Tips Memilih Masker Wajah untuk Pria

Kata siapa melakukan perawatan kulit wajah hanya dilakukan oleh wanita? Pria juga bisa dan perlu untuk melakukan perawatan pada wajah. Dengan memiliki kulit wajah yang bersih, sehat dan lembab, maka akan meningkatkan kepercayaan diri seorang pria.

Kegiatan di luar lapangan dengan paparan debu dan kotoran lainnya membuat pria perlu untuk perhatian pada kulit wajahnya. Biasanya pria yang tidak suka ribet jarang merawat wajahnya. Padahal wajah merupakan bagian tubuh yang sering terpapar oleh debu dan kotoran lainnya. Wajah juga penting untuk meningkatkan percaya diri.

Biasanya, pria hanya mencuci wajahnya dengan air biasa setelah seharian beraktivitas. Cuci muka dengan air biasa tentu saja tidak cukup. Terlebih jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan dengan banyak debu yang bisa mengendap di pori-pori kulit wajah. Pori-pori yang tersumbat akan menyebabkan masalah pada kulit, salah satunya adalah jerawat. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Tentunya kamu perlu untuk melakukan perawatan untuk kulit wajahmu. Dengan merawat kulit wajah, kamu akan terhindar dari jerawat dan penyakit kulit lainnya, selain itu kamu juga akan mendapatkan kulit wajah yang bersih dan cerah.

Salah satu perawatan kulit wajah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunakan masker wajah. Apa aja sih yang perlu kamu perhatikan jika ingin menggunakan masker wajah untuk pria? Yuk, simak tips berikut ini.

Ketahui Tipe Kulitmu Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memilih masker wajah yang bagus untuk pria adalah dengan mengetahui tipe kulitmu. Apakah kulitmu berminyak? Kering? Atau kusam? Apakah kamu punya masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo? Dengan mengetahui tipe kulit dan masalah pada kulit wajah, kamu dapat menentukan perawatan yang cocok dengan kulit wajahmu.

  1. Tipe Berminyak

Kulit wajah yang berminyak ditandai kulit yang terlihat lebih tebal, mudah mengilap dan pori-pori yang besar. Kulit wajah yang berminyak kadang membuat kamu sulit untuk tampil percaya diri. Selain itu, kulit wajah berminyak juga rentan mengalami komedo dan jerawat. Namun, kamu tidak perlu takut jika memiliki tipe kulit wajah seperti ini. Untuk mengatasinya, kamu  dapat merawat kulit wajah dengan menggunakan masker wajah yang tepat.

Bagi pria yang tidak suka ribet, bisa mencoba menggunakan masker jenis peel off. Ini masker yang praktis karena tidak perlu menunggu waktu yang lama dalam pemakaiannya. Cara memasang dan melepasnya pun cukup mudah. Kamu tinggal mengoleskan masker pada permukaan wajah dengan menghindari area mata, alis dan mulut, ketika ingin melepasnya, kamu dapat melepaskannya perlahan.

 

  1. Tipe Kering

Perawatan wajah pada kulit kering tentu berbeda dengan kulit berminyak. Jika kulitmu terasa kering, pecah-pecah, dan mengelupas kamu membutuhkan perawatan wajah yang dapat melembabkan kulitmu. Biasanya kulit kering juga akan memberikan rasa gatal pada wajah. Untuk tipe kulit wajah kering, kamu dapat memastikan kulit selalu lembab.

Biasakan untuk menggunakan pelembab setelah mencuci muka agar kulitmu tidak menjadi kering. Kebiasaan lain yang dapat merawat kulit wajah kering adalah dengan menggunakan masker wajah pria yang melembabkan. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, menggunakan perawatan dengan sheet mask akan dapat membantu.

  1. Tipe Kusam

Lalu bagaimana dengan kulit wajah yang kusam? Terlalu sering tertapar debu dan sinar ultraviolet dapat membuat kulit menjadi kusam. Memiliki kulit kusam juga akan menurunkan tingkat kepercayaan diri seorang pria. Kulit wajah yang kusam dapat kembali cerah dengan berbagai perawatan. Menggunakan masker yang tepat dapat menyelesaikan masalah kulit kusam.

Perhatikan Kandungan yang Terdapat Pada Masker

Apa saja sih yang perlu diperhatikan ketika memilih masker wajah terbaik untuk pria? Ribet nggak, ya? Tenang, kamu hanya perlu mengingat beberapa kandungan yang akan membuat wajahmu menjadi bersih dan cerah sebagai berikut.

  1. Lidah Buaya

Salah satu kandungan pada masker yang paling mudah diingat adalah lidah buaya. Cukup familiar, bukan? Lidah buaya mungkin sudah tidak asing lagi digunakan untuk produk perawatan wajah. Hal ini karena lidah buaya mengandung senyawa yang dapat memberi manfaat bagi wajah, seperti enzim, vitamin A dan C, zat antiradang dan antioksidan. Kamu dapat menggunakan masker wajah buat pria dengan kandungan lidah buaya atau langsung menggunakan lidah buaya sebagai masker. Penggunaan lidah buaya sebagai masker tentunya tidak boleh berlebihan. Meski pun merupakan bahan alami, penggunaan pada kulit secara berlebihan atau tidak sesuai dengan tipe kulit tentunya akan merusak kulit wajah. Penggunaan lidah buaya secara berlebihan dapat membuat wajah terlalu berminyak atau bahkan terlalu kering. Jadi, jangan gunakan secara berlebihan, ya.

  1. Charcoal

Lidah buaya tentunya bukan satu-satunya kandungan yang akan membuat kulit wajah pria jauh lebih sehat. Apa lagi? Ada Charcoal atau arang aktif. Familiar dengan namanya? Apa itu Charcoal? Ini adalah bubuk hitam hasil dari pemanasan arang dengan suhu tinggi. Charcoal ini memiliki daya serap yang baik sehingga bisa membersihkan kotoran pada kulit wajah. Bagi kamu yang memiliki masalah dengan kulit berminyak, komedo dan jerawat, bisa menggunakan masker pembersih wajah pria dengan kandungan bubuk hitam ini.

  1. Benzoil Peroksida dan Asam Salisat

Bagi kamu yang memiliki masalah jerawat pada kulit, kamu perlu untuk tahu nama dua senyawa ini agar dapat menjadi solusi dari kulit berjerawatmu. Kedua senyawa tersebut adalah benzoil peroksida dan asam salisat. Kenapa harus memilih masker wajah dengan kedua senyawa itu? Ini karena asam salisat dapat membantu dalam pengelupasan sel kulit mati dan memicu regenerasi sel baru dan benzoil peroksida dapat membasmi bakteri penyebab jerawat serta membersihkan minyak berlebih. Kamu juga harus berhati-hati dalam menggunakan masker dengan dua senyawa ini. Jangan gunakan ketika jerawat pada wajah sedang meradang.

  1. Vitamin C

Pria yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan untuk bekerja atau berolah raga, dapat menggunakan masker dengan kandungan vitamin C. Masker yang mengandung vitamin C akan memberikan manfaat yang banyak pada kulit wajah seperti menangkal radikal bebas, melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet atau UV, dan mencerahkan wajah.

Menggunakan Bahan Alami sebagai Masker

Selain terhindar dari zat kimia yang dapat merusak kulit, menggunakan masker dengan bahan alami juga lebih mudah untuk didapatkan. Sebelum menggunakan bahan alami sebagai masker wajah, kamu harus tahu terlebih dahulu manfaat dari bahan tersebut terhadap kulit wajah.

  1. Minyak Kelapa, Aloe Vera dan Vitamin E

Tentunya bahan alami yang bisa dijadikan masker wajah tidak hanya lidah buaya. Kamu dapat menyesuaikannya dengan tipe kulitmu dan tujuan perawatan wajahmu. Jika kamu menginginkan kulit wajah yang lembab, kamu dapat membuat masker dari bahan campuran seperdelapan minyak kelapa, seperdelapan gel aloe vera, dan setengah sendok teh vitamin E.

  1. Kopi, Telur dan Madu

Kamu dapat menggunakan kopi sebagai masker pemutih wajah untuk pria. Hal ini karena kopi dapat mengeksfoliasi dan membersihkan pori-pori wajah sehingga membuat wajah menjadi lebih cerah. Setengah gelas kopi dapat dicampur dengan sebutir putih telur, satu sendok makan madu, satu sendok perasan air lemon, dan satu sendok makan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari masker.

  1. Lemon, Telur dan Madu

Sedangkan campuran air lemon, putih telur dan madu dapat digunakan untuk kulit yang berjerawat. Dengan menggunakan campuran bahan alami tersebut, jerawat pada kulit wajah akan sembuh dan berkurang.

Menggunakan bahan alami sebagai masker tentu akan memberikan manfaat bagi kulit wajah. Namun, kamu harus tetap berhati-hati dalam menggunakannya. Kebanyakan orang menggunakan bahan alami sebagai masker tanpa pengukuran yang jelas, terutama terdapat campuran bahan di dalamnya. Untuk memastikan takaran yang tepat, kamu dapat bertanya kepada ahlinya. Menggunakannya secara sembarangan akan merugikanmu karena kulit wajah juga dapat iritasi. Selain itu, kamu harus memastikan tidak memiliki alergi terhadap bahan yang akan digunakan.

Masker wajah pada pria hanya satu dari sekian banyak perawatan wajah yang bisa dilakukan. Meski begitu, penggunaan masker dapat membantu banyak dalam merawat kulit wajah agar terlihat lebih segar dan cerah. Menggunakan masker secara rutin, seperti dua kali dalam seminggu perlu dilakukan untuk menjaga kondisi kulit wajah agar tetap sehat. Perawatan tentunya akan semakin maksimal jika dibarengi dengan perawatan wajah lainnya. Sesuaikan perawatan wajah dengan tipe kulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 



Leave a Reply