Tips Memilih Produk Skincare untuk Kulit Kering dan Cara Pakainya

Kesehatan kulit harus dijaga agar kondisi kulit tetap sehat, khususnya kulit kering. Pemilihan skincare untuk kulit kering dan cara pemakaiannya harus tepat. Setiap orang mempunyai tipe kulit yang berbeda dan semuanya harus disesuaikan dengan produk perawatannya.

Apakah tipe kulitmu adalah kulit kering? Kulit yang kering ini memang memerlukan perawatan khusus agar kelembabannya tetap terjaga dan tidak mudah mengalami kerutan halus. Dengan demikian, kulit akan tetap terhidrasi optimal dan terhindar dari penuaan dini.

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kering

Dalam memilih skincare atau produk perawatan untuk kulit kering, berikut ini terdapat rangkaian tips jitu yang dapat kamu andalkan. Jangan khawatir, tips berikut ini sangat lengkap mulai dari memilih skincare yang aman hingga sesuai dengan kebutuhan kulitmu yang kering.

1.   Memilih Produk Khusus Kulit Kering

Tips pertama yang perlu diterapkan dan harus selalu diingat adalah produk yang khusus untuk kulit kering. Pilihlah produk yang sudah diformulasikan untuk kulit kering agar tepat menutrisi kulit dan tidak menimbulkan persoalan kulit.

Skin care untuk kulit kering juga mampu melembabkan dalam kadar tertentu yang pas dengan karakter kulit kering. Disarankan pula untukmu agar memilih skincare berupa krim karena membuat kulit terhidrasi optimal dan mengurangi munculnya iritasi.

2.   Menghindari Skincare yang Beralkohol

Tips kedua adalah menghindari skincare yang beralkohol. Alkohol termasuk bahan keras yang tentu berisiko untuk tekstur kulit. Jadi, hindari skincare yang mengandung alkohol yang bisa menghilangkan kadar minyak alami kulit, sehingga membuat kulit semakin kering.

3.   Memilih Produk Berlabel Hypoallergenic

Memilih skincare kulit kering memang harus berhati-hati dan cermat. Jangan lupa, pilihlah produk yang berlabel hypoallergenic. Label tersebut berarti bahwa produk skincare tersebut tidak rentan menyebabkan alergi pada kulit dan benar-benar aman dan sudah teruji klinis.

4.   Konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit

Langkah berikutnya adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Hal ini bisa dilakukan jika kamu masih ragu atau kesulitan dalam memperoleh skincare yang tepat.

Layanan konsultasi ini juga dapat dilakukan untuk meyakinkan produk yang aman digunakan, terlebih jika kamu mempunyai riwayat alergi kulit. Dokter akan membantumu menentukan skincare khusus kulit kering yang aman untukmu sesuai kondisi kulitmu.

Tips Memakai Skincare untuk Kulit Kering

Tentunya, tidak sedikit waktu dan biaya yang dikorbankan demi memberikan perawatan terbaik untuk kulit. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar melakukan perawatan yang benar dengan cara yang tepat.

Penggunaan produk skincare untuk kulit kering mempunyai beberapa tata cara berikut ini.

1.   Membersihkan Wajah sebelum Mengaplikasikan Skincare

Sebelum mengaplikasikan skincare ke wajah, kamu diharuskan membersihkan wajah terlebih dahulu. Tujuannya agar seluruh kuman, kotoran, dan debu yang menempel di wajah bisa hilang.

Dianjurkan membersihkan wajah dengan air hangat secara merata dengan sabun pembersih wajah. Dengan air hangat dan pembersih wajah tersebut, akumulasi sel kulit mati akan terangkat. Pori-pori wajah juga akan melebar guna memudahkan penyerapan skincare ke lapisan kulit lebih dalam.

2.   Mengeringkan Wajah dengan Teknik yang Tepat

Langkah kedua dalam membersihkan wajah adalah mengeringkan wajah dengan teknik yang tepat. Caranya adalah menggunakan tisu atau handuk yang bersih dan lembut di wajah, kemudian tekan 1-2 kali untuk menyerap air.

Setelah kering, hentikan. Jadi, tak perlu mengeringkan wajah dengan sempurna karena dalam kondisi wajah yang masih lembap tersebut, perawatan kulit dengan skincare akan lebih optimal. Kulit yang masih lembap oleh air akan membuat kulit tetap terhidrasi secara optimal.

3.   Mengawali dengan Toner, kemudian Serum

Urutan dalam memakai skin care untuk kulit kering juga harus diperhatikan dan dilakukan dengan benar agar perawatan kulit dapat berhasil optimal. Produk skincare pertama yang diaplikasikan adalah toner, kemudian serum sesuai kebutuhan kulit.

Jadi, setelah mengaplikasikan toner, kamu bisa langsung mengoleskan serum sampai merata. Tunggulah selama 1-2 menit sampai serum tersebut benar-benar meresap ke lapisan dalam kulit, mengingat daya serap kulit berbeda pada setiap individu.

4.   Mengaplikasikan Krim Mata

Produk skincare berikutnya yang dipakai adalah krim mata. Pemakaian krim mata ini sangat dianjurkan untuk kulit kering agar area kulit sekitar mata tetap terhidrasi.

Lebih dari itu, kulit di area mata yang bertekstur lebih kering juga harus lebih diperhatikan. Pemakaian krim mata ini dianjurkan setelah serum karena konsistensinya yang lebih berat, sehingga membutuhkan waktu penyerapan lebih lama.

5.   Mengaplikasikan Pelembab dan Sunscreen

Berikutnya adalah mengaplikasikan pelembab dan sunscreen. Oleskan pelembab secara merata ke wajah dan leher, kemudian biarkan selama 2-3 menit hingga meresap ke kulit.

Pelembab ini sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kelembaban kulit. Pelembab ini terakhir digunakan karena mampu mengunci kelembaban dari produk sebelumnya. Terakhir, gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Demikianlah panduan mengenai tata cara pemakaian skincare routine untuk kulit kering dan kusam. Kamu tak lagi ragu-ragu atau bimbang untuk pakai produk yang mana dulu.

Untuk itu, pahamilah produk apa saja yang perlu dipakai dan aplikasikan sesuai pedoman agar menghasilkan kulit sehat, kencang, halus, tanpa kerutan, dan tanpa noda hitam. Semua itu akan diperoleh melalui perawatan yang rutin dan berkelanjutan.



Leave a Reply