Urutan Skincare untuk Pemula

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga. Area wajah sering terpapar sinar matahari, debu, dan kotoran sehingga membutuhkan perawatan yang lebih dari bagian tubuh lainnya.

Jika tidak terawat dengan baik, wajah akan mengalami banyak masalah kulit seperti komedo, jerawat dan flek hitam di wajah. Kondisi ini akan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang khususnya ketika sedang beraktivitas.

Oleh karena itu, penting untuk tetap merawat wajah dalam kondisi sehat. Salah satu cara yang digunakan dalam perawatan wajah adalah dengan menggunakan produk skin care.

Bagi pengguna skincare untuk pemula perlu untuk mengetahui urutan pengunaannya sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Banyaknya produk skin care wajah terkadang membuat para pemula bingung harus memulai dari mana. Pada dasarnya, skincare wajah terdapat empat tahapan, yaitu cleansing, toning, moisturizing, dan protecting.

Terdapat beberapa produk yang dapat digunakan dalam tahapan tersebut. Namun, tidak semua produk cocok digunakan karena adanya perbedaan jenis kulit.

Sehingga, sebelum menggunakan skincare perlu untuk mengetahui tipe kulitmu agar kulit dapat dirawat sebagaimana mestinya.

Cleansing

Tahap cleansing merupakan tahap pertama bagi pemula dan merupakan proses yang sangat penting karena wajah adalah area yang paling rentan terkena kotoran ketika melakukan pekerjaan atau aktivitas lainnya terlebih bagi yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan.

Tumpukan kotoran yang ada pada wajah dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah kulit seperti munculnya jerawat dan komedo jika tidak dibersihkan secara rutin. Pembersihan pada wajah pada umumnya di bagi atas dua tipe yaitu:

  1. Pengguna make up

Produk Skincare untuk pemula pada pengguna make up adalah dibutuhkan produk pembersih wajah untuk menghilangkan sisa make up dan membersihkan pada kulit wajah.

 

Pada pengguna make up dapat menggunakan metode double cleansing. Metode ini merupakan metode membersihkan wajah dengan dua jenis produk pembersih yang berbeda.

 

Pertama adalah berbahan dasar minyak atau oil based dan yang kedua adalah berbahan dasar air atau water based.

 

Produk yang dapat digunakan adalah micellar water, cleansing oil atau cleansing bal terlebih dahulu untuk mengangkat sisa make up yang telah digunakan.

 

Setelah itu, dapat menggunakan produk skin care pembersih wajah seperti creamy cleanser, facial foam atau facial wash.

 

  1. Tidak menggunakan make up

Produk skin care pemula yang jarang menggunakan make up, adalah dengan membersihkan wajah dengan produk seperti facial wash atau facial foam. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dapat juga melakukan double cleansing.

Toning

Setelah penggunaan produk cleansing yang cocok dengan kulit, langkah selanjutnya adalah penggunaan toning.

Terdapat dua jenis produk toning yang perlu untuk diketahui, pertama adalah exfoliating toner yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan hydrating toner yang memiliki fungsi untuk mengembalikan dan memberi kelembapan pada kulit.

Toner juga memiliki fungsi untuk membantu dalam menyeimbangkan pH kulit. Manfaat lainnya, toner dapat membantu dalam membersihkan pori-pori yang tersumbat serta mengangkat sel kulit mati.

Moisturizing

Setelah penggunaan toner, tahapan skincare pemula selanjutnya adalah moisturizing. Fungsi dari moisturizer adalah untuk melembabkan kulit dan mengunci kadar air dalam kulit.

Pelembab atau moisturizing dapat digunakan pada pagi dan malam hari. diperlukan untuk menunggu beberapa saat hingga moizturizer menyerap di kulit wajah sebelum melanjutkan pada tahapan skincare selanjutnya.

Bagi yang memiliki kulit kering, dapat menggunakan pelembab yang memiliki tekstur creamy. Sedangkan untuk kulit berminyak, dapat menggunakan pelembab dengan tekstur gel dan pada kulit normal atau kombinasi, dapat menggunakan moisturizer dengan tekstur lotion.

 

Protecting

Tahapan terakhir skincare untuk pemula adalah dengan menggunakan sunscreen sebagai produk yang melindungi kulit dari sinar matahari langsung.

Sunscreen merupakan produk yang paling penting di antara produk skincare lainnya karena manfaatnya yang sangat besar, yaitu untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan mencegah penuaan.

Penggunaan sunscreen secara rutin dapat mencegah keriput, ketidaksempurnaan tekstur, serta perubahan tampilan pori-pori seiring waktu. Manfaat lainnya, sunscreen atau tabir surya dapat membantu dalam mencegah pembentukan kanker kulit tertentu.

Cara pengaplikasian sunscreen yang benar adalah dengan memilih tekstur sunscreen yang cocok dengan kulit. Terdapat beberapa tekstur dari sunscreen yang dapat menjadi pilihanmu, seperti gel, lotion dan cream.

Setelah memilih tekstur yang cocok untuk kulit , gunakan sunscreen pada kulit wajah sebanyak enam ruas jari atau sebanyak dua jari dan diamkan selama lima belas sampai dua puluh menit sebelum keluar ruangan atau terkena sinar matahari.

Bagi pengguna make up, diamkan selama delapan sampai sepuluh menit setelah dioles gunakan  sunscreen tersebut secara teratur dan gunakan SPF 30 ke atas untuk mendapatkan proteksi yang maksimal.

Itulah tahapan skincare untuk pemula yang dapat diaplikasikan. Mungkin awalnya terasa ribet dan berat karena harus menggunakan banyak produk dan melakukan tahapan yang panjang.

Namun, jika dilakukan secara rutin, lama-lama akan terbiasa dan bahkan merasa ada yang kurang jika tidak melakukannya.

Hal yang paling penting untuk diingat, efek atau manfaat dari skincare yang kamu gunakan tidak akan langsung terlihat dalam jangka pemakaian singkat seperti sehari atau seminggu.

dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan hasilnya, oleh karena itu kamu perlu untuk konsisten dalam merawat wajahmu.

Jika menginginkan hasil yang lebih maksimal, dapat menggunakan produk lainnya seperti serum, masker wajah dan skincare lainnya agar wajah semakin sehat dan terjaga.

Jika merasa bingung dengan produk mana yang cocok untuk kulit, dapat melakukan konsultasi kepada dokter agar semakin terarah dalam memilih dan menggunakan produk skincare untuk pemula.



Leave a Reply