kulit secara bertahap akibat radikal bebas juga akan terhindarkan. Penuaan dini dan timbulnya kerutan halus dapat dicegah.

Tips Memilih Tabir Surya Alami Kulit Berminyak

Beberapa tips di bawah ini sangat membantu memilih tabir surya alami untuk kulit berminyak. Pemakaian sunscreen yang sesuai ini akan melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Persoalan penuaan dini karena efek sinar matahari juga akan diminimalisir, bahkan dicegah, dengan pemakaian tabir surya. Jadi, pilihlah tabir surya terbaik yang berkhasiat dan aman bagi kulit berminyak berikut ini.

1.   Memilih Produk Bebas Minyak dan Nonkomedogenik

Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih sunscreen yang bebas minyak dan nonkomedogenik. Sifatnya yang nonkomedogenik ini berarti bahwa produknya tidak mengandung bahan yang menyumbat pori-pori kulit.

Perlu diingat pula, gunakan produk sesuai fungsinya yaitu produk sunscreen wajah untuk wajah dan sunscreen untuk tubuh digunakan untuk tubuh saja. Komposisi kedua produk tersebut tentu berbeda. Teksturnya juga berbeda karena sunscreen untuk badan memang lengket, lebih kental, berat, dan berminyak. Tipe tabir surya yang cair, gel, ataupun semprotan adalah yang baik untuk kulit berminyak karena lebih mudah diserap kulit.

2.   Menggunakan Produk yang Memberikan Proteksi Maksimal

Tips memilih tabir surya alami kulit berminyak berikutnya adalah menggunakan produk yang memberikan proteksi maksimal pilihlah tabir surya yang khasiatnya melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pasalnya paparan sinar UVA berlebihan bisa menyebabkan penuaan hingga kanker kulit. Paparan sinar UVB berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan sunburn atau terbakar karena sinar matahari.

3.   Memilih SPF 30 ke Atas

Sun Protection Factor (SPF) merupakan takaran perlindungan dari paparan sinar UVB. Jadi, semakin tinggi kadar SPF, sunscreen semakin mampu memberikan perlindungan lebih banyak. American Academy of Dermatology merekomendasikan pemakaian sunscreen setiap hari dengan kadar SPF 30. Tujuannya adalah untuk memblokir sekitar 97% sinar UV.

4.   Tetap Disertai Pemakaian Pelembab dan Obat Jerawat

Setelah menggunakan tabir surya, tetaplah perlu menggunakan pelembab dan obat jerawat untuk perawatan di bagian wajah. Pemakaian sunscreen alami untuk kulit berminyak di area wajah harus diimbangi dengan perawatan khusus. Pemakaian pelembab akan mencegah kulit kering akibat pemakaian obat jerawat.

Urutan pemakaiannya adalah obat jerawat terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan menggunakan pelembab setelah obat jerawatnya setengah mengering. Terakhir, barulah kamu oleskan sunscreen secara merata ke seluruh bagian wajah. Berlaku juga hal yang sama jika bagian tubuh selain wajah ada yang berjerawat. Gunakan obat jerawatnya terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan produk lainnya.

5.   Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Tips terakhir untuk memilih produk tabir surya khusus kulit berminyak adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Kamu perlu cermat dalam menggunakan produk ini agar tepat guna dan tidak menimbulkan efek samping. Untukmu yang mempunyai kulit berminyak, belilah produk tabir surya khusus kulit berminyak. Tak ada salahnya juga untuk berkonsultasi ke dokter mengenai kandungan SPF yang sesuai.

Cara Membuat Tabir Surya Alami Kulit Berminyak

Perlindungan ekstra untuk kulit berminyak memang perlu dilakukan. Salah satunya adalah melindunginya dari sengatan sinar matahari yang mengandung sinar UVA dan UVB yang berbahaya bila berlebihan. Pemakaian tabir surya khusus kulit berminyak adalah solusinya

Kamu bisa langsung mencoba cara membuat tabir surya alami kulit berminyak berikut ini. Beberapa cara mengolah bahan alami ini mempunyai proses yang singkat karena bahannya mudah ditemukan dan mudah dipraktikkan langsung di rumah. Dengan bahan alami ini, kamu bisa memperkirakan komposisi yang pas untuk setiap kali pembuatan.

1.   Lotion Aloe Vera dan Minyak Bunga Matahari

Meskipun kamu bisa beli produk tabir surya yang sudah beredar di pasaran dengan merek berkualitas, namun kamu bisa mencoba produk yang alami. Beberapa bahan alami yang dapat diolah menjadi lotion untuk tabir surya alami adalah aloe vera dan minyak bunga matahari.

Cara membuatnya adalah dengan mengambil 50 ml air mineral, kemudian tambahkan sebanyak 1 sendok teh aloe vera dan ½ sendok teh minyak bunga matahari. Aduklah sampai rata untuk membuatnya menjadi lotion, kemudian tambahkan 3-4 sendok teh seng oksida. Apabila jumlah campurannya sebanyak 60 ml, tambahan 3 sendok teh seng oksida memberikan SPF 15. Kamu juga bisa menambahkan minyak vitamin E secukupnya.

2.   Campuran Minyak Kelapa, Minyak Wijen, dan Minyak Bunga Matahari

Campuran yang kedua adalah 2 sendok makan minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Panaskan campuran tersebut ke dalam wajan berisi air. Tunggu sampai minyak kelapanya meleleh atau mencair. Tahap selanjutnya, tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E. Setelah itu, timbanglah campuran tersebut. Jika kamu menggunakan seng oksida sebanyak 15% dari jumlah timbangan, maka akan memperoleh SPF dengan kisaran 15-18.

3.   Ekstrak Gel Lidah Buaya

Sunscreen natural untuk kulit berminyak tentu saja mampu menjaga kesehatan kulit. Bahan alami yang berikutnya bisa dibuat adalah lidah buaya. Ekstrak gel lidah buaya yang kaya antioksidan sangat direkomendasikan sebagai tabir surya alami karena mampu mencegah efek radikal bebas.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan sejumput kunyit yang bersifat antiseptik. Campuran tersebut akan melindungimu dari bakteri yang disebabkan karena keringat. Perlu diingat, jangan lupa untuk membersihkan batang lidah buaya tersebut sampai benar-benar bersih. Setelah itu, baru diambil gelnya untuk kemudian dicampur dengan bahan lain.

4.   Campuran Jus Lidah Buaya dan Air Mawar

Bahan alami berikutnya yang aman dibuat menjadi tabir surya khusus kulit berminyak adalah lidah buaya dan air mawar. Campuran keduanya sangat mampu melindungi kulit dari terik matahari dan menjaga sel kulit agar tetap sehat.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan jus lidah buaya dengan beberapa tetes gliserin dan air mawar. Setelah itu, simpanlah ke dalam botol semprot. Selanjutnya, dinginkan ke dalam lemari es dan semprotkan larutannya ke bagian tubuh yang akan terkena sinar matahari.

5.   Gliserin

Kamu juga dapat mengoleskan gliserin untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Bahkan, gliserin yang dicampur dengan sabun mandi dapat menyembuhkan kulit yang rusak karena sengatan sinar matahari. Kamu juga bisa mencampurkan gliserin dengan bahan alami lainnya yang direkomendasikan. Campuran gliserin dengan minyak alami lainnya, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, dan minyak almond.

Beberapa rekomendasi bahan alami untuk membuat sunscreen khusus kulit berminyak di atas adalah serangkaian solusi. Kamu yang punya tipe kulit berminyak tak perlu risau lagi. Persoalan kulit berminyak akan teratasi dan selanjutnya bisa dicegah menggunakan tabir surya alami. Bahannya aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Dengan pemakaian rutin setiap kali akan keluar rumah, kesehatan kulit akan terjaga dan kamu tak akan terkena sinar ultraviolet yang membahayakan. Jadi, pilihlah produk yang sesuai kebutuhan dan berasal dari merek yang terpercaya. Bahkan, kamu bisa membuat sendiri produk tabir surya alami untuk kulit berminyak. Beberapa cara di atas dapat dipraktikkan langsung dan mudah diaplikasikan karena bahannya juga mudah diperoleh.

 



Leave a Reply